Blog

Image

7 Aksesoris Angkat Besi yang Bisa Tingkatkan Performa Latihan

September 29th, 2021

sfidnfits.com – Bagi Anda yang aktif berolahraga di gym, angkat besi tentunya bukan hal yang baru lagi, bukan? Angkat besi, atau angkat berat adalah cabang olahraga yang bersaing untuk mengangkat beban yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fleksibilitas, konsentrasi, kemampuan, disiplin, kebugaran, teknik, mental dan kekuatan fisik. Jenis olahraga ini sangat bagus untuk melatih dan membangun otot.

Namun, untuk naik ke level berikutnya dan memaksimalkan performa latihan Anda, maka Anda perlu aksesoris sebagai pendukung latihan. Ada banyak aksesoris angkat besi di pasangan, tapi pilihlah yang paling dibutuhkan dan paling bermanfaat untuk latihan Anda.

Nah, sfidn fits akan merangkum aksesoris apa saja yang bisa meningkatkan performa latihan Anda sehingga Anda juga bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari latihan tersebut. Ketahui daftar aksesorisnya dari ulasan di bawah ini.


7 Aksesoris Angkat Besi yang Bisa Tingkatkan Performa Latihan


1. Sepatu angkat besi


Sumber gambar : bossmanagement.in

Melakukan latihan angkat besi, atau angkat berat tidak bisa menggunakan sepatu olahraga biasa, Latihan beban membutuhkan sepatu khusus yang sangat berbeda dengan kebanyakan sepatu olahraga. Sepatu angkat besi yang tepat memiliki tumit yang kokoh dan terangkat, yang meningkatkan bentuk dan postur yang benar, terutama bagi orang-orang yang mengalami kesulitan mempertahankan posisi tegak saat menyelesaikan squat belakang (yaitu, batang tubuh yang terlalu condong ke depan).

Menggunakan sepatu yang cocok untuk angkat besi sangat penting untuk mengurangi risiko cedera mengingat besarnya gaya tegangan geser yang dapat ditempatkan pada punggung Anda saat melakukan pengangkatan berat. Selain itu, sol yang lebih keras pada sepatu angkat besi membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas dan memastikan bahwa jumlah kekuatan maksimum yang dihasilkan oleh otot Anda diarahkan untuk mengangkat beban.

 

2. Weightlifting belt


Weightlifting belt adalah aksesori hebat yang membantu menstabilkan tulang belakang selama angkat berat. Weightlifting belt biasanya digunakan oleh atlet angkat besi kompetitif dan rekreasi untuk mengurangi cedera dan meningkatkan kinerja, terutama saat melakukan latihan yang memberikan banyak kekuatan pada tulang belakang. Cara sabuk melakukan semua adalah dengan secara substansial meningkatkan tekanan intra-abdominal pressure (IAP).

Penjelasannya, mengangkat beban secara alami mengaktifkan otot inti Anda, yang menekan isi perut dan meningkatkan IAP Anda. Peningkatan alami IAP ini secara efektif mengencangkan area di sekitar tulang belakang, meningkatkan kekakuan dan stabilitasnya sehingga memungkinkannya menopang tubuh bagian atas Anda dalam mengangkat dan menurunkan berat badan.

Mengenakan weightlifting belt yang dikencangkan semakin menekan isi perut dan perut Anda dapat meningkatkan IAP di atas dan di luar apa yang dapat dicapai tubuh secara alami. Kemudian secara substansial meningkatkan kekakuan dan stabilitas tulang belakang Anda dan mengurangi gaya tekan yang ditempatkan di atasnya, yang membuatnya kurang rentan terhadap cedera dan lebih mampu menopang beban berat.

 

3. Weightlifting glove


Sebagian besar angkat besi berkaitan dengan mencengkeram bar, barbel, atau dumbel berbobot. Sementara beberapa orang mungkin berpikir tidak perlu menggunakan sarung tangan selama melakukan angkat besi. Namun, weightlifting glove memiliki banyak manfaat, seperti membantu pengguna mendapatkan pegangan yang lebih kuat, menghindari kapalan dan membuat telapak tangan Anda lebih aman serta nyaman. Bagi Anda yang telapak tangannya sering berkeringat, menggunakan sarung tangan ini adalah hal yang wajib untuk menghindari pegangan yang licin pada palang besi dan membuatnya jauh saat Anda tidak siap mengangkat. Tanpa sarung tangan angkat besi akan membahayakan Anda.

