Blog

Image

Mengenal 9 Jenis Meditasi dan Kecocokannya untuk Anda

January 24th, 2022

sfidnfits.com – Meditasi adalah teknik berpikir secara mendalam dan memfokuskan pikiran seseorang pada jangka waktu tertentu. Melakukan meditasi melibatkan latihan dengan cara mempertajam fokus dan perhatian yang terhubung pada tubuh dan pernafasan untuk mengembangkan penerimaan emosi yang sulit. Banyak manfaat yang didapatkan dari meditasi ini dan yang paling terkenal adalah mampu mengatasi stres.

Sebenarnya tidak ada cara yang salah dan benar dalam melakukan meditasi karena pada dasarnya semua tergantung kepada kecocokan dari meditasi dengan diri Anda yang melakukannya. Untuk tahu, jenis meditasi apa yang cocok bagi Anda, Anda harus mengetahui semua jenis meditasi dan pilih yang paling cocok dan mudah Anda lakukan. Di bawah ini ada sejumlah jenis meditasi yang sebaiknya Anda simak dan pahami dulu sebelum melakukannya.


Mengenal 9 Jenis Meditasi dan Kecocokannya untuk Anda


1. Meditasi mindfulness


Meditasi mindfulness adalah bentuk meditasi yang menggabungkan antara konsentrasi, ketenangan dan kesadaran. Menjadi sadar berarti menyadari di mana Anda berada dan apa yang sedang Anda lakukan, dan tidak menanggapi apa yang terjadi di sekitar Anda. Ketika melakukan meditasi mindfulness, Anda tidak perlu memikirkan masa lalu ataupun masa depan karena perhatian Anda sepenuhnya hadir di masa sekarang.

Meditasi mindfulness bisa dilakukan di mana saja dan oleh siapa pun tanpa adanya guru yang membantu. Ingatlah, bawah melakukan meditasi jenis ini, Anda mengamati pikiran dan emosi dalam diri Anda tanpa ada penilaian sama sekali.

 

2. Meditasi spiritual


Meditasi spiritual digunakan oleh hampir semua agama yang ada di dunia. Jenis meditasi ini memfokuskan diri pada pengembangan pemahaman yang lebih dalam tentang makna spiritual dan menghubungkannya dengan kekuatan yang lebih tinggi. Wawasan yang didapatkan melalui meditasi spiritual dapat membantu Anda mengembangkan kualitas kebajikan dan kekeluargaan antar sesama.

Meditasi spiritual dapat dilakukan di rumah atau di tempat ibadah. Latihan ini bermanfaat bagi yang ingin mencari pertumbuhan spiritual dan hubungan yang lebih dalam dengan kekuatan spiritual yang lebih tinggi.

 

3. Meditasi terfokus


Meditasi terfokus melibatkan konsentrasi menggunakan salah satu dari panca indera. Misalnya, ketika Anda meditasi, Anda dapat fokus pada pernafasan saja tanpa memikirkan apa pun.

Praktik meditasi ini mungkin sederhana dalam teori, tetapi mungkin akan terasa sulit bagi pemula untuk mempertahankan fokus mereka lebih dari beberapa menit pada awalnya. Jika pikiran Anda mengembara saat melakukan meditasi jenis ini, coba kembalilah ke latihan dan fokuskan kembali. Sama seperti namanya, latihan meditasi jenis ini sangat ideal bagi siapa saja yang ingin mempertajam fokus dan perhatian mereka.

 

4. Meditasi gerakan


Kebanyakan meditasi mungkin berfokus pada satu posisi dengan cara berdiam diri saja, tapi meditasi gerakan berfokus pada tubuh yang bergerak. Meditasi jalan adalah salah satu bentuk gerakan penuh perhatian, yang mana teknik ini juga dapat dikaitkan dengan yoga atau tai chi dan seni bela diri lainnya. Dalam setiap latihan, gerakan tubuh Anda adalah objek meditasi.

Jenis ini adalah bentuk meditasi aktif di mana gerakan memandu Anda ke dalam hubungan yang lebih dalam dengan tubuh Anda saat ini. Meditasi gerakan baik untuk orang yang ingin menemukan kedamaian dalam tindakan dan ingin mengembangkan kesadaran tubuh.

