Blog

Info
Image

Tempat Wisata Stonehange di Toraja, Tak Kalah Dengan di Inggris

October 15th, 2019

sfidnfits.com - Pada umumnya, orang akan pergi ke Inggris untuk cuci mata, jalan-jalan, dan menikmati keindahan tumpukan batu yang beraturan. Di Negeri Ratu Elizabeth inilah tempat tumpukan batu-batu beraturan itu berada, yang disebut dengan Stonehenge. Ya, walaupun memang cuma batu, namun Anda bahkan seluruh orang dibuatnya penasaran, tentang bagaimana batu-batu besar tersebut bisa rapih terbentuk.


Bagi masyarakat Indonesia, tentu banyak yang bertanya-tanya, kenapa untuk melihat tumpukan batu saja rela jau-jauh terbang ke Inggris. Mungkin orang yang pergi kesana selain tentunya banyak uang, stonehange mungkin memiliki arti tersendiri, entah itu dari segi seni, bahkan mungkin spiritual.


Sebenarnya, jika hanya ingin melihat stonehange, yang menjadi wisata cuci mata, maka Indonesia juga memiliki tumpukan batu stonehange yang tidak kalah unik, tidak kalah menarik, dan penuh akan nilai spiritual. Wisata stonehange di Indonesia menjadi kurang terdengar karena kurang terjamah secara maksimal saja bagi masyarakatnya sendiri.


Stonehange Indonesia, Bori Kalimbuang, Toraja

Anda bisa menyimak, melihat, atau bahkan bisa mengunjunginya jika Berminat. Jika Anda bahkan pernah melihat langsung stonehange di Inggris, Anda bisa membandingkan sendiri bahwa stonehange di sana dan di Toraja, Sulawasi Selatan ini ternyata tidak beda jauh. Yang membedakan hanya namanya saja, karena tumpukan batu di Toraja ini disebut dengan Bori Kalimbuang. Berikut beberapa gambarnya.


Bori Kalimbuang berada tepat di jalan Barana’, Pangli, Kelurahan Bori, Kecamatan Sesean, Toraja. Di sana Anda akan di suguhi dengan deretan batu menhir yang sangat rapih. Lebih menariknya lagi, deretan batu ini ternyata bersanding juga dengan Tonkonan yang merupakan rumah adat masyarakat asli Toraja.


Para peneliti menyebut bebatuan yang sama persis dengan stonehenge ini dengan Menhir. Disekililingnya, Anda akan melihat berbagai bangunan bambu yang cukup menarik dengan atap berbentuk perahu yang khas sebagai bangunan Toraja. Sebenanrnya, destinasi wisata ini cukup menarik, terlebih lagi di media sosial, karena memang Bori Kalimbuang di Toraja ini sangat banyak sekali. Namun, berita di media saja yang kurang, bahkan belum begitu mengekspos tempat ini.

Itulah stonehenge-nya Indonesia yang tak kalah dengan di Inggris. Jadi, lebih baik ke Toraja dong daripada ke Inggris.