Blog

Image

Running Belt: Fungsi, Keuntungan dan Panduan Memilihnya

April 7th, 2022

sfidnfits.com – Bagi seseorang yang menyukai olahraga lari, kenyamanan adalah nomor satu yang ia pegang. Berbagai macam aksesoris lari pasti dimiliki demi menunjang kenyamanan, performa dan rasa aman juga. Mulai dari ransel, dompet tangan hingga headband, dan masih banyak lagi aksesoris lari di luar sana dengan berbagai macam model yang menarik.

Salah satu aksesoris lari yang paling populer saat ini adalah running belt, atau sabuk lari. Belt ini akan memberikan kebebasan untuk berlari dalam waktu lama tanpa perlu berhenti karena suatu kendala.

Populer, nyaman dan memberikan kebebasan dalam aktivitas larimu, tentunya aksesoris ini menarik, bukan? Namun, sebelum membeli pastikan dulu kamu paham tentang detail aksesoris ini dari mulai fungsi hingga cara pakainya. Selengkapnya tentang running belt akan dibahas di sini!

 

Running Belt: Fungsi, Keuntungan dan Panduan Memilihnya


Apa itu running belt?


Running belt adalah lipatan yang mengikat pinggangmu dan fungsinya sangat mirip dengan armband. Tujuan utamanya adalah untuk menyimpan barang-barang selama kamu berlari atau berolahraga.

Meskipun running belt dapat memiliki fungsi lain, seperti membawa botol air, tapi yang paling utama adalah untuk menyimpan ponsel, kunci, dompet dan barang kecil lainnya saat kamu berlari dengan aman dan bebas pantulan.

Running belt ini juga memudahkan pelari untuk mengeluarkan barang-barang dari tempatnya saat bergerak dan benar-benar bisa menjadi aksesoris yang meningkatkan kenyamananmu saat berlari.

 

Fungsi running belt


Sumber gambar: fitletic.com

Running belt berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang-barangmu saat kamu berlari. Umumnya, running belt ini hanya menyimpan barang-barang yang kecil, seperti dompet, handphone, kunci dan yang lainnya.

Meski begitu, bagian kantong dari belt ini dapat diperlebar dan menyimpan lebih banyak barang-barangmu, kadangkala juga dilengkapi dengan kantong luar untuk menyimpan botol minum.

Menggunakannya akan meningkatkan kinerjamu saat berlari dengan kenyamanan yang diberikan tanpa membuat barang yang kamu bawa memantul sehingga kamu dapat berlari jauh dengan bebas tanpa gangguan.

 

Keuntungan menggunakan running belt


Sumber gambar: fitletic.com

Meskipun running backpack berguna untuk membawa barang dalam jumlah besar, tapi tas ini cukup besar untuk aksesori lari. Running belt adalah keseimbangan sempurna antara ringan dan fungsionalitas, yang menjadikannya sebagai aksesori lari favorit bagi banyak pelari yang sering berlari.

Berikut ini dijelaskan keuntungan menggunakan running belt:

1. Running belt menyediakan ruang saku yang aman

Pakaian lari cenderung kekurangan kantong, bahkan memiliki sedikit ruang untuk menyimpan barang bawaanmu, dan di sinilah running belt berguna.

Running belt akan sangat membantu jika kamu akan berlari lebih lama atau berpartisipasi dalam marathon karena kamu pasti akan membutuhkan lebih banyak ruang saku daripada yang ditawarkan pakaian lari biasa.

 

2. Harganya cukup terjangkau

Harga running belt cukup murah untuk nilai kegunaan yang dimilikinya. Kamu menemukan belt berkualitas tinggi mulai dari harga Rp. 50.000 – Rp. 150.00 saja.

Tentu saja, ini adalah harga yang cukup murah, tapi disarankan juga agar kamu lebih berinvestasi pada kualitas agar belt bisa dipakai lebih lama, terutama jika kamu berlari lebih dari 5 km setiap hari.

