Blog

Image

Sambut HAORNAS, Ini Sejarah dan Tema Perayaan di Tahun 2022

September 9th, 2022

sfidnfits.com – Tepatnya hari ini, jumat 9 September 2022, masyarakat olahraga Indonesia kembali memperingati Hari Olahraga Nasional atau Haornas.

Peringatan tersebut adalah wujud nyata kepedulian pemerintah untuk meningkatkan rasa sportivitas masyarakat Indonesia.


Sambut HAORNAS, Ini Sejarah dan Tema Perayaan di Tahun 2022


Ada pun penetapan 9 September sebagai Haornas tidak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948 silam.

Lantas, bagaimana sejarah lengkapnya hingga adanya penetapan ini? Mari simak informasinya di bawah ini.


Sejarah penetapan Haornas


Tahukah kamu, bahwa awal pencetusan Haornas itu ada kaitannya dengan peristiwa yang dialami  para atlet Indonesia saat hendak ikut serta dalam Olimpiade Musim Panas 1948 di London, Inggris.

Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) sudah mempersiapkan sederet atlet terbaik untuk mewakili Indonesia di ajang olahraga 4 tahun sekali tersebut. Namun, hal tersebut gagal lantaran Inggris tidak mengakui paspor atlet Indonesia.

Ini terjadi karena pada saat itu, Indonesia baru saja merdeka. Status kenegaraannya masih belum jelas di kancah internasional dan masih berada di bawah pengaruh Belanda.

Saat itu dunia belum sepenuhnya mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia. Belum lagi ditambah pada saat itu, PORI belum terdaftar sebagai anggota International Olympic Committee (IOC).

Para atlet hanya bisa ikut bila menggunakan paspor Belanda. Namun, mereka enggan melakukannya karena ingin mewakili Indonesia, bukan negara lain di ajang olimpiade tersebut.

Pada akhirnya, atlet-atlet tersebut ditolak untuk berpartisipasi dalam Olimpiade XIV/1948. Sebagai gantinya, PORI menyelenggarakan sebuah acara olahraga bertaraf nasional yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional (PON), yang digelar di Stadion Sriwedari Surakarta, Solo, sejak tanggal 9–12 September 1948.

Adapun tujuan pengadaan PON yang pertama ini adalah untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan sebuah pesta olahraga berskala nasional.

Namun, dalam pelaksanaannya tentu tidak berjalan mulus karena banyak masalah yang muncul. Mulai dari dana yang terbatas, persiapan yang singkat, hingga keberadaan pihak kolonial Belanda yang menjaga wilayah-wilayah penting di Indonesia.

Selain itu juga, adanya Perjanjian Renville antara Indonesia dengan Belanda menyebabkan teritorial wilayah Indonesia semakin sempit. Meski demikian, PON I tetap berhasil berjalan dan dibuka berkat Presiden Soekarno.

Pekan olahraga ini juga disambut meriah oleh para atlet Tanah Air. Sebagai cara untuk mengenang kompetisi olahraga nasional pertama tersebut, maka dicetuskanlah tanggal 9 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Momen itu makin kuat dengan lahirnya Keppres No.67/1985 bahwa perayaan Haornas yang sudah dicanangkan pada 1983 itu diputuskan dilaksanakan setiap 9 September.

 



Tema perayaan Haornas ke-39 di tahun 2022


Ilustrasi konfigurasi perayaan Haornas ke-39 (republika.co.id)

Tema untuk merayakan Haornas ke-39 di tahun 2022 ini adalah 'Bersama Cetak Juara'.

Tema tersebut diusung sejalan dengan tujuan semangat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), yang mana ujung dari sebuah pembinaan olahraga adalah mencetak juara di kancah internasional, seperti Olimpiade serta kejuaraan dunia.

Sementara itu, semangat mencetak juara diimplementasikan melalui kerjasama, kolaborasi, sinergi.

Pada DBON juga disebutkan, terdapat 17 Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi serta seluruh Kabupaten/Kota yakni 517, harus bersama-sama bergerak dalam mencetak atlet-atlet tangguh yang mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Batakan di Balikpapan dipilih sebagai lokasi puncak Haornas pada tahun 2022 ini. Dipilihnya Stadion Batakan sebagai venue puncak Haornas 2022 adalah sebagai penegas kepada seluruh masyarakat Indonesia akan komitmen pemerintah dalam menyukseskan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Rencananya, perayaan ini akan ada sajian yang meriah untuk merayakan Haornas secara outdoor, setelah dua tahun terakhir dilaksanakan dengan indoor karena ada pandemi Covid-19.

 

Cara asyik merayakan Haornas


Nah, karena hari ini adalah Hari Olahraga Nasional, kamu juga bisa ikut andil merayakannya. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga hari ini.

Namun, bukan berarti kamu hanya melakukannya untuk hari ini saja. Kamu bisa mulai menerapkan kebiasaan hidup sehat dengan memasukan olahraga ke dalam rutinitas harianmu.

Dan, kamu juga harus ingat nih olahraga itu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Biar kamu semangat berolahraga, ada beberapa tips biar kamu mau melakukannya dan merasa senang menjalaninya:

· Pilih olahraga yang kamu suka

· Pilih waktu olahraga yang tepat

· Tetapkan tujuan untuk setiap latihan

· Gunakan personal trainer

· Jangan pernah membandingkan latihanmu dengan orang lain

· Dengarkan musik selama olahraga

· Ajak teman untuk berolahraga bersama

· Tambahkan variasi ke dalam sesi latihan

Sejarah Haornas memang cukup panjang, dan akhirnya dapat ditetapkan sebagai perayaan nasional agar kita semua bisa meningkatkan jiwa sportivitas dalam diri kita. Untuk itu, mulailah berolahraga dan dapatkan manfaat yang besar darinya!

 

Referensi:

IDNTimes, (2022). 9 September Hari Olahraga Nasional: Sejarah Haornas.

Jpnn, (2022). Sejarah Haornas: Dicanangkan Pada 1983, Keppres Baru Terbit 1985.

Kompasiana, (2022). Haornas ke-39 Tahun 2022: Bersama Cetak Juara.

Suara, (2022). Haornas 2022: Sejarah, Tema Perayaan dan Link Download Logonya.