Blog

Image

3 Jenis Lifting Strap dan Fungsinya untuk Olahraga Angkat Beban

July 26th, 2021

sfidnfits.com - Lifting strap adalah aksesoris angkat besi, atau beban yang digunakan untuk membungkus tangan Anda agar memberikan perlindungan dan mempermudah Anda saat memegang dan mengangkat beban yang lebih berat. Melakukan olahraga angkat beban tanpa menggunakan aksesoris ini akan membuat Anda kesulitan untuk membangun kekuatan.

Perlu Anda ketahui kalau lifting strap itu berbeda dengan wrist wrap. Pasalnya, masih banyak orang yang salah dengan dua aksesoris tersebut. Pembedanya, wrist wrap tidak memiliki tali dan digunakan untuk latihan yang berbeda.

Ada beberapa jenis lifting strap dan Anda bisa mengetahui lengkapnya dengan membaca ulasan berikut ini. Let’s cek it out!

 

3 Jenis Lifting Strap dan Fungsinya untuk Olahraga Angkat Beban


1. Closed loop lifting straps


Sumber gambar lifting strap : amazon.com

Closed loop lifting straps adalah aksesoris angkat beban yang biasanya digunakan dalam ajang olimpiade. Aksesoris jenis ini menggunakan kulit dan karet sebagai bahan utamanya sehingga dapat membuat Anda lebih kuat saat mencengkram palang beban. Selain itu, menggunakan lifting strap ini mengharuskan Anda untuk bisa melepaskan palangnya dengan cepat setelah beban diangkat agar tidak mengganggu aktivitas Anda setelah itu.

Namun, Anda juga harus tahu kalau jenis lifting strap ini adalah jenis yang paling tidak aman digunakan untuk latihan. Untuk memasang closed loop lifting straps saat Anda akan melakukan latihan, Anda harus Anda harus melilitkannya di pergelangan tangan, lalu berikan ruang di ujung sekitaran palang. 


2. Lasso lifting straps


Lasso lifting strap adalah jenis lifting strap yang memiliki lingkaran yang menempel pada pergelangan tangan dan terdapat strap untuk membungkus palang besinya. Lasso lifting strap menawarkan lebih banyak stabilitas dan bantuan cengkeraman daripada closed loop lifting strap.

Jenis lifting strap ini adalah yang paling umum dan serbaguna, serta bagus untuk mengangkat dan mendorong beban secara santai. Untuk kenyamanan Anda, pilihlah lasso lifting straps yang memiliki strap lebih panjang untuk membungkus palang sehingga saat Anda menggunakannya, pegangan Anda akan lebih kuat.

 

3. Figure eight lifting straps


Sumber gambar lifting strap : amazon.com

Di antara dua jenis lifting strap di atas, figure eight lifting straps menawarkan stabilitas cengkeraman yang paling baik. Bentuknya yang seperti angka 8 akan membuat latihan Anda aman. Jika Anda mencoba memaksimalkan deadlift saat latihan angkat beban, maka jenis ini adalah pilihan terbaik Anda. Figure eight lifting straps ini diperuntukan untuk Anda yang ingin melakukan latihan dengan intensitas tinggi.

Mengetahui jenis-jenis dari lifting strap adalah penting untuk latihan angkat beban Anda. Setiap jenisnya menawarkan tingkat cengkraman yang berbeda dan Anda harus bisa membedakannya untuk Anda gunakan setiap latihan nanti.




Fungsi lifting strap


Sumber gambar lifting strap : spy.com

Lifting Straps dapat memberikan manfaat yang luar biasa saat Anda melakukan angkat beban dengan menggunakannya. Ini merupakan aksesoris penting bagi atlet untuk selalu siap, terutama ketika prioritas mereka adalah kekuatan dan pertumbuhan otot. Anda bisa mengetahui fungsi dan manfaatnya dari lifting strap berikut ini.