 

3. Running belt akan terasa nyaman saat kamu berlari

Running belt memiliki ukuran yang pas di pinggang dan ini membiarkan tanganmu bebas saat berlari. Memegang barang-barang di tangan bisa sangat cepat melelahkan, belum lagi barang-barang akan mulai basah oleh keringat dan menjadi licin. Untuk itulah, running belt berfungsi untuk menyimpan barang bawaanmu.

 

4. Dapat membawa peralatan P3K apa pun yang mungkin kamu perlukan

Pelari yang berdedikasi berlatih di mana-mana, dari jalanan hingga hutan, kecelakaan bisa terjadi dan akan selalu baik untuk menyiapkan semuanya.

Jika kamu berlari di hutan dan tergores, membawa peralatan P3K bersamamu adalah keputusan yang sangat cerdas.

Kamu bisa mendapatkan kotak P3K kecil misalnya, dan membawa barang-barang penting itu ke running belt sehingga mereka selalu bersama saat kamu berlari.

 

5. Memakai running belt secara langsung membantu dalam membangun kekuatan mentalmu

Running belt dapat menghilangkan gangguan dari latihanmu. Dengan demikian, alat ini membantu melatih pikiranmu dan mendisiplinkannya. Bantuan ekstra ini akan membuatmu lebih memusatkan pikiran pada apa yang kamu lakukan.

 

6. Menjaga larimu tetap fokus dengan menghilangkan gangguan apa pun

Tetap fokus pada lari bisa jadi sulit jika kamu terus-menerus harus memperhatikan barang milikimu yang kamu bawa. Running belt menyimpan semua yang kamu butuhkan di satu tempat, dan ini menghilangkan gangguan saat kamu berlari.

 

7. Menjaga perangkat digital tetap aman dan mudah dijangkau pada saat yang bersamaan

Kebanyakan pelari suka mendengarkan musik atau podcast sambil berlari, tetapi banyak pemula akan meninggalkan smartphone mereka di rumah karena takut akan jatuh dari saku mereka atau rusak karena hujan. Running belt dapat melindungi perangkatmu sehingga kamu dapat mendengarkan musik melalui headphone nirkabel.

 

8. Menggunakan running belt bisa menjadi gaya yang menakjubkan

Running belt memiliki pasar yang luas, yang berarti memiliki berbagai pilihan.  Banyak desain, warna dan aksesoris lainnya dengan banyak fitur menarik yang menunjang gaya saat kamu berlari.

Itu juga berarti kamu bisa mendapatkan running belt yang kamu sukai. Kamu bisa memilih dan temukan gayamu sendiri saat berlari.

 



Cara menggunakan running belt

Cara menggunakan running belt cukup mudah sekali, kamu bisa melakukannya dari melihat video di bawah ini:


Sumber youtube: Lamikala


Panduan memilih running belt


Sumber gambar: yahoo.com

Mencari running belt baru mungkin tampak seperti tugas yang cukup mudah, tetapi kamu tidak boleh asal memilihnya. Pasalnya, memilih running belt itu memerlukan beberapa detail untuk diperhatikan dengan baik. Nah, berikut ini kami jelaskan lebih detail panduan memilih running belt:

1. Temukan running belt yang pas

Posisi yang ideal untuk running belt adalah dengan kantong di depan, diposisikan rendah dan di bagian terluas pinggulmu. Pastikan kamu mengukur pinggulmu terlebih dahulu untuk memastikan kamu menemukan running belt dengan ukuran yang tepat.

Akan lebih baik jika kamu menemukan running belt dengan tali yang dapat disesuaikan karena kamu dapat menyesuaikannya dengan mudah sehingga nyaman dan pas di tubuhmu dan tidak akan terpental saat kamu berlari.

Fitur lain yang harus dicari adalah gripper silikon. Hal ini untuk mencegah running belt-mu memantul dan membantu mencegah lecet. Terakhir, perhatikan apakah desain belt memiliki desain lebar