Perlu diingat, Jika Anda seorang atlet angkat berat (atau berencana untuk menjadi atlet angkat berat), maka jangan gunakan sarung tangan. Dalam jangka panjang, mereka hanya akan menghambat kemajuan Anda, dan meningkatkan kemungkinan melukai diri sendiri. Namun, Jika Anda bukan atlet angkat berat yang serius dan tidak terlalu khawatir tentang mengembangkan kekuatan maksimum, tetapi ingin melindungi tangan Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh angkat beban, maka menggunakan sepasang sarung tangan tidak masalah.

 

4.  Wrist wrap


Wrist wrap dapat membungkus pergelangan tangan Anda untuk mengurangi mobilitas dan meningkatkan stabilitas sendi. Aksesoris ini membatasi fleksi dan ekstensi pergelangan tangan (gerakan bolak-balik), serta deviasi ulnaris dan radial (gerakan sisi ke sisi) pada tingkat yang lebih rendah.

Penjelasan kenapa wrist wrap dapat mengurangi mobilitas pergelangan tangan Anda adalah karena ligamen di pergelangan tangan rentan terhadap cedera, terutama saat mengangkat beban berat dekat dengan 1RM (One-repetition maximum) Anda. Ligamen yang cedera kemudian menyebabkan nyeri pergelangan tangan, bahkan saat tidak mengangkat beban berat. Wrist wrap dapat mencegah cedera, atau mengatasi rasa sakit di pergelangan tangan yang sudah terluka. Aksesoris ini paling efektif, dan paling sering dipakai selama latihan menekan seperti bench press dan overhead press karena latihan ini cenderung memberi tekanan paling besar pada pergelangan tangan.

 



5. Lifting strap


Lifting strap sangat berbeda dengan wrist wrap. Lifting strap biasanya digunakan sebagai pembantu selama latihan mengangkat, terutama deadlift, dan tujuannya adalah untuk meningkatkan kekuatan cengkeraman daripada menstabilkan pergelangan tangan. Kekuatan cengkeraman adalah faktor pembatas dalam latihan mengangkat beban.

Jika tangan Anda tidak dapat menahan beban secara fisik, maka otot Anda yang lain tidak dapat mengangkatnya. Oleh karena itu, begitu Anda memasuki rentang beban berat (75% + dari 1RM Anda), latihan menarik seperti deadlift dapat terhambat oleh ketidakmampuan untuk mempertahankan pegangan yang aman pada palang. Jika itu masalahnya untuk Anda, maka menggunakan lifting strap merupakan pilihan yang baik.

 

6. Knee wrap


Mengangkat besi mengharuskan Anda untuk menopang berat badan pada kaki, terutama lutut Anda. Nyeri pada lutut setelah mengangkat beban berat sering kali terjadi dan ini bisa menjadi cedera jika tidak diatasi. Oleh karena itu, penggunaan knee wrap bisa menjadi solusinya. Knee wrap memberikan dukungan ekstra pada lutut saat Anda latihan angkat besi, bahkan dorongan yang kuat untuk membuat lutut Anda bisa menopang berat badan dan beban berat yang sedang Anda angkat.

 

7. Fat gripz


Sumber gambar : tokoalatfitness.com

Pernah melihat seseorang jatuhkan tabung karet tebal di sekitar bar sebelum mereka mencoba mengangkat besar? Jika pernah, maka itu adalah fat gripz. Fat gripz digunakan untuk meningkatkan cengkraman saat Anda akan menambahkan berat untuk latihan angkat besi. 

Selain itu, fat gripz juga dapat Anda gunakan untuk pull-Up, variasi row apa pun, variasi curl apa pun, dan itu akan menerangi beban berat yang dirasakan pada lengan Anda. Aksesoris ini pada dasarnya mengubah barbel dan dumbel standar menjadi axle bar.

Semua aksesoris di atas ditujukan untuk membantu dan meningkatkan performa latihan angkat besi Anda agar bisa lebih maksimal dilakukan. Anda bisa memiliki satu, beberapa, atau semua aksesoris di atas. Nah, jika Anda sedang mencari aksesoris angkat besi yang berkualitas, brand SFIDN FITS menyediakannya. Anda bisa mengunjungi websitenya langsung dan membeli aksesoris yang Anda butuhkan.  

 

Referensi:

Wikipedia. Angkat besi.

Fitness19, (2013). FITNESS WEIGHT LIFTING ACCESSORIES – WHAT DO THEY REALLY DO?

Dummies. Weight-Lifting Accessories.

Mensjournal. These 7 Weight Lifting Accessories Will Seriously Improve Your Max.

Stack, (2014). Common Lifting Accessories and What They Do For You.

Mamally. 5 Weight Lifting Accessories That Will Boost Your Workout.

Thehomefitfreak, (2021). Best Weightlifting Accessories | Science-Backed Recommendations.