Blog

Image

Wrist Wraps 101: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya

May 11th, 2022

sfidnfits.com – Ketika ditanya bagian tubuh mana yang menerima banyak tekanan saat melakukan angkat berat, maka sebagian besar orang akan menjawab kaki, bahu dan punggung bagian belakang. Mereka sering kali melupakan bahwa tangan, terutama pergelangan tangan memainkan peran utama di hampir setiap latihan.

Ketika mengangkat beban, kekuatan terbesar bekerja pada pergelangan tangan. Ketegangan yang dialami tidak hanya saat mengangkat dan menurunkan beban saja, tapi juga saat melakukan front squat dan push press.

Dan, di sinilah diperlukan perlindungan pada pergelangan tangan, yang biasanya disebut sebagai wrist wraps guna mengurangi cedera, mencegah ketegangan dan kelebihan beban.

Nah, di sini kamu akan tahu selengkapnya tentang wrist wrap sehingga akan memudahkanmu memahami semua tentang aksesoris ini.

 

Wrist Wraps 101: Fungsi, Jenis dan Cara Menggunakannya


Apa itu wrist wraps?


Sumber gambar: amazon.com

Wrist wrap adalah aksesoris penunjang olahraga yang digunakan untuk membungkus pergelangan tangan pada saat mengangkat dan mendorong beban berat.

Kebanyakan wrist wraps tersedia sepasang, yang digunakan pada pergelangan tangan kanan dan kiri, dan terbuat dari bahan katun atau nilon, dengan masing-masing tali berukuran 18 inci, termasuk lingkaran kokoh di salah satu ujungnya, dan terakhir tali pita velcro di ujungnya.

Wrist wraps digunakan untuk menambahkan kompresi di sekitar pergelangan tangan untuk membantu melindunginya dan memberikan stabilitas tanpa membatasi rentang gerak.

 

Fungsi wrist wraps

Fungsi utama dari wrist wraps adalah untuk memberikan dukungan dan stabilisasi pergelangan tangan, mencegah hiperekstensi sambil memastikan penempatan pergelangan tangan yang tepat di bawah palang saat kamu mengangkat beban.

Penggunaan wrist wraps sangat membantu selama latihan penekanan dan overhead yang berat atau beban yang mencapai berat maksimal.

Wrist wraps melakukan pekerjaan yang baik dengan memberikan dukungan dan mengurangi ketegangan pada sendi dan otot.

 

Manfaat menggunakan wrist wraps

Seperti yang tadi dijelaskan pada bagian fungsi bahwa wrist wraps membantu menjaga pergelangan tanganmu tetap aman selama latihan beban. Di sini kamu akan tahu manfaat besar menggunakan wrist wraps saat melakukan angkat beban.

1. Membantu mengurangi risiko cedera

Wrist wraps dirancang untuk menstabilkan dan melindungi sendi pergelangan tangan saat melakukan pengangkatan beban maksimal.

Beban yang lebih berat dapat menambah terlalu banyak tekanan pada sendi pergelangan tangan dan dapat menyebabkan pergelangan tangan tertarik ke ekstensi berlebihan yang dapat menyebabkan keseleo atau ketegangan.

Menggunakan wrist wraps saat melakukan pengangkatan di atas kepala akan membantu memberikan dukungan yang dibutuhkan pergelangan tangan agar kamu berhasil menyelesaikan set latihan dan mengurangi risiko cedera.

2. Membantumu berlatih lebih keras dan mengangkat beban lebih berat

Stabilisasi yang diberikan oleh wrist wraps memungkinkanmu berlatih lebih keras dan mendorong beban yang lebih berat.

Bobot yang lebih berat dapat membahayakan bentuk dan membuat sendi pergelangan tangan cepat lelah, yang kemudian dapat menyebabkan kegagalan dalam pengangkatan.

Dengan wrist wraps, kamu memiliki dukungan yang diperlukan untuk membantumu melakukan beberapa repetisi lagi tanpa nyeri pergelangan tangan dan kelelahan yang menahanmu.

