Blog

Image

Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Matras Yoga?

January 22nd, 2021

sfidnfits.com - Yoga adalah olahraga dengan gerakan yang lembut. Meskipun demikian, hal tersebut tak menandakan bahwa matras yoga atau matras yang sering dijadikan alas saat olahraga yoga dapat bertahan seumur hidup. Secara umum, matras yoga harus diganti secara berkala agar tidak membahayakan yogi atau pegiat olahraga yoga. 

Berikut ini beberapa hal yang menandakan bahwa matras yoga Anda perlu diganti. 


Kapan Anda Harus Mengganti Matras Yoga?




Umur matras yoga bergantung pada kualitas matras dan seberapa sering Anda menggunakannya. Secara umum, matras yoga dapat bertahan sekitar satu tahun. Namun, hal itu tergantung pada jenis matras, irama latihan, dan gaya individu yang menggunakannya. 


Beberapa Tanda Anda Membutuhkan Matras Yoga Baru




1. Matras yoga semakin tipis


Salah satu tanda matras yoga harus diganti dapat dilihat dari ketebalan matras tersebut. Biasanya, hal ini dapat dirasakan oleh tangan dan kaki ketika latihan di atas matras. Jika Anda merasa matras yoga mulai membuat tangan dan kaki Anda sakit, saatnya Anda mengganti matras yoga. 


2. Yoga mat mulai terkelupas


Jika Anda mulai menyadari lapisan atas matras yoga terkelupas, saatnya Anda membeli matras yoga baru. Hal tersebut juga dapat ditandai dengan lubang kecil yang timbul pada matras yoga. Lapisan matras yoga yang terkelupas akan membahayakan gerakan yoga yang Anda lakukan, jadi sebaiknya Anda mengganti matras yoga. 


3. Anda merasa matras yoga mulai licin


Matras yoga berkualitas tinggi akan mencegah Anda tergelincir. Namun, jika yoga mat sering digunakan dan sudah masuk waktunya untuk diganti, matras yoga tersebut akan membuat Anda mudah tergelincir dan bergeser. Hal ini tentunya akan membahayakan Anda dan membuat cedera saat latihan.


4. Matras yoga bau dan tidak hilang saat dicuci


Jika Anda sudah rutin menggosok dan merawat matras yoga, namun matras tersebut masih berbau tidak sedap, sekarang saatnya Anda mencari penggantinya. 


Cara Membuat Matras Yoga agar Lebih Tahan Lama



Dalam hal kualitas dan umur penggunaan matras yoga, Anda bisa melihatnya pada bagian petunjuk perawatan dan pembersihan. Jadi, pastikan Anda membacanya terlebih dahulu sebelum menggunakan produk. 

Cara membersihkan matras yoga pun biasanya tertera di bagian petunjuk penggunaan. Sebaiknya, Anda mencuci yoga mat setelah digunakan atau minimal satu kali dalam seminggu. Selain dicuci, Anda juga bisa menyeka matras yoga dengan lap bersih. 

Itulah beberapa hal yang menandakan Anda perlu mengganti matras yoga. Pastikan Anda memilih kualitas yoga mat terbaik agar umur pemakaian bertahan lama.