Blog

Image

6 Makanan yang Harus Dihindari Jika Anda Mengalami Osteoartritis

April 28th, 2021

sfidnfits.com - Osteoarthritis adalah kondisi saat bantalan tulang rawan di antara persendian rusak dan terkikis. Hal tersebut dapat menyebabkan nyeri sendi yang parah bahkan hingga pembengkakan. Osteoarthritis (OA) adalah salah satu kondisi peradangan sendi. Umumnya, gejala OA dapat diperparah dengan konsumsi makanan yang tidak sehat.

Untuk mencegah serangan OA, berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari. 


6 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Pengidap Osteoarthritis


1. Gula 


Gula kaya karbohidrat. Oleh karena itu, kue olahan dan roti dapat mengubah respons kekebalan tubuh terhadap penyakit. Berdasarkan sebuah studi, reaksi yang ditimbulkan dari gula dapat memperburuk peradangan sendi dan membuat persendian semakin lemah. Gula alami, seperti sirup maple dan madu dapat mengurangi gejala OA. 


2. Susu


Produk susu dapat menyebabkan peradangan pada beberapa orang sehingga menyebabkan nyeri sendi. Sebuah studi menemukan bahwa orang dengan radang sendi yang menghindari susu hewani dapat mengurangi gejala OA yang signifikan. Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut tentang kaitan susu dan peradangan. Jika Anda ingin mengurangi produk susu, Anda bisa mencoba susu almond atau susu kedelai. 


3. Garam 


Mengonsumsi natrium terlalu banyak menyebabkan sel Anda menahan air. Artinya, sel tersebut membengkak. Tubuh Anda membutuhkan natrium untuk berfungsi. Namun, jika terlalu banyak akan menyebabkan peradangan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan dan nyeri sendi. 

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), untuk mengurangi natrium, Anda bisa mengubah garam dengan bumbu lain, seperti kulit lemon atau bawang putih. 


4. Makanan berminyak


Arthritis Foundation menunjukkan bahwa makanan tinggi lemak jenuh, seperti kentang goreng dan donat yang dimasak dengan minyak goreng, dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan memperparah nyeri OA. 

Minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan dapat menimbulkan reaksi kimia dalam tubuh dan dapat meningkatkan kolesterol. Sebaiknya, konsumsilah makanan yang dimasak dengan cara dipanggang atau direbus. Saat perlu menggunakan minyak ketika memasak, pilihlah minyak zaitun. 


5. Tepung 


Produk gandum olahan, seperti roti putih, akan merangsang respons peradangan tubuh Anda. Hal itu menyebabkan banyak pasta olahan, seperti sereal dan produk biji-bijian dapat meningkatkan nyeri OA.

Hindari produk roti yang melalui proses pengolahan yang berat.


6. Asam lemak omega-6


Menurut Harvard Medical School, Anda harus membatasi asupan makanan yang mengandung asam lemak omega-6, seperti kuning telur dan daging merah. Lemak jenuh dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan membuat nyeri OA semakin parah.

Mengonsumsi makanan yang kaya omega-3, seperti salmon, kenari, dan kedelai, akan memberi Anda protein yang baik bagi tubuh tanpa memperburuk gejala OA.

Itulah enam makanan yang harus dihindari jika Anda mengalami osteoarthritis. Selain menghindari makanan-makanan tersebut, sebaiknya Anda melakukan olahraga ringan.