Blog

Image

Tas Matras Yoga: Jenis dan Cara Memilihnya

December 15th, 2021

sfidnfits.com – Jika Anda ingin memulai hidup sehat, yoga mungkin menjadi alternatif pilihan Anda. Pasalnya, selain yoga adalah jenis olahraga, yoga sendiri juga akan mengelola diri dan pikiran Anda menjadi lebih tenang. Anda bisa memulainya dengan memiliki perlengkapannya terlebih dahulu, yakni matras.

Matras menjadi salah satu peralatan sekaligus perlengkapan yoga yang paling penting. Jika Anda memiliki matras, maka Anda juga harus memiliki tasnya karena keduanya adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisah.

Memiliki tas matras yoga yang bagus juga sama pentingnya dengan memiliki matras yoga yang bagus. Saat Anda membawanya dengan mengemudi dari tempat kerja, naik transportasi umum, atau keluar dari kendaraan Anda menuju tempat latihan yoga, matras Anda memiliki banyak peluang untuk terluka, terinjak, dan membuat Anda repot. Tas yoga adalah solusi ideal untuk menjaga matras Anda tetap aman dan siap digunakan.

Ada berbagai tas matras yoga yang ada di pasaran. Jika Anda ingin menemukan yang tepat dan terbaik, maka simak artikel ini sampai selesai.


Tas Matras Yoga: Jenis dan Cara Memilihnya


Jenis tas matras yoga

Ada empat jenis tas matras yoga dengan keunggulan yang dimiliki satu sama lain. Mengetahui keempat jenis tas ini akan memudahkan Anda untuk memilih sebelum membelinya.

1. Strap style yoga bag


Sumber gambar: yogapractice.com

Strap style yoga bag adalah jenis tas matras yoga yang paling sederhana karena hanya memiliki dua tali yang membungkus tas itu sendiri. Tas ini mampu membawa matras yoga dengan ukuran berapa pun.

Tentu saja, strap style yoga bag ramah lingkungan dan sempurna untuk segala kesempatan. Anda dapat dengan mudah membawanya dengan disampirkan di dada dengan tali bahu, atau membawanya dengan satu bahu saja. Dengan tas jenis ini Anda hanya bisa membawa matras saja, tidak dengan yang lain.

 

2. Sling yoga bag


Jenis tas matras yoga ini memiliki fungsi di bagian atas untuk menyimpan matras Anda. Sedangkan, bagian dalamnya digunakan untuk menyimpan beberapa barang Anda yang lainnya.

Tali pembungkus di bagian atas tas akan menyimpan matras Anda dengan sangat aman. Dengan desain seperti tali selempang masih menawarkan kantong penyimpanan eksternal kecil untuk kebutuhan. Tas ini sangat tahan lama dan sempurna untuk minimalis saat bepergian.

 

3. Duffle bag


Sumber gambar: wellandgood.com

Duffle bag sangat cocok sekali digunakan untuk Anda yang berencana membawa banyak barang dalam satu tas. Tas ini menawarkan beberapa kantong dengan elastis dan resleting di dalam dan di luar tas untuk menampung semua kebutuhan Anda. Bahkan, tas ini cocok untuk sebagian besar ukuran matras yoga

 

4. Backpack


Sumber gambar: facebook.com

Sejauh ini yang paling fungsional dari semua jenis tas matras yoga adalah backpack.  Tas ini dapat menampung hampir semua hal dan mengikat matras yoga dengan aman di bawahnya. Memberikan banyak kemudahan untuk digunakan, sangat praktis dan dapat menangani hampir semua hal. Sempurna untuk yoga luar ruangan atau jika Anda berlarian dan membutuhkan sesuatu yang dapat mengimbangi Anda.




Alasan Anda membutuhkan tas matras yoga

Tas matras yoga berfungsi sebagai uluran tangan ekstra untuk merapikan matras dan digunakan untuk membawa matras yoga ke tempat latihan atau ke rumah setelah Anda selesai berolahraga. Membawa matras yoga ke tempat latihan bukanlah hal yang ideal karena Anda pasti tahu betapa canggung dan beratnya matras, terutama jika Anda juga membawa aksesori seperti handuk dan perlengkapan lainnya. Memiliki tas matras yoga dapat meringankan kerumitan dan kerepotan Anda saat membawa matras dan perlengkapan yoga lainnya saat akan latihan dan selesai latihan.


