Blog

Info
Image

Berkunjung ke 5 Wisata Alam Terbaik di Padang

November 11th, 2019

sfidnfits.com – Padang adalah salah satu kota di Sumatera Barat, Indonesia, yang terkenal akan kuliner khasnya. Seperti kita tahu, masakan Padang memang menjadi salah satu kuliner andalan Indonesia yang sangat populer bahkan di kalangan wisatawan mancanegara. Tapi, tanah Padang tak hanya populer akan kulinernya, melainkan juga wisata alamnya. Beberapa destinasi wisata alamnya bahkan lebih terdengar di luar negeri dibandingkan negeri sendiri. Oleh karena itu, berikut ini telah dijabarkan lima destinasi wisata alam terbaik yang perlu kamu ketahui dan kunjungi ketika berada di kota Padang.

1. Lembah Anai


Lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang masuk dalam kawasan Cagar Alam Lembah Anai. Air terjun yang aliran airnya berasal dari Sungai Batang Lurah, Gunung Galunggung, ini terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Padang dan Bukittinggi. Terletak di kawasan cagar alam, Lembah Anai dikelilingi oleh perbukitan hijau yang diisi oleh ragam flora dan fauna. Tak heran, Lembah Anai kerap ramai oleh wisatawan, baik yang tak sengaja melintas maupun yang sengaja mengunjungi tempat wisata tersebut. Jika ingin berkunjung, ada baiknya menghindari musim hujan. Sebab, debit airnya pada musim hujan tercatat melonjak naik dan dikhawatirkan meluap hingga badan jalan.

2. Pulau Cubadak


Pulau Cubadak mungkin belum terlalu tersohor di Indonesia, namun tidak halnya di luar negeri terutama Jerman. Ini dikarenakan seorang wisatawan asal Jerman pernah membuat film dokumenter tentang keindahan Pulau Cubadak. Kepopulerannya ini juga tak terlepas dari kekayaan alam bawah lautnya yang begitu melimpah.  Pulau Cubadak memang dulunya adalah kawasan kawah, tak heran aneka jenis terumbu karang dan biota laut begitu mudah ditemukan. Mungkin itulah salah satu alasan para penyelam dunia datang ke kawasan Pulau Cubadak. Terlebih karena letak geografisnya yang aman dari angin kencang dan arus kuat Samudera Hindia sehingga perairannya sangat tenang untuk dinikmati oleh wisatawan.

3. Pantai Nirwana


Pantai Nirwana terletak tidak terlalu jauh dari pelabuhan Teluk Bayur. Karenanya, pengunjung dapat melihat kapal-kapal yang bersandar dengan hiasan lampu kapal yang membuat suasana romantis begitu malam tiba. Pantai Nirwana juga sering disebut sebagai pantai surga sebab panorama pantainya yang begitu memesona dengan hamparan pasir berwarna putih dan jejeran bebatuan koral yang muncul saat ombak menyurut. Kawasan pantainya yang dikelilingi oleh perbukitan dengan tanaman tropis juga menambah keelokan matahari tenggelam menjelang petang. Jika ingin menikmati panorama matahari tenggelam yang begitu jelas, datanglah di bulan Juni hingga Agustus.




4. Pantai Padang


Pantai Padang merupakan salah satu destinasi wisata yang mudah dijangkau tempatnya dari pusat kota. Pantai yang sering disebut sebagai Taplau (Tapi Lauik) oleh warga lokal ini memiliki garis pantai yang panjang dengan ombak yang cukup besar. Selagi dimanjakan oleh lautan lepas di depan, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan Danau Cimpago di bagian belakang. Begitu juga dengan Gunung Padang yang terlihat gagah menjulang dari kejauhan. Pantai yang sering dijadikan lokasi event-event besar seperti Festival Siti Nurbaya di setiap tahunnya ini juga sangat terkenal akan pesona matahari tenggelamnya yang menyemburatkan warna kuning keemasan yang dibiaskan oleh air.

5. Pantai Air Manis


Air Manis atau dalam dialek Minang disebut ‘Aia Manih’ merupakan sebuah pantai dengan garis pantai yang lebar, kontur yang landai, dan pasir yang berwarna cokelat keputihan. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang kecil dan panorama yang indah di sisi utaranya. Pasalnya, di ujung utara pantai ini, pengunjung disajikan dengan keindahan gundukan Gunung Padang dari kejauhan. Begitu pun dua pulau kecil yakni Pulau Pisang Kecil dan Pisang Besar yang tak terlalu jauh letaknya. Pantai ini juga tidak terlepas dari legenda Malin Kundang yang di sisi selatan pantainya terdapat sebongkah batu menyerupai orang bersujud, yang dipercaya sebagai Malin Kundang ketika telah dikutuk menjadi batu.  

Itu dia lima destinasi wisata alam di Padang yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Jadi, sudah tahu kan mau kemana jika nanti berkunjung ke Padang? Selamat berkeliling dan menikmati indahnya alam Padang, ya #fitsers.