Blog

Image

Manfaat dan Gerakan Kardio Yoga yang Harus Anda Ketahui

November 10th, 2020

sfidnfits.com - Kardio yoga adalah gaya latihan populer yang menggabungkan yoga dengan latihan kardiovaskular. Latihan ini populer bagi para penggiat yoga. Selain mendapatkan manfaat relaksasi, kardio yoga juga dapat membakar lemak tubuh. 

Awalnya, gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan dan praktik meditasi untuk menghilangkan kecemasan. Namun, belakangan ini sebagian orang beranggapan bahwa latihan yoga tidak cukup untuk melatih kardio dan pembakaran lemak. Hal itu terjadi karena yoga fokus pada teknik pernapasan, aliran tubuh, dan postur tubuh dibandingkan gerakan dinamis yang meningkatkan intensitas dan detak jantung. Berlandaskan hal tersebut, hadir kardio yoga. Jenis yoga ini berbeda dari gerakan dan intensitas latihan. 

Ada beragam manfaat kardio yoga bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat kardio yoga yang harus Anda ketahui. 


Manfaat Utama Kardio Yoga 




1. Membantu pembakaran lemak

Jika tujuan latihan Anda adalah menurunkan berat badan, kardio yoga bisa jadi pilihan. Kardio yoga dapat membantu pembakaran lemak tubuh, mulai dari lemak perut hingga lengan. 

2. Mengaktifkan otot 

Berdasarkan penelitian A Systematic Review of the Energy Cost and Metabolic Intensity of Yoga (2016), gerakan-gerakan kardio yoga dengan intensitas sedang dapat mengaktifkan otot perut, dada, lengan, dan kaki. 

3. Melancarkan aliran darah 

Perpaduan kardio dan yoga akan membuat aliran darah Anda lancar. Tak hanya itu, dengan latihan kardio yoga kesehatan jantung Anda pun akan lebih terjaga. Hal itu disebabkan gerakan kardio yoga dapat meningkatkan detak jantung. 

4. Melatih fleksibilitas tubuh

Latihan kardio yoga akan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Meskipun terdapat gerakan kardio, Anda tetap harus fokus pada pikiran dan kelenturan tubuh seperti dalam latihan yoga pada umumnya. 

5. Menjaga kesehatan mental 

Studi “American Psychological Association” (2012), menyatakan bahwa latihan mindfulness dapat menjaga kesehatan mental Anda. Salah satu latihan mindfulness adalah yoga. Jadi, meskipun dipadukan dengan gerakan kardio, latihan kardio yoga juga tetap dapat menjaga kesehatan mental Anda. 

Untuk mendapatkan manfaat latihan kardio yoga, Anda perlu melakukan gerakan kardio yoga dengan tepat. Dr. Diane Malaspina, spesialis terapi yoga merekomendasikan latihan kardio dengan pendekatan interval intensitas tinggi. Tentunya, interval latihan tersebut juga harus dilakukan dengan gerakan-gerakan yang benar. 

Berikut beberapa gerakan kardio yoga yang dapat Anda praktikkan. 


5 Gerakan Kardio Yoga


1. Gerakan Mountain yang Dipadukan dengan Squat




Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul. Tarik napas dan berdiri tegak. Saat menghembuskan napas, tekuk lutut dan turunkan tubuh hingga membentuk squat. Letakkan tangan di atas lutut. Berdiri dan tarik napas. Ulangi 10 kali hingga 20 kali repetisi. Gerakan ini melatih hamstring dan gluteus, menjaga detak jantung, dan mengontrol suhu tubuh.

2. Runner's Lunge dan Melompat




Siapkan diri pada posisi Runner’s Lunge dengan meletakkan kaki kanan ke depan dengan lutut kiri terangkat. Bernapaslah saat berada di posisi ini sekitar tiga tarikan napas panjang, lalu ulangi dengan kaki kiri. Saat bernapas, angkat pinggul Anda sedikit dan lompat kaki kanan ke belakang dan kaki kiri Anda ke depan, masuk ke sisi kiri Runner's Lunge. Lakukan dengan kecepatan sedang hingga 20 kali pengulangan. 


3. Twist Chair pose




Mulai gerakan dengan berdiri dengan kaki lurus. Arahkan kaki kanan ke luar dan kaki kiri membentuk sudut 80 derajat. Kemudian, tekuk lutut kanan hingga sejajar dengan pergelangan kaki. Bawalah sisi kiri tubuh menghadap ke arah kaki kanan sembari menghembuskan napas. Sandarkan siku kiri di bagian luar lutut kanan. Tekan tubuh ke arah kanan. Ulangi 5 kali di setiap sisi lakukan hingga 10 kali pengulangan. 

4. Bridge pose




Berbaring di lantai dengan kedua lengan di sisi samping kiri dan kanan. Kemudian, angkat bokong dari lantai dan pastikan kedua lutut mengarah ke atas. Lakukan 5 putaran napas panjang lalu turunkan tubuh ke lantai. Lakukan bridge pose 3 set dengan 10 kali pengulangan. 

5. Warrior III pose




Mulai berdiri dengan menekuk tubuh ke bawah dan ke arah dada. Dorong kaki kanan ke atas, kemudian luruskan tangan ke matras. Setelah posisi stabil, angkat lengan dari lantai dan luruskan ke depan. Di posisi ini bernapaslah setidaknya tiga tarikan napas panjang dan ulangi pada sisi kiri. Lakukan 10 kali pengulangan. 

Itulah manfaat dan gerakan kardio yoga yang bisa Anda praktikkan di rumah. Untuk tujuan menurunkan berat badan, sebaiknya Anda juga memperhatikkan asupan makanan yang dikonsumsi. Selamat mencoba!