Blog

Image

Sering Alergi saat Pakai Matras Yoga? Ini Cara Mengatasinya!

November 13th, 2020

sfidnfits.com - Di tengah pandemi COVID-19, aktivitas di dalam rumah meningkat. Salah satu aktivitas yang sering dilakukan di rumah adalah olahraga. Aktivitas olahraga di rumah cenderung mengandalkan matras yoga. 

Sebagian orang merasa bahwa matras yoga dapat menimbulkan alergi, seperti gatal atau membuat kulit kemerahan. Hal itu terjadi karena yoga mat yang digunakan untuk olahraga rentan terkena keringat hingga menimbulkan kuman dan bakteri. 

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda rutin mencuci matras yoga setelah olahraga. Berikut beberapa cara mencuci matras yoga. 


Cara Mencuci Matras Yoga dengan Mudah 


1. Tentukan waktu untuk mencuci matras yoga


Membersihkan matras yoga minimal dua kali dalam satu bulan sangat disarankan untuk menghindari kuman pada matras. Selain itu, mencuci matras yoga juga dapat mencegah bau. Semakin banyak noda yang terlihat, artinya matras harus cepat dibersihkan. Jika matras yoga sudah mengelupas, sebaiknya Anda membeli yoga mat baru. 


2. Rendam yoga mat dengan air hangat


Campurkan air hangat dengan detergen lembut secukupnya. Campurkan 1 sendok makan (15 ml) deterjen pakaian atau sabun cuci piring ke dalam 3,7 liter air hangat. Rendam matras yoga dan diamkan selama beberapa menit. Hal ini akan membantu matras yoga meninggalkan kotoran dan kuman. 


3. Bersihkan matras dengan kain


Setelah matras direndam, gunakan kain lembut untuk membersihkan kedua sisi matras. Bersihkan daerah yang sering Anda gunakan. Pastikan Anda membersihkannya dengan gerakan perlahan dan lembut agar matras yoga tidak terkelupas. 


4. Cuci matras dengan air bersih 


Jika telah direndam dan dibersihkan, cuci matras dengan air bersih. Hal ini dilakukan untuk menyingkirkan sisa sabun pada matras. 


5. Jemur matras di tempat kering


Sebaiknya, Anda tidak menjemur matras di bawah paparan sinar matahari langsung. Hal itu bisa mengakibatkan matras terkelupas. Pastikan kedua sisi yoga mat telah kering sebelum digunakan. 

Itulah cara mencuci matras yoga untuk menghindari alergi. Selain rutin membersihkan matras, Anda juga harus memilih bahan dasar yoga mat yang bagus agar terhindar dari alergi. Jenis bahan matras ramah lingkungan yang bisa Anda pilih, yaitu polyurethane (PU). Bahan matras ini juga tidak licin dan dapat mencegah kontaminasi kuman. 

Berbagai brand olahraga ternama kini berlomba-lomba menjual matras yoga. Sebagai brand lokal asal Indonesia, SFIDN FITS pun memproduksi produk FITS Matras Yoga Premium, matras yoga dengan bahan dasar ramah lingkungan. Matras yoga premium ini ditawarkan dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan beberapa brand olahraga lainnya.  




Produk matras ini anti air, tidak licin, dan mudah dibersihkan. Hal ini tentu membuat latihan Anda semakin maksimal. Hadir dengan beragam pilihan warna, seperti pink, hitam, dan abu, Anda bisa memilihnya sesuai selera.