Blog

Image

Cari Tahu Ukuran Hula Hoop sebelum Anda Membelinya!

February 9th, 2022

sfidnfits.com – Ada begitu banyak tutorial hula hoop yang tersedia di internet, tapi tidak banyak yang memberitahu ukuran mana yang harus dipakai untuk melakukan latihan. Entah hula hoop yang memiliki bobot atau hula hoop ringan, masalah yang paling umum dialami oleh hooper adalah memilih ukuran hula hoop yang tepat untuk tujuan latihan yang dilakukannya.

Pasalnya, satu ukuran yang pas belum tentu pas untuk orang lain. Inilah pentingnya mengetahui cara memilih ukuran hula hoop. Tidak peduli apakah Anda seorang pemula, menengah atau pemain pro, Anda harus tahu cara memilih ukuran. Ukuran yang tepat dapat membuat latihan yang dilakukan semakin nyaman dan aman. Berikut panduan memilih ukuran hula hoop!

 

Cari Tahu Ukuran Hula Hoop sebelum Anda Membelinya!


Hula hoop terbaik adalah hula hoop yang ditentukan oleh ukuran, berat dan latihan. Untuk hooper pemula, aturannya adalah hula hoop dengan bobot yang besar menjadi pilihan terbaik untuk lingkar pinggang. Sedangkan, hula hoop dengan bobot ringan menjadi pilihan paling baik untuk mempelajari trik hula hoop di tangan dan untuk arm hooping. Ukuran dan berat yang tepat itu penting. Ketahui cara menemukannya di bawah ini.

1. Mulai dengan ukuran tubuh Anda


· Ukuran tubuh besar: Tinggi orang dewasa lebih dari 177 cm atau yang memakai pakaian dengan ukuran besar atau x-large dapat menggunakan ukuran diameter 108 cm dan berat 500gr.

· Ukuran tubuh rata: Tinggi orang dewasa antara 167-176 cm yang memakai pakaian dengan ukuran sedang dapat menggunakan ukuran diameter 100 cm dan bisa menggunakan berat 385 gr atau 450 gr.

· Ukuran tubuh kecil: Tinggi orang dewasa atau remaja di bawah 167 dengan ukuran pakaian kecil atau menengah dapat menggunakan ukuran diameter 95 cm dan berat 450 gr.

· Anak usia 9+, orang dewasa yang memiliki ukuran tubuh kecil, atau hula hoop yang digunakan untuk lengan dan tangan bisa menggunakan ukuran diameter 90 cm dan bisa menggunakan berat 180 gr atau 200 gr.

· Anak usia 6+ atau yang digunakan untuk off body bisa menggunakan ukuran diameter 85 cm dan bisa menggunakan berat 180 gr, 200 gr, 365 gr, atau 450gr.

· Anak dengan usia di bawah 5 tahun, atau hula hoop yang digunakan untuk ninja hooping off body menggunakan ukuran diameter 75 cm dan berat 200 gr.

 



2. Sesuaikan ukuran tubuh dengan ukuran hoop


Hula hoop di tubuh harus diukur secara vertikal dari lantai kira-kira ke pusar atau bagian atas tulang pinggul Anda. Jika Anda memiliki ukuran tubuh yang lebih besar, Anda akan membutuhkan lingkaran yang sedikit lebih besar. Sedangkan, jika Anda memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil, Anda akan membutuhkan lingkaran yang sedikit lebih kecil.

Semakin besar dan berat lingkarannya, semakin lambat putarannya sehingga Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menghubungkannya di pinggang Anda. Ketika ukuran hula hoop berkurang, hula hoop menjadi lebih menantang pada tubuh dengan putarannya yang lebih cepat. Meskipun ukuran lingkaran yang kecil itu ringan, tapi tipe ini tidak cocok untuk digunakan pada pinggang. Namun, ukuran lingkaran yang kecil bisa menjadi sangat cocok jika digunakan pada tangan dan lengan.

 

3. Apakah hula hoop digunakan untuk tubuh Anda, lengan Anda atau keduanya?


Selain digunakan pada pinggang, hula hoop juga bisa digunakan pada tangan dan lengan. Tentu saja, menggunakannya pada tangan dan lengan membutuhkan latihan agar dapat berputar dengan halus. Ketika menggunakannya bukan untuk pinggang, maka pilihlah hula hoop dengan ukuran diameter yang lebih kecil dan berat yang ringan.

Nah, sekarang Anda tidak perlu bingung lagi memilih ukuran hula hoop karena tadi telah dijelaskan dengan rinci dan jelas. Anda bisa menggunakan hula hoop dengan ukuran dan berat yang pas.

Kami juga menyediakan produk hula hoop yang berkualitas dengan berbagai detail warna yang tersedia. Anda bisa melihat detail ukuran, berat dan spesifikasi lainnya melalui website ini, atau marketplace favorit Anda karena SFIDN FITS sudah tersedia di seluruh marketplace.

 

Referensi:

Hooplovers. What Size Hula Hoop Should I Buy? For Beginners & Beyond.

Hoopempire, (2026). CHOOSING THE RIGHT SIZE HULA HOOP - THE ULTIMATE GUIDE