Blog

Image

6 Jenis Alat Olahraga dan Manfaatnya yang Bisa Anda Gunakan di Rumah

June 9th, 2021

sfidnfits.com - Olahraga adalah aktivitas fisik yang wajib dilakukan oleh setiap orang guna menjaga tubuh agar tetap sehat. Namun, karena banyaknya kesibukan yang dimiliki sepanjang hari kerap membuat seseorang malas melakukannya. Padahal jika ada niat yang kuat, olahraga itu mudah dilakukan di mana saja, sekalipun hanya di dalam rumah.


6 Jenis Alat Olahraga dan Manfaatnya yang Bisa Anda Gunakan di Rumah


Olahraga di dalam rumah cukup mudah dan Anda bisa melakukan berbagai macam variasi olahraga jika memiliki enam alat olahraga di bawah ini. Berikut enam jenis alat olahraga dan manfaatnya yang bisa Anda gunakan di rumah.

 

1.   Resistance band

Resistance band adalah tali elastis yang bisa Anda gunakan untuk olahraga di dalam rumah saja. Bentuknya yang elastis bisa membuat otot jadi lebih kuat. Anda hanya perlu menggunakannya dengan cara menarik resistance band dengan menggunakan kaki maupun tangan untuk membentuk otot yang ada di area tersebut. Meski terdengar dan terlihat mudah, nyatanya tenaga yang harus Anda keluarkan cukup banyak dan tentu saja, hasil yang didapatkan pun jauh lebih besar. Otot tubuh Anda akan menjadi lebih kuat dan postur tubuh yang ideal bisa didapatkan.

 

2.   Tali skipping

Ketika Anda ingin membakar banyak kalori, alat olahraga tali skipping menjadi salah satu alat yang harus Anda miliki untuk latihan di rumah. 10 menit melakukan olahraga dengan alat ini, maka Anda bisa membakar sekitar 200-300 kalori dan memperkuat otot bagian kaki, pantat, perut dan lengan. Ketika Anda melompat, detak jantung akan berdetak jauh lebih cepat daripada biasanya dan ini bisa dijadikan sebagai latihan untuk menjaga kesehatan jantung. Jika Anda rutin melakukannya, otot yang kuat dan jantung yang sehat tentu saja bisa didapatkan.

 

3.   Yoga ball

Yoga ball adalah alat olahraga yang berbentuk bola dan digunakan untuk menunjang saat Anda melakukan yoga. Manfaat utama yang bisa Anda rasakan sendiri jika berolahraga menggunakan alat ini adalah memperbaiki postur tubuh, peningkatan kesehatan tulang punggung dan tulang belakang serta keseimbangan otot. Jika Anda rutin melakukan olahraga dengan bola ini, maka gak akan ada lagi rasa nyeri punggung yang dirasakan untuk ke depannya.

 



4.   Tummy trimmer

Tujuan Anda berolahraga tentu saja karena ingin tubuh sehat dan badan menjadi ideal, bukan? Salah satu alat olahraga yang bisa membuat tubuh menjadi ideal dan menghilangkan lemak dalam tubuh adalah tummy trimmer. Menggunakan tummy trimmer akan membantu Anda memangkas lemak di tubuh, terutama di bagian perut, dada dan lengan. Ketika Anda bisa menggunakan alat olahraga ini secara teratur, bukan hanya otot bagian perut, dada dan lengan saja yang akan menjadi kuat, tapi juga otot bagian pinggul dan paha sehingga tubuh yang ideal bukan hanya menjadi impian semata saja.

 

5.   Pull up bar

Jika Anda tidak tahu apa itu pull up bar, maka sekarang Anda bisa mengetahui. Pull up bar adalah alat olahraga yang digunakan untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas. Menggunakan alat ini, anda perlu memasangnya pada dua sisi tembok atau pintu, kemudian jika dirasa sanggahan di kedua sisinya sudah kuat, maka Anda bisa menggantungkan telapak tangan anda dan mengangkat tubuh Anda ke atas sampai kepala anda melewati alat ini. Latihan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda, seperti memperkuat otot punggung, lengan dan bahu, meningkatkan cengkraman, meningkatkan kebugaran tubuh, meningkatkan kesehatan tubuh dan kesehatan mental.

 

6.   Power wrist exerciser

Power wrist exerciser adalah alat olahraga tangan yang mampu memperkuat kekuatan otot bagian lengan. Anda bisa mulai menggunakannya dengan memasukan tangan Anda ke power wrist exerciser dan mulai mengangkat alat ini dengan gerakan ke atas dan ke bawah. Menggunakan alat ini dapat memperkuat lengan bagian bawah, memperkuat otot lengan, membuat tubuh jadi lebih tangkas dan memperkecil terjadinya cedera tangan.

 

Itulah tadi sederet jenis alat olahraga dan manfaatnya yang bisa Anda gunakan di rumah. Sekarang sudah gak ada lagi alasan untuk anda bermalas-malasan dan bilang gak ada waktu untuk olahraga. Anda bisa memulainya dari sekarang dengan memiliki satu di antara kelima alat di atas, atau seluruhnya untuk bisa membuat tubuh anda jadi lebih sehat.

 

 

Referensi:

https://www.shape.com/fitness/gear/equipment/benefits-of-resistance-bands

https://pharmeasy.in/blog/10-amazing-health-benefits-of-skipping-rope/

https://www.healthandcare.co.uk/blog/benefits-of-using-an-exercise-ball.html

https://fitnessvision.in/benefits-of-tummy-trimmer/

https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/benefit-of-pull-up#for-your-back

https://www.fitday.com/fitness-articles/fitness/equipment/4-benefits-of-using-hand-grips.html