Blog

Info
Image

Suka Backpackeran? Ini 7 Skill yang Wajib Di Kuasai!

January 15th, 2020

sfidnfits.com – Dewasa ini, aktivitas traveling tidak melalu harus menghabiskan budget yang banyak dan berfasilitas mewah. Saat ini, justru banyak orang yang lebih memilih berlibur ala backpacker, dengan tas ransel dan uang secukupnya saja. Namun, seorang backpacker memerlukan beberapa skill, berikut ini adalah 5 skill yang wajib Anda kuasai jika Anda berminat menjadi backpacker.

 

1. Packing


Packing atau mengemas segala kebutuhan liburan di tas adalah skill pertama yang harus dikuasai. Menjadi seorang backpacker harus dilakukan dengan kebutuhan yang sederhana. Oleh karenanya, skill ini sangatlah penting. Berdasarkan pengalaman para backpacker, cara terbaik dalam melakukan packing adalah dengan menggulung baju. Cara ini akan memberikan lebih banyak ruang di tas, dan tidak akan membuat baju menjadi kusut.

 

2. Menumpang 


Menjelajahi Indonesia atau berlibur ke luar negeri membutuhkan banyak sekali biaya. Menghabiskan uang hanya untuk transportasi tentu sangat disayangkan. Setiap backpacker harus memiliki bakat menumpang atau nebeng untuk bisa menghemat pengeluaran uangnya, dan Anda juga harus bisa menguasai teknik ini.

 

3. Mencari Tiket Promo Murah


Jika Anda ingin jalan-jalan dengan biaya yang murah, maka Anda wajib menguasai trik dalam mendapatkan tiket yang murah, baik itu tiket kereta, bus, pesawat, hotel, dll. Anda bisa menginstall aplikasi pemesanan tiket di ponsel agar bisa mendapatkan potongan harga untuk booking jauh hari sebelum keberangkatan. Dengan aplikasi pemesanan tiket juga Anda bisa lebih mudah membandingkan harga tiket. Rencanakanlah keberangkatan Anda minimal 3 bulan sebelumnya, untuk harga yang lebih murah lagi Anda bisa memesan tiket 1 tahun sebelum keberangkatan. Hal tersebut terbukti efektif dalam mendapatkan tiket yang murah.

 

4. Menghemat uang


Dalam menjelajahi setiap daerah, sudah pasti Anda ingin mengunjungi beberapa spot unik di daerah tersebut. Mulai dari spot yang memang berbayar, kuliner khas, hingga oleh-oleh. Seluruh hal tersebut tentunya sangat menggoda untuk dibeli. Namun, Anda harus menahan godaan tersebut jika Anda adalah seorang backpacker. Coba ingat kembali tujuan jalan-jalan Anda, dan ingat juga sisa uang di dompet. Walaupun memang agak sulit, namun itulah tantangan yang harus dijalani backpacker. 

 

5. Perlindungan Diri


Keamanan merupakan sesuatu yang sangat tpenting dalam setiap perjalanan guna meminimalisir resiko di rampok. Oleh karenanya, waspadalah pada setiap bawaan Anda dan jangan lengah. Jika Anda tidak bisa melakukan bela diri, minimal Anda memiliki alat pertahanan diri yang ampuh untuk melindungi diri Anda.

 

6. Fotografi dan Videografi


Skill yang harus di miliki para backpacker tidak selamanya tentang ekonomi, skill fotografi dan juga videografi juga wajib anda miliki agar konten media sosial Anda disenangi banyak orang, siapa tahu nanti Anda mendapatkan sponsor untuk melakukan perjalanan backpacer yang lain. Jadi, pelajarilah skill ini jika Anda belum menguasainya.



 

7. Menyusun Jadwal Acara


Sebenarnya, ini adalah skill dasar yang wajib dimiliki mereka yang ingin berlibur. Namun, khusus Anda yang ingin menjadi seorang backpacker, maka Anda wajib menyusun jadwal acara sendiri, mulai dari tujuan liburan, kapan waktunya, berapa lama waktunya, bagaimana cara ke sana, dll. Berbagai hal ini harus dilakukan secara lebih jelas dan terperinci.

 

Itulah ke 7 skill yang harus Anda miliki jika ingin menjadi seorang backpacker untuk bisa menikmati liburan yang hemat, sederhana, dan penuh tantangan. Memang terlihat agak ribet, namun seperti itulah liburan ala backpacker.