1. Memperkuat cengkraman

Fungsi utama dari lifting strap adalah untuk membantu memperkuat cengkraman pengangkat pada peralatan tertentu seperti barbel, dumbel, atau mesin. Lifting strap memastikan bahwa tangan, lengan bawah atau bisep Anda tidak terlalu terikat saat melakukan segala jenis gerakan menarik beban sehingga memberi jalan bagi otot utama selama gerakan menarik beban untuk mengambil alih dan berkembang dengan gerakan yang lain.

2. Membantu mengangkat beban yang lebih berat

Lifting strap dirancang untuk menghubungkan pergelangan tangan dengan beban. Aksesoris ini sangat membantu Anda untuk fokus menyelesaikan latihan tanpa khawatir terhadap pegangan dan bentuk masalah yang Anda takutkan. Tentu saja, menggunakan lifting strap dapat membantu Anda untuk berlatih dengan beban yang lebih berat dari waktu ke waktu sehingga Anda akan berkembang lebih maju melakukan latihan.

3. Mengurangi kelelahan pada lengan

Ketika Anda tidak menggunakan lifting strap saat latihan, Anda hanya bisa menahan beban dengan berat yang sama setiap latihan. Hal ini menyebabkan latihan Anda tidak berkembang lebih baik. Jika dipaksakan mengangkat beban yang lebih berat, maka Anda akan merasa kelelahan.

Namun, ketika Anda menggunakan lifting strap, aksesoris ini mengurangi kelelahan pada lengan Anda dan dapat membantu cengkeraman Anda lebih kuat. Dengan begitu Anda dapat terus maju dalam kekuatan dan pembentukan otot.

4. Mengurangi risiko cedera

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, lifting strap menjaga cengkeraman tetap kuat dan aman sehingga beban berat tidak terlepas dari tangan Anda. Menggunakan lifting strap saat latihan membantu Anda mengangkat lebih berat tanpa mengorbankan bentuk Anda sehingga pergelangan tangan Anda aman dan tidak menyerah pada beban.


Waktu terbaik menggunakan lifting strap


Sumber gambar lifting strap : workoutuni.com

Waktu yang tepat menggunakan lifting strap adalah saat Anda membutuhkannya. Jika Anda tidak memiliki masalah pegangan saat melakukan latihan angkat beban, maka jangan gunakan lifting strap untuk latihan. Lifting strap digunakan hanya saat Anda membutuhkannya dan terjadi masalah pada cengkraman tangan Anda saat mengangkat beban.

Jadi, misalkan Anda hanya mengalami masalah selama set terberat dari latihan, tetapi sisanya baik-baik saja, maka gunakan hanya selama set tertentu. Hal yang sama berlaku jika Anda hanya mengalami masalah selama set latihan selanjutnya saat kelelahan tangan dari set sebelumnya terjadi. Gunakan lifting strap pada set tersebut saja.

Pada dasarnya, set apa pun dari latihan, ketika cengkeraman Anda menghambat kinerja Anda, maka saat itulah lifting strap harus digunakan. Di lain waktu, jangan.

 

Cara menggunakan lifting strap

Ketika Anda sudah membaca dan memahami tentang lifting strap, maka akan ada pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara memakai lifting strap yang benar? Daripada mencoba menjelaskannya dengan rinci, cara terbaik untuk memahami adalah dengan benar-benar melihat cara pemakaian lifting strap di video berikut ini :




Nah, semua pembahasan tentang lifting strap sudah selesai. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Anda tentang aksesoris olahraga angkat beban ini. Jika Anda sedang mencari aksesoris olahraga lainnya, Anda bisa mengunjungi website SFIDN FITS. Website ini menyediakan berbagai macam aksesoris olahraga dengan kualitas terbaik.

 

Referensi : 

Upper, (2020). Lifting Straps Guide: What Are They, How And When To Use Them.

Menshealth, (2019). The 3 Types Of Lifting Straps You Can Use For Huge Weight Room PRs.

Gymreapers, (2019). Best Lifting Straps For Weightlifting, Powerlifting, And Bodybuilding.

Citystrength, (2020). The Benefits Of Lifting Straps In Powerlifting And Strength Training.

Aworkoutroutine, (2018). Weight Lifting Straps: When And How Should You Use Them?

Breakingmuscle. Weight Lifting Straps: What They Are, When And Why To Use Them.