Pertimbangan dalam membeli tas matras yoga


Memilih tas matras yoga bisa menjadi hal yang sulit karena ada banyak jenis yang perlu dipertimbangkan. Untuk mempersempit dan juga memudahkan Anda nanti, penting untuk Anda memikirkan jenis yoga apa yang Anda sukai, seperti apa gaya hidup Anda, dan apa yang ingin Anda bawa ke tempat latihan yoga? Setelah itu, Anda bisa mempertimbangkan hal lainnya dari daftar berikut.

1. Ukuran

Ukuran tas matras yoga adalah faktor terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum membelinya. Terkait ukuran tentunya tergantung dari jenis dan ukuran matras yoga yang Anda gunakan.

Sebagian besar matras yoga memiliki lebar sekitar 28 inci dan membutuhkan kedalaman sekitar 6 inci agar sesuai dengan tas. Beberapa matras lebih besar dari yang lain, jadi cek ukuran matras Anda sebelum membeli untuk memastikan Anda mendapatkan ukuran tas yang tepat.

 

2. Bahan

Sama halnya seperti matras yoga, tas matras yoga pun memiliki bahan yang berbeda satu sama lain. Bagi Anda bahan tas mungkin tidak terlalu diambil pusing, tapi jika diabaikan akan menimbulkan beberapa masalah. Misalnya saja, matras yoga dengan klaim eco-friendly memungkinkan untuk memerlukan tas yang memiliki ventilasi udara yang lebih baik karena matras jenis ini rentan sekali menampung banyak bakteri.

Oleh karena itu Anda harus bisa memilih bahan yang bagus. Setidaknya bahan tas harus memiliki sifat yang tahan lama, tahan air dan tahan terhadap bau.

 

3. Fungsi

Ketika Anda memilih tas, atau bahkan menemukan tas matras yoga yang paling cocok untuk Anda, mungkin Anda akan tergoda untuk memilih tas yang paling menarik perhatian. Namun, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan tergantung pada gaya hidup dan jenis latihan Anda. Penting untuk memastikan memilih tas matras yoga yang nyaman dan memenuhi kebutuhan Anda.

Misalnya, jika Anda berencana untuk mengambil kelas yoga setelah bekerja, maka mungkin Anda membutuhkan tas untuk menyimpan semua barang-barang. Atau, mungkin juga Anda hanya ingin membawa matras saja secara simpel dengan tali yang sederhana. Semua itu tergantung pada kebutuhan.

 

4. Tali

Item lain yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pembelian adalah kualitas tali pengikat. Tali yang bisa dipakai seperti ransel lebih disukai, tetapi versi over-the-shoulder sudah cukup. Tali pengikat juga harus diberi bantalan dan diperkuat untuk mencegahnya putus.

 

5. Kantong

Tas yoga yang Anda beli harus memiliki banyak kantong. Artinya, Anda dapat memiliki beberapa kantong ekstra untuk menyimpan kunci, ponsel, dan barang berharga lainnya jika memang anda membutuhkan tas yoga untuk memuat bukan hanya sekedar matras saja.

 

6. Desain

Desain tas juga tidak kalah pentingnya untuk Anda. Namun, Anda harus memikirkan tujuan dan kebutuhan tas untuk Anda yoga. Jika Anda ingin memiliki tas yang bisa membawa banyak barang, maka pilih tas yang lebih luas dan memiliki beberapa kantong untuk memudahkan Anda dalam penyimpanan. Sebaliknya, jika Anda menginginkan hal yang simple dengan hanya ingin membawa matras saja, maka pilih tas yang hanya untuk menyimpan matras saja.

Perlu diketahui bahwa tas matras yoga yang cocok untuk Anda adalah tas yang dapat mengimbangi gaya hidup dan rutinitas Anda. Melihat lebih dalam pada kebiasaan, atau rutinitas yang Anda lakukan adalah faktor yang harus dipertimbangkan. Termasuk juga tempat Anda latihan yoga nanti. Pertimbangan ini mungkin berlebihan, tapi jika Anda meluangkan waktu untuk memikirkan situasi ini, Anda bisa menemukan matras yoga yang tepat.

Brand kami, sebagai brand lokal di bidang olahraga menyediakan tas matras yoga dan berbagai jenis tas lainnya. Anda bisa melihat langsung jenis yang tersedia melalui website ini, atau marketplace yang tersedia.

 

Referensi:

Outdoorsportsfun. Best Yoga Mat Bags 2021 Include Buying Guide.

Yogapractice. How To Choose The Perfect Yoga Mat Bag For Easy Travel To And From Studio.

Doyou. Yoga Mat and Bag: Make the Right Pick.