Blog

Info
Image

Menikmati Segarnya Air Terjun di Wisata Curug Cikuluwung, Bogor

October 22nd, 2019

sfidnfits.com - Tepat di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat atau tidak jauh dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, terdapat sebuah air terjun yang dinamai oleh warga lokal dengan nama Curug Cikuluwung. Sebuah air terjun, atau bahasa sundanya disebut curug, yang indah seperti nan jernih. Curug Cikuluwung ini memang cukup tersembunyi dan membutuhkan perjuangan yang cukup keras untuk mencapainya. Lokasinya juga berada di tengah lembah bebatuan alam eksentrik layaknya Green Canyon.


Akses Perjalanan Menuju Lokasi Wisata


Jika Anda berada di Ibu Kota Jakarta, Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk tiba di lokasi. Sesampainya di sana, Anda harus memarkirkan kendaraan Anda yang dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit ke lokasi air terjun. Sebenarnya, di tempat tersebut terdapat 2 curug, yakni curug 1 dan curug 2. Curug Cikuluwung yang selalu ramai setiap harinya ini membatasi jumlah pengunjungnya karena akses menuju lokasi yang begitu sempit, yaitu 30 – 40 orang saja. Jika terasa sudah cukup penuh, maka pengunjung akan di alihkan ke curug 2 yang tak kalah indahnya. Setiap pengunjung pun kalau tidak salah, di berikan waktu untuk berada di kawasan tersebut mengingat banyaknya pengunjung lain yang berdatangan.




Keindahan Curug Cikuluwung


Curug ini memiliki kedalaman air mencapi 7 meter dengan warna air yang hijau kebiruan. Aliran air yang mengalir dengan lembut tersebut pun memiliki ketinggian kurang lebih 3 meter, bebatuan disekitarnya yang terbentuk secara alami pun seolah menjadi saksi bisu keindahan curug ini. Disisi lain, curug cikuluwung 2 memiliki 3 kolam alami dengan kedalaman hingga 2 meter. Setiap wisatawan diharuskan menggunakan pelampung walaupun mereka bisa berenang.




Mitos Curug Cikuluwung


Terdapat aturan yang mengikat para siapapun pengunjung untuk meninggalkan kawasan curug pada pukul 11.30 hingga 12.30 siang atau pada waktu istirahat. Peraturan tersebut dibuat terkait adanya suatu mitos tertentu yang masih kental sehingga pengunjung diharuskan meninggalkan tempat untuk sementara. 

 

Itulah sekilas tentang Curug Cikuluwung. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh menyegarkan badan dari penatnya rutinitas sehari-hari, karena masih banyak sekali lokasi di bogor yang bisa di jelajahi. Bagaimana, tertarik untuk datang ke sana? Jangan lupa bawa uang dan bekal makanan yang cukup yah. Terimakasih.