Blog

Info
Image

Sarung Tangan Untuk Fitness, Perlukah?

October 3rd, 2019

sfidnfits.com – Sarung tangan adalah salah satu aksesoris olahraga yang paling banyak dikenakan orang di pusat kebugaran. Beberapa penggiat kebugaran bahkan tidak bisa berlatih tanpa aksesoris tangan ini. Sementara lainnya menilai bahwa penggunaan sarung tangan justru mengganggu performa latihan. Hal tersebut akhirnya menimbulkan pertanyaan. Apakah sarung tangan memang diperlukan saat fitness? Sebelum menjawab hal tersebut, mari ketahui lebih dulu apa saja manfaat yang bisa diberikan dari penggunaannya.

Meningkatkan Cengkeraman Tangan


Ketika berolahraga, semua bagian tubuh menjadi berkeringat, tak terkecuali telapak tangan. Hal ini tentu berbahaya apabila kita melakukan pull-up atau angkat beban. Kita bisa saja terjatuh atau beban tergelincir dari pegangan tangan. Dalam hal ini, sarung tangan akan berperan meningkatkan cengkeraman.

Mengurangi Resiko Tangan Terluka


Mengangkat beban, terutama dalam jangka waktu yang panjang, dapat menimbulkan kapalan atau luka lepuh di telapak tangan. Hal ini tentu bisa mengganggu penampilan dan menurunkan performa latihan, sebab rasa tidak nyaman atau sakit yang ditimbulkan. Oleh karena itu, penggunaan sarung tangan sangatlah diperlukan. Sarung tangan akan meminimalisir resiko tersebut dengan mengurangi gesekan antara tangan dan beban.

Mendukung Kinerja Pergelangan Tangan


Sebagian besar sarung tangan fitness juga didesain untuk melingkari pergelangan tangan. Bukan tanpa alasan, hal ini bertujuan memberikan dukungan terhadap pergelangan tangan selagi mengangkat beban. Material bahan yang digunakan pada sarung tangan pun berperan layaknya ligamen dan tendon tambahan. Dengan begitu, resiko cedera pergelangan tangan dapat diturunkan.

Meningkatkan Kekuatan


Sarung tangan yang melindungi pergelangan tangan juga mampu meningkatkan kekuatan. Hal ini dilakukan dengan mendistribusikan berat beban ke lengan sehingga berat tidak hanya bertumpu di jari dan telapak tangan. Ini tentu sangat efektif dalam pelatihan seperti deadlift dan upright row. Sejalan dengan itu, penggunaan sarung tangan juga akan memungkinkan kita untuk mengangkat beban lebih berat dari biasanya.

Meningkatkan Performa Latihan


Melalui serangkaian manfaat yang meliputi meningkatkan cengkeraman tangan dan kekuatan, melindungi tangan, serta mendukung kinerja pergelangan tangan, sarung tangan akan membantu pergerakan tanganmu menjadi teratur. Dengan begitu, performa latihan akan meningkat secara keseluruhan.

Jadi, jika ditanya apakah sarung tangan diperlukan, jawabannya diperlukan. Namun, hal ini tidak terlepas dari tingkat kenyamanan yang diberikan. Sarung tangan yang tidak dibangun dengan kualitas mumpuni, bukan tidak mungkin justru akan menurunkan performa latihan. FITS Microfiber Gloves adalah salah satu sarung tangan yang direkomendasikan karena dibuat dengan material berkualitas sehingga mampu memberikan kenyamanan sekaligus meningkatkan performa latihan.