Blog

Image

8 Manfaat Menakjubkan Hula Hoop, Tak Hanya Turunkan Berat Badan!

November 5th, 2021

sfidnfits.com – Hula hoop tentu menjadi permainan semasa kecil yang sering Anda lakukan, bukan? Permainan ini terasa sangat menyenangkan karena Anda hanya perlu menggoyangkan badan dan membuat alat ini mengitari pinggang. Bukan hanya itu saja, permainan yang menyenangkan seperti ini, ternyata juga bisa dijadikan sebagai metode latihan layaknya aerobik dengan hanya menambahkan bobot.

Menggunakan hula hoop sebagai latihan memiliki banyak manfaat mulai dari menurunkan berat badan, membentuk otot perut sampai membuat Anda merasa lebih bahagia. Untuk tahu lengkapnya tentang manfaat dari hula hoop ini, yuk simak artikel ini sampai tuntas!


8 Manfaat Menakjubkan Hula Hoop, Tak Hanya Turunkan Berat Badan!


1. Membakar kalori


Melakukan defisit kalori adalah usaha yang sering dilakukan saat Anda ingin mencoba program menurunkan berat badan. Melakukan aktivitas hula hoop bisa menjadi salah satu cara untuk membakar kalori dan ini akan terasa menyenangkan untuk dilakukan. Hula hoop adalah latihan yang bagus untuk membakar 350-400 kalori per jam.

Ketika Anda membakar lebih banyak kalori melalui latihan ini, maka hal itu juga dapat mengurangi lemak tubuh. Selain membakar kalori, manfaat lain dari hula hoop juga dapat membantu mengurangi ukuran pinggang dan pinggul.

 

2. Bagian dari latihan kardio


Latihan kardio, atau yang juga dikenal aerobic adalah latihan yang meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru dengan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh Anda. Jika dilakukan secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes, meningkatkan kadar kolesterol, meningkatkan fungsi otak, dan bahkan mengurangi stres. Kabar baiknya, latihan menggunakan hula hoop sama dengan Anda melakukan latihan kardio.

 

3. Melatih otot inti Anda


Jika Anda pernah menggunakan hula hoop, maka Anda tahu seberapa banyak Anda perlu menggerakkan pinggul agar alat ini tetap melingkari pinggang Anda. Untuk menjaga agar hula hoop tetap bergerak, Anda membutuhkan otot inti yang kuat dan mobilitas yang baik di pinggul. Mempelajari cara menggunakan hula hoop, dan melatihnya secara teratur, adalah cara terbaik untuk menargetkan dan melatih otot perut Anda, serta otot obliques dan pinggul Anda.

 

4. Meningkatkan keseimbangan


Manfaat hula hooping untuk keseimbangan ditingkatkan oleh fakta untuk menjaga lingkaran tetap berada di pinggang, Anda perlu berkonsentrasi pada keseimbangan dan mempertahankan postur yang baik.

Ada banyak cara Anda dapat memasukkan latihan ke dalam hula hoop untuk lebih meningkatkan keseimbangan Anda. Anda dapat mencoba bergoyang dari sisi ke sisi untuk membiasakan diri dengan perasaan tersebut, dan kemudian mengangkat kaki Anda dari tanah, sambil bermain hula hooping pada saat yang bersamaan. Mendorong diri sendiri dan berbagai gerakan adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan!

 

5. Memperbaiki postur tubuh


Jika Anda kesulitan mempertahankan postur tubuh yang baik, terutama jika Anda duduk sepanjang hari, latihan hula hoop dapat mengatasi hal tersebut. Hal ini terjadi karena seluruh tubuh Anda perlu dihidupkan dan bekerja sebagai satu unit untuk menjaga agar lingkaran tetap bergerak, otot-otot kecil yang kurang bekerja di punggung atas, inti, glutes, dan kaki Anda akan menyala yang mengarah ke postur yang lebih baik.

 



6. Melatih otak Anda


Latihan hula hoop bisa sangat mirip dengan meditasi. Goyangan dan ritme menyebabkan relaksasi dan menyebabkan Anda mengambil pernapasan secara dalam. Gerakan berulangnya dilakukan secara halus. Juga, dibutuhkan tingkat konsentrasi tertentu untuk melakukannya dan melatih pikiran Anda juga.

 

7. Meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan


Manfaat kesehatan hula hoop yang sangat besar adalah dapat menurunkan kolesterol LDL, yang dikenal sebagai kolesterol jahat yang menyumbat arteri Anda dan meningkatkan peluang Anda terkena stroke. Tidak hanya itu, sebagai olahraga kardio, hula hooping dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru serta menurunkan risiko diabetes.

Selain itu, latihan hula hoop juga dapat membuat mental sehat dan jauh lebih bahagia. Berkat latihan yang melepaskan endorfin, Anda mungkin merasa senang setelah berolahraga. Hal ini dapat membantu memerangi gejala kecemasan, depresi dan  menciptakan rutinitas yang baik.

 

8. Murah dan portabel


Hula hoop bukanlah peralatan olahraga yang mahal. Alat ini termasuk murah dan portable sehingga Anda bisa menggunakannya di mana pun dan kapanpun saja. Anda tidak perlu pergi ke gym untuk melakukan latihan.

Meski merupakan peralatan yang murah, tapi hula hoop bisa digunakan untuk jangka panjang. Jika Anda ingin memiliki hula hoop untuk menjadi bagian dari peralatan olahraga Anda di rumah, brand kami menyediakannya. Tentunya kualitas barang yang tersedih pun berkualitas dan ramah di kantong. Anda bisa melihat detailnya dari website ini atau marketplace.

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari hula hoop. Bisa dikatakan kalau alat ini sangatlah serbaguna dengan banyak keuntungan yang dimiliki. Jadi, tunggu apa lagi segera miliki produknya dan lakukan latihan yang Anda inginkan sesegera mungkin!

 

Referensi:

Prettysimpleideas, (2017). 5 Surprising Hula-Hooping Benefits.

Healthline, (2019). Want a Fun Workout? 8 Reasons to Give Hula Hooping a Try.

Birdie, (2021). 8 Reasons Hula Hooping Is an Amazing Low-Impact Workout.

Origympersonaltrainercourses. 9 Benefits of Hula Hooping & How to Start.