Blog

Image

Manfaat Vitamin A untuk Pembakaran Lemak Tubuh

December 30th, 2020

sfidnfits.com - Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan tubuh. Vitamin ini larut lemak. Jenis vitamin ini memiliki kandungan yang berfungsi meningkatkan imunitas dan menjaga fungsi organ tubuh, seperti paru-paru dan jantung. Namun, selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, vitamin A juga mempunyai manfaat untuk kulit dan pembakaran lemak tubuh. 

Berikut beberapa manfaat vitamin A yang telah SFIDN FITS rangkum. 


Manfaat vitamin A untuk kulit dan tubuh




1. Mengurangi risiko pertumbuhan jerawat


Jerawat adalah permasalahan kulit yang terjadi akibat inflamasi kronis. Umumnya, jerawat ditandai dengan komedo dan bintik-bintik kecil maupun besar. Bintik-bintik ini terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat sel kulit mati dan minyak. Kelenjar ini ditemukan di folikel rambut kulit dan menghasilkan sebum, zat berminyak yang membuat kulit Anda berkomedo. 

Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal Clinical, cosmetic, and investigational technology (2016), jerawat dapat berakibat fatal bagi kesehatan mental dan menimbulkan rasa cemas berlebih. Penelitian dalam  Journal of Nutrition & Food Sciences (2015) menjelaskan bahwa kekurangan vitamin A dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat karena menyebabkan kelebihan produksi protein keratin di folikel rambut. Untuk mencegah dan mengurangi risiko pertumbuhan jerawat, Anda bisa mengkonsumsi vitamin A. 


2. Meningkatkan kesehatan mata


Vitamin A dapat mencegah rabun senja atau nyctalopia. Umumnya, rabun senja atau kebutaan pada malam hari terjadi pada orang yang memiliki kadar vitamin A rendah. Berdasarkan salah satu studi, risiko gangguan penglihatan akan berkurang 25% pada orang yang mengkonsumsi vitamin A. 


3. Menjaga kesehatan tulang 


Makanan yang mengandung vitamin A dapat membuat tulang Anda jauh lebih kuat. Makanan yang mengandung vitamin A dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Berdasarkan penelitian The Effect of Vitamin A on Fracture Risk: A Meta-Analysis of Cohort Studies (2017), vitamin A dapat meminimalisir kerapuhan tulang. 



4. Mencegah risiko kanker


Berdasarkan penelitian berjudul Vitamin A, Cancer Treatment and Prevention: The New Role of Cellular Retinol Binding Proteins (2015), vitamin A mengandung beta karoten tinggi yang dapat menurunkan risiko jenis kanker, seperti kanker serviks, paru-paru, dan kandung kemih. 


5. Memperkuat sistem imun


Vitamin A bermanfaat untuk meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh. Vitamin A terlibat langsung dalam produksi sel darah putih dan berguna untuk membantu menyerang patogen asing dalam tubuh. Artinya, tubuh yang kurang vitamin A akan rentan terhadap infeksi. 

Selain beberapa manfaat tersebut, salah satu studi berjudul Intact vitamin A transport is critical for cold-mediated adipose tissue browning and thermogenesis (2020) menjelaskan bahwa vitamin A dan cuaca dingin dapat membantu pembakaran lemak tubuh. 


Benarkah vitamin A membantu pembakaran lemak tubuh?




Penelitian dari Medical University of Vienna, yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Metabolism (2020), menemukan bahwa suhu dingin dan kadar vitamin A dapat mendorong pembakaran lemak. Tubuh terdiri atas lemak putih dan cokelat. Lemak putih adalah tempat penyimpanan kalori. Konsumsi vitamin A di tengah cuaca dingin dapat mengubah lemak putih menjadi lemak cokelat dan merangsang pembakaran lemak. 

Itulah manfaat vitamin A untuk kesehatan, kulit, maupun penurunan berat badan. Anda bisa memperoleh vitamin A dari beberapa sumber makanan alami, seperti ikan makarel atau salmon, telur ikan, hati ayam, dan telur rebus. 


 Simak Video Manfaat Vitamin A untuk Pembakaran Lemak Tubuh di Bawah Ini

 


Referensi


Doldo, Elena, dkk. (2015). "Vitamin A, Cancer Treatment and Prevention: The New Role of Cellular Retinol Binding Proteins". BioMed Research International. 

Fenzl, Anna, dkk. (2020). “Intact vitamin A transport is critical for cold-mediated adipose tissue browning and thermogenesis”. Science Direct, doi: https://doi.org/10.1016/j.molmet.2020.101088

Nguyen, Catherine M, dkk. (2016). “The psychosocial impact of acne, vitiligo, and psoriasis: a review”. Clinical, cosmetic, and investigational dermatology, doi: 10.2147/CCID.S76088. 

SA, Divya, dkk. (2015). “Role of Diet in Dermatological Conditions”. Journal of Nutrition & Food Sciences, doi: 10.4172/2155-9600.1000400. 

Zhang, Xinge, dkk. (2017). “The Effect of Vitamin A on Fracture Risk: A Meta-Analysis of Cohort Studies”. International Journal of Environmental Research and Public Health.