3. Membantu meringankan nyeri pergelangan tangan dan pemulihan cedera

Jika kamu menderita nyeri atau pegal pada pergelangan tangan dan semua jenis beban menyebabkan nyeri, maka gunakan wrist wraps untuk menstabilkan lengan dan mengurangi rasa sakit dan nyeri yang terkait dengan beban berat.

Jika kamu baru pulih dari cedera pergelangan tangan, gunakan wrist wraps untuk memudahkanmu kembali mengangkat beban yang lebih berat.

Kamu dapat menggunakan wrist wraps selama latihan mendorong setelah pulih dari cedera pergelangan tangan untuk membantu memudahkan pergelangan tangan kembali berlatih.

Melakukan hal ini akan membantu meningkatkan stabilitas pergelangan tangan dan menghilangkan ketegangan pada sendi.

 



Berbagai jenis wrist wraps

Ada beberapa jenis wrist wraps yang dapat membantu latihanmu dan jenis ini tergantung pada tujuan kebugaran dan program latihan yang kamu lakukan.

1. Wrist wraps


Sumber gambar: amazon.com

Ini adalah wrist wraps tradisional dan biasanya dibuat menggunakan bahan yang tahan lama dengan mekanisme penutupan menggunakan tali velcro.

Jenis ini juga disertai dengan loop ibu jari di samping untuk memastikan keamanan. Namun, banyak lifter lebih suka membiarkannya menggantung di samping atau melepasnya.

 

2. Lifting strap combo


Sumber gambar: amazon.com

Jenis ini menggabungkan wrist wraps dan lifting strap untuk memberimu manfaat pendukung tambahan.

Jadi, selain memberikan kompresi untuk memberikan stabilitas pada sendi pergelangan tangan, kombinasi ini juga membantu mengatasi kelelahan cengkeraman sehingga kamu dapat mengangkat lebih banyak beban untuk benar-benar melelahkan otot yang ditargetkan.

 

3. EZ grip combo


Sumber gambar: amazon.com

EZ grip combo memadukan wrist wraps tradisional dengan bantalan kulit yang diperpanjang. Jenis ini juga kadang-kadang disebut wrist pads. Kombinasi ini sangat bagus untukmu yang ingin melindungi telapak tangan dari lecet dan kapalan.

Bungkusnya memberikan dukungan dan stabilitas pergelangan tangan, sementara bantalan membantumu mendapatkan pegangan yang lebih erat pada barbel.

Jadi, ini akan membantu mengangkat dengan aman sekaligus melindungi telapak tangan dari beban kasar.

 

4. Lifting hook combo


Sumber gambar: amazon.com

Jenis ini sangat mirip dengan EZ grip combo, tetapi alih-alih bantalan, lifting hook combo terdapat kait pengangkat.

Kombinasi ini ideal untuk latihan powerlifting dan strongman karena membantu meningkatkan kekuatan cengkeraman yang membantu pengangkat mencapai target beban pada deadlift, overhead press dan latihan gabungan berat lainnya.

 

Waktu yang tepat menggunakan wrist wraps

Hal pertama yang perlu diketahui tentang menggunakan wrist wraps adalah mengetahui kapan harus benar-benar menggunakannya. Aksesoris ini biasanya digunakan untuk menekan dan mengangkat beban di atas kepala.

Wrist wraps dirancang untuk atlet angkat berat dan hanya boleh digunakan saat kamu melakukan set maksimal atau berat maksimal.

Namun, jika kamu berlatih untuk hipertrofi dan mengikuti rutinitas latihan dengan repetisi tinggi dengan berat badan sedang, kamu masih dapat menggunakan wrist wraps sebagai penyangga.

Latihan repetisi tinggi menyebabkan tekanan berulang pada pergelangan tangan dan sendi siku yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketegangan dan cedera.

Untuk membantu, kamu dapat menggunakan wrist wraps untuk mengurangi ketegangan pada pergelangan tanganmu.

Namun, meskipun wrist wraps menjadi aksesori angkat besi yang bagus untuk dimiliki, tapi aksesoris ini tidak boleh terlalu diandalkan.

Mengandalkan wrist wraps untuk setiap jenis angkat dapat menyebabkan mobilitas yang buruk di tubuh bagian atas. Jadi, gunakan hanya untuk lift terberat, bukan untuk set pemanasan.