 



5. Meditasi mantra


Sama seperti namanya, meditasi mantra menggunakan suara berulang untuk menjernihkan pikiran. Mantra ini bisa berupa kata, frasa, atau suara. Mantra dapat diucapkan dengan keras atau pelan selama meditasi. Setelah mengucapkan mantra selama beberapa waktu, Anda akan lebih teliti dan selaras dengan lingkungan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengalami tingkat kesadaran yang lebih dalam.

Beberapa orang menikmati meditasi mantra karena mereka merasa lebih mudah untuk fokus pada sebuah kata daripada pada napas mereka. Sedangkan yang lain menikmati dan merasakan getaran suara di tubuh mereka. Meditasi ini juga merupakan praktik yang baik untuk orang yang tidak menyukai keheningan dan menyukai pengulangan.

 

6. Meditasi transendental


Meditasi transendental adalah bentuk meditasi spiritual di mana Anda melakukannya dengan cara tetap duduk dan bernafas secara perlahan. Meditasi ini mengacu pada praktik khusus yang dirancang untuk menenangkan pikiran dan mendorong keadaan agar Anda bisa merasa tenang dan damai.

Selain itu, meditasi ini juga melibatkan penggunaan mantra dan paling baik diajarkan oleh praktisi meditasi yang bersertifikat. Jenis meditasi ini sangat cocok dilakukan jika Anda ingin belajar meditasi secara mendalam.

 

7. Relaksasi progresif


Relaksasi progresif atau yang juga dikenal sebagai meditasi pemindaian tubuh adalah praktik yang ditujukan untuk mengurangi ketegangan dalam tubuh dan meningkatkan relaksasi. Seringkali bentuk meditasi ini melibatkan pengetatan dan relaksasi secara perlahan pada satu kelompok otot dalam satu waktu di seluruh tubuh.

Dalam beberapa kasus, meditasi ini mungkin juga mendorong Anda untuk membayangkan gelombang lembut yang mengalir melalui tubuh untuk membantu melepaskan ketegangan apa pun. Bentuk meditasi ini sering digunakan untuk menghilangkan stres dan melepas lelah sebelum tidur.

 

8. Meditasi cinta kasih


Meditasi cinta kasih digunakan untuk memperkuat perasaan welas asih, kebaikan, dan penerimaan terhadap diri sendiri dan orang lain. Biasanya, meditasi ini dilakukan sambil duduk dalam posisi yang nyaman dan santai. Kemudian mulai menarik nafas dalam-dalam dan mengucapkan kata-kata positif, seperti semoga saya bahagia, semoga saya baik-baik saja, semoga saya aman dan semoga saya tenang dan tenteram.

Setelah memberikan cinta kasih pada diri sendiri, selanjutnya akan mulai memberikan cinta kasih pada orang lain, seperti keluarga, pasangan, teman dan kerabat lainnya. Karena jenis meditasi ini dilakukan untuk meningkatkan welas asih dan kebaikan, maka meditasi cinta kasih sangat ideal bagi mereka yang menyimpan perasaan marah atau dendam.

 

9. Meditasi visualisasi


Meditasi visualisasi adalah teknik meditasi yang berfokus pada peningkatan perasaan relaksasi, kedamaian, dan ketenangan dengan memvisualisasikan adegan, gambar, atau figur positif. Latihan ini dilakukan dengan membayangkan sebuah adegan dengan jelas dan menggunakan kelima indra untuk menambahkan detail sebanyak mungkin. Memvisualisasikan juga dapat melibatkan dengan mengingat sosok yang dicintai atau dihormati dengan tujuan mewujudkan kualitas mereka.

Bentuk lain dari meditasi visualisasi melibatkan membayangkan diri Anda berhasil pada tujuan tertentu, yang dimaksudkan untuk meningkatkan fokus dan motivasi. Banyak orang menggunakan meditasi visualisasi untuk meningkatkan suasana hati mereka, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kedamaian batin.

Itulah tadi sembilan jenis meditasi. Untuk menemukan yang terbaik untuk diri Anda, Anda dapat mencoba satu persatu dari semuanya. Nikmati meditasi sembari belajar menenangkan diri Anda dan ingatlah meditasi bukanlah usaha yang berfokus pada hasil, tapi selama prosesnyalah yang harus Anda nikmati untuk mendapatkan manfaatnya.

 

Referensi:

Medicalnewstoday, (2017). What is the best type of meditation?

Mindworks. What are the Different Types of Meditation?

Healthline, (2021). Which Type of Meditation Is Right for Me?