Blog

Info
Image

7 Wisata Air Terjun Terbaik di Indonesia

August 21st, 2019

sfidnfits.com – Berbicara tentang wisata alam di Indonesia, mungkin tidak akan pernah ada habisnya. Bagi mereka pecinta alam yang suka memacu adrenalin dan mencari kedamaian, gunung merupakan tempat yang paling sering dituju. Sementara, bagi mereka yang menyukai air, pantai adalah surganya. Namun, jika ingin menikmati gemericik air dengan suasana alam disekelilingnya, air terjun merupakan pilihan tepat untuk dicoba. Berikut ini beberapa obyek wisata air terjun yang menyajikan suasana alam dan pemandangan terbaik yang ada di Indonesia.

1. Air Terjun Kapas Biru, Jawa Timur


Kapas Biru merupakan nama sebuah air terjun yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki aliran air yang putih dan deras, namun berwarna kebiruan di sisi-sisinya jika dilihat dari jauh. Untuk mencapai ke lokasi air terjun ini, wisatawan perlu berjalan terlebih dahulu melewati jalur yang cukup menantang namun indah karena dikelilingi pepohonan. Begitu sampai di lokasi, semua lelah akan terbayar oleh suasana yang disuguhkan dan derasnya aliran air yang jatuh dari tebing setinggi 100 meter.


2. Air Terjun Tumpak Sewu, Jawa Timur


Tumpak Sewu atau sering juga disebut sebagai Coban Sewu merupakan air terjun yang mulai populer di 2015. Berlokasi di Lumajang, Jawa Timur, air terjun ini sering disebut sebagai Niagara ala Indonesia. Pasalnya, bentuk air terjun ini melebar seperti tirai dan sedikit melingkar seperti air terjun Niagara yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Aliran airnya pun jatuh dari ketinggian 120 meter dan berhasil membuat takjub banyak wisatawan. Kebanyakan wisatawan menikmati keindahan air terjun ini dari ketinggian. Namun, jika ingin melihat dari bawah, wisatawan dapat menuruni bukit dan menyebrangi sungai terlebih dahulu.


3. Air Terjun Madakipura, Jawa Timur


Air terjun Madakipura terletak di perbatasan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan. Biasanya, wisatawan memilih melalui jalur Probolinggo karena medan jalan yang lebih mudah. Pasalnya, air terjun ini memang berada tepat di Lereng Gunung Bromo yang masih dalam wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dengan tinggi mencapai 200 meter, Madakaripura memegang predikat air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah Si Gura-Gura.

Keistimewaan dari air terjun ini terletak di bentuk tebingnya yang menyerupai ceruk sehingga membuat pengunjung seolah-olah berada di dalam botol. Aliran airnya pun merata di seluruh bagian tebing sehingga mirip guyuran hujan. Keistimewaan lain dari air terjun Madakaripura ini adalah karena ia sarat akan sejarah. Air terjun ini dipercaya sebagai tempat peristirahatan dan pertapaan Patih Gajah Mada yang berasal dari Kerajaan Majapahit. Hingga kini, masyarakat sekitar masih memegang kepercayaan terhadap legenda tersebut.


4. Air Terjun Sipiso-piso, Sumatera Utara


Tidak jauh dari Danau Toba, tepatnya di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, terdapat wisata air terjun bernama Sipiso-piso. Air terjun ini telah dikenal hingga mancanegara karena keelokan yang disuguhkannya. Berada di ketinggian 800 mdpl, air terjun ini dikelilingi hutan pinus yang menyegarkan mata. Di samping itu, air terjun ini memilki tinggi sekitar 120 meter. Untuk melihat keindahannya dari bawah, wisatawan perlu menuruni ratusan anak tangga dan jalur yang berkelok kelok. Namun, begitu sampai, rasa lelah akan terbayar dengan rasa takjub akan keindahan yang disajikan.


5. Air Terjun Kanto Lampo, Bali


Tak hanya pantai, Bali juga memiliki wisata air terjun yang tak kalah indah. Salah satu yang terbaik ialah air terjun Kanto Lampo. Air terjun ini terletak di Gianyar, lebih tepatnya di dalam area Desa Beng. Air terjun ini memiliki tebing landai berupa bebatuan yang saling berhimpitan, serta susunan batuannya yang acak namun terlihat artistik. Wisatawan yang datang dapat mencoba duduk di bawah bagian tebing sambil menikmati derasnya air yang jatuh. Tak perlu khawatir, aliran air yang jatuh tidaklah terlalu deras dan tidak menimbulkan gemuruh sehingga cocok untuk dijadikan tempat melepas penat akibat rutinitas harian yang padat.


6. Air Terjun Cikanteh, Jawa Barat


Beralih ke daerah Sunda, para pecinta alam dapat menemukan berbagai macam objek wisata curug (air terjun kecil). Di Cikanteh sendiri, wisatawan bisa menemukan tiga air terjun sekaligus dalam satu lokasi. Melewati jalan sempit yang dikelilingi alam pedesaan Ciemas, Sukabumi, kamu akan menemukan curug Cikanteh, curug Ngelai, dan curug Sodong. Sebenarnya, keberadaan air terjun Cikanteh tidaklah asing lagi bagi para pecinta alam di Jawa Barat. Pasalnya, sejak dulu daerah Ciemas memang sudah digunakan sebagai lahan penelitian geologi.


7. Air Terjun Bissappu, Sulawesi Selatan


Sulawesi Selatan memiliki banyak wisata air terjun yang belum banyak diketahui. Salah satunya yakni air terjun Bissappu yang berjarak 5 km dari Ibukota Bantaeng, Sulawesi Selatan. Menelusuri hutan alami yang diselimuti dengan suasana menenangkan, kamu akan menemukan air terjun setinggi 80 meter ini. Selain menikmati suara gemericik air terjun, kamu juga bisa berfoto ria dengan latar belakang alam yang indah ini.


Itu dia beberapa obyek wisata air terjun dengan pemandangan alam terbaik di Indonesia. Suasana alam yang ditawarkan akan menenangkan tubuh dan pikiranmu yang lelah karena rutinitas yang padat. Bagi #FITSERS yang akan berwisata, jangan lupa juga untuk membawa FITS Permafrost guna memastikan tubuh terhidrasi dan siap beraktivitas sepanjang hari.