 

Faktor pertimbangan saat memilih wrist wraps

Kebutuhan mengangkat setiap orang berbeda, jadi wrist wraps terbaik sangat bergantung pada gaya dan tujuan latihanmu. Secara garis besar, ada tiga hal yang harus kamu pertimbangkan saat mencari wrist wraps untuk ditambahkan ke dalam aksesoris olahragamu.

1. Panjang wrist wraps

Panjang wrist wraps bervariasi, panjangnya bisa berkisar antara 12- 30 inci. Panjang wrist wraps itu penting karena pastinya kamu ingin memilikinya dengan panjang yang cukup untuk menyesuaikan kompresi sesuai keinginanmu, tetapi tidak terlalu panjang karena itu juga dapat mengganggu kinerja latihanmu. Misalnya, panjang yang baik untuk wanita tampaknya 12 inci dan 18-19 inci untuk pria.

2. Bahan wrist wraps

Biasanya wrist wraps terbuat dari campuran katun, nilon, atau polyester. Pilih jenis bahan yang tepat untuk lift yang kamu lakukan.

Jika fokus utama adalah pada latihan repetisi tinggi seperti pelatihan CrossFit, maka katun mungkin menjadi pilihan yang lebih baik karena lebih tipis, lebih fleksibel, dan memungkinkan pergelangan tanganmu bernapas.

Sedangkan, jika menggunakan wrist wraps untuk beban yang lebih berat, pilih campuran nilon atau polyester karena ini lebih keras dan tahan lama.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan wrist wraps nilon atau polyester, tetapi sekali lagi itu sangat tergantung pada gaya dan tujuan latihanmu.

3. Kekakuan wrist wraps

Selain bahannya, perhatikan juga kekakuannya. Wrist wraps yang lebih kaku tidak selalu berarti lebih baik, tetapi itu lebih baik untuk mengangkat beban berat.

Wrist wraps yang fleksibel ideal untuk latihan repetisi tinggi karena memerlukan stabilitas pergelangan tangan yang baik dengan beberapa fleksibilitas untuk melakukan latihan secara efektif.

 

Cara menggunakan wrist wraps


Sumber gambar: alibaba.com

Setelah kamu memiliki sepasang wrist wraps, kamu mungkin ragu untuk mulai menggunakannya karena tidak tahu bagaimana cara memakainya. Nah, guna mempermudahkanmu memakainya, berikut kami uraikan langkah-langkahnya:

· Temukan lingkaran ibu jari pada wrist wraps dan sejajarkan dengan bagian dalam pergelangan tanganmu.

· Letakkan ibu jarimu melalui lingkaran sehingga wrist wraps terpasang di tanganmu.

· Bungkus pergelangan tanganmu dengan sisi velcro menghadap ke dalam. Velcro harus berada di luar pergelangan tangan setelah kamu selesai membungkus. Jaga agar ujungnya sejajar saat kamu membungkusnya di sekitar pergelangan tangan.

· Pakai dengan tepat dan kencangkan dengan velcro. Itu harus cukup kencang untuk memberi tekanan, tetapi tidak terlalu ketat sehingga menyebabkan ketidaknyamanan.

Tips tambahan: Pastikan wrist wraps menutupi sendi pergelangan tangan dengan cukup untuk membuat penyangga.

Selesai sudah pembahasan lengkap terkait wrist wraps ini. Tentunya aksesoris ini menjadi hal yang menarik, dan jika kamu berlatih kekuatan dan ingin terus mengalami kemajuan di gym, pertimbangkanlah untuk menambahkan wrist wraps ke dalam koleksi perlengkapan latihanmu!

 

Referensi:

Gymreapers, (2020). USE WRIST WRAPS TO IMPROVE WRIST SUPPORT AND STABILITY.

Uppper, (2021). WRIST WRAP GUIDE: WHAT ARE THEY, HOW, AND WHEN TO USE THEM.

Weightlifting-shop. HOW, WHY AND WHEN TO USE WRIST WRAPS?

Crossfitinvictus. WRIST WRAPS: EVERYTHING YOU NEED TO KNOW.