Blog

Image

Mengenal Self Image dan Cara Melakukannya untuk Tingkatkan Performa Latihan

September 21st, 2021

sfidnfits.com – Meningkatkan kepercayaan diri dan performa latihan kebugaran yang Anda lakukan itu sangat penting sekali. Kemajuan yang terus meningkat seiring bertambahnya waktu akan membuat Anda lebih dekat dengan tujuan yang selama ini Anda harapkan. Jika performa Anda meningkat, maka Anda juga akan bahagia dengan segala perjuangan dan latihan yang selama ini dilakukan.

Salah satu cara meningkatkan performa latihan Anda adalah dengan membangun self image. Singkatnya, self image adalah gambaran tentang diri Anda secara keseluruhan. Self image yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri dan performa latihan Anda akan terus meningkat. Ketahui lebih dalam tentang self image dari artikel ini.


Mengenal Self Image dan Cara Melakukannya untuk Tingkatkan Performa Latihan


Apa itu self image?


Self image adalah pandangan pribadi, atau gambaran mental tentang diri Anda sendiri. Bisa dikatakan juga kalau self image adalah “kamus internal” yang menggambarkan karakteristik diri Anda secara keseluruhan, seperti cerdas, cantik, jelek, berbakat, egois, dan baik hati. Karakteristik tersebut dapat membentuk representasi kolektif dari kekuatan dan kelemahan Anda seperti yang bisa Anda lihat sendiri.

Gambar yang Anda lihat di cermin mungkin merupakan pandangan yang nyata tentang siapa diri Anda sebenarnya. Berdasarkan pandangan ini, Anda bisa mengetahui gambaran tentang diri yang positif atau negatif. Kekuatan dan kelemahan yang Anda miliki dapat mempengaruhi bagaimana Anda bertindak hari ini. Self image dapat mengambil informasi dan mengevaluasi kemampuan Anda di beberapa bidang, seperti penampilan fisik, kinerja, dan hubungan.

Dengan self image yang positif, Anda dapat mengenali dan memiliki aset serta potensi diri sembari bersikap realistis tentang kelebihan dan keterbatasan yang dimiliki. Namun, self image yang negatif hanya akan membuat Anda fokus pada kesalahan dan kelemahan, mendistorsi kegagalan dan ketidaksempurnaan diri.


Pentingnya membangun self image positif


Self image itu sangat penting sekali. Pasalnya, bagaimana cara Anda berpikir tentang diri Anda itu mempengaruhi bagaimana perasaan Anda dan cara Anda berinteraksi dengan orang lain serta lingkungan di sekitar. Self image yang positif dapat meningkatkan kesejahteraan secara fisik, mental, sosial, emosional, dan spiritual. Self image yang positif juga bisa membantu Ada mengenali kelebihan dan potensi diri.

Sedangkan self yang negatif bisa menjadi faktor pendorong yang bisa membuat Anda depresi. Ketika Anda merasa buruk tentang diri Anda sendiri, wajar jika tanggapan Anda tentang diri bisa menjadi menderita akan hidup yang dijalani.




Tips membangun self image positif

Perlu Anda ketahui bahwa self image tidak bersifat permanen karena bagian dari self image yang Anda miliki adalah dinamis dan selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun, Anda dapat belajar untuk mengembangkan pandangan yang lebih sehat dan lebih akurat tentang diri Anda sehingga menantang distorsi di cermin. Self image yang sehat dan positif dimulai dengan belajar menerima dan mencintai diri sendiri. Untuk mulai membangun self image, Anda bisa melakukan beberapa tipsnya di bawah ini:

1. Berbicara hal positif pada diri Anda


Cara Anda berpikir dan berbicara kepada diri sendiri sangat mempengaruhi rasa percaya diri dan self image yang positif. Jika Anda menyadari bahwa Anda mulai terbiasa dengan berbicara negatif, maka mulai sekarang katakan pada diri Anda untuk berhenti melakukannya. Kemudian atur ulang pikiran dan kata negatif itu menjadi suatu hal yang lebih positif.

Misalnya, jika Anda melewatkan satu hari olahraga dengan mengatakan pada diri sendiri “Saya sangat malas, mengapa saya tidak pergi ke gym saja”. Mulai sekarang, ganti dengan kalimat yang positif, seperti “Tidak ada latihan hari ini karena ada hal diprioritaskan. Tidak perlu khawatir karena saya bisa membuat rencana besok untuk melakukan latihan kembali.”

 

2. Fokus pada kemampuan yang dimiliki


Membangun self image positif harus bisa dimulai dari hal terkecil. Temukan satu hal yang Anda sukai dari kemampuan yang Anda miliki, bahkan jika itu tampak kecil. Fokus pada satu hal itu saat Anda berada di gym, bukan bagian dari diri Anda yang kurang Anda sukai, atau bagian dari orang lain yang Anda lihat. Misalnya saja saat Anda tahu kemampuan Anda adalah latihan angkat besi.

Fokus saja pada satu hal itu. Cobalah untuk menambahkan hal baru yang Anda sukai tentang kemampuan Anda setiap beberapa minggu atau lebih. Jika dilakukan secara rutin dan fokus, maka kemampuan yang Anda miliki akan meningkat.

 

3. Berhenti membandingkan diri Anda dengan orang lain


Membangun kemajuan untuk diri Anda selama latihan itu adalah hal yang bagus. Semakin ada kemajuan, semakin Anda dekat dengan tujuan yang diinginkan selama ini. Namun ingat, jangan pernah terkecoh dengan kemajuan yang dilakukan oleh orang lain yang lebih baik dari Anda.

Ketika Anda merasa bahwa diri Anda tidak lebih baik darinya, maka Anda akan membandingkan terus menerus kemampuan yang Anda miliki dengan yang dimiliki oleh orang lain. Hal tersebut kemudian akan membuat self image yang buruk dan ketidakpuasan dengan pencapaian Anda. Jadi. belajarlah untuk memahami perbedaan kemampuan dan kemajuan satu sama lain. Berhenti membandingkan karena itu hanya akan menghambat performa latihan Anda.

 

4. Rencanakan latihan


Sudah bukan hal yang rahasia lagi jika olahraga dapat meningkatkan harga diri dan self image secara signifikan. Ada banyak mekanisme yang membuat olahraga meningkatkan evaluasi diri dari diri Anda.

Pertama, dalam jangka pendek olahraga meningkatkan suasana hati dan menempatkan pikiran dalam keadaan yang lebih positif. Kedua, dalam jangka panjang, olahraga membuat Anda merasa nyaman dengan fisik dan kemampuan yang dimiliki. Olahraga memberi Anda rasa pencapaian yang meningkatkan kepercayaan diri.

 

5. Rutinkan latihan


Buat rencana latihan yang realistis. Siapkan diri Anda untuk berhasil dengan merencanakan latihan rutin Anda sebelumnya dan jujur tentang waktu dan energi yang harus Anda dedikasikan untuk latihan Anda dalam minggu, atau sebulan yang telah direncanakan. Tetapkan tujuan untuk jumlah peningkatan yang Anda peroleh setiap minggu dan bulannya, seperti Anda yang telah mampu mengangkat beban yang lebih berat dari waktu ke waktu.

 

6. Catat kemajuan latihan Anda selama ini


Membuat catatan tentang kemajuan latihan Anda dari waktu ke waktu adalah hal yang sangat berguna sekali. Selain memiliki catatan setiap menit dari setiap latihan yang Anda lakukan, Anda juga bisa mencatat metrik tubuh Anda untuk menilai perubahan dan bahkan dapat mengambil gambar kemajuan untuk dipantau dari waktu ke waktu. Selanjutnya, catatan kemajuan yang Anda peroleh ini akan membuat Anda menghargai konsistensi waktu dan proses panjang yang dilakukan.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang self image. Membangun self image harus dilakukan dengan sabar. Ketika self image yang positif sudah terbentuk, maka semua yang Anda lakukan akan terasa lebih mudah. Performa latihan Anda juga bisa meningkat seiring berjalannya waktu sehingga Anda bisa mendapatkan tujuan yang diharapkan selama latihan ini.

 

Referensi:

Positivepsychology, (2021). What is Self-Image and How Do We Improve it? Definition + Quotes.

Clevelandclinic. Fostering a Positive Self-Image.

Barbend, (2019). 3 Ways To Improve Your Self Image And Why It Will Improve Your Performance.

Myzone. Improve Your Self-Esteem with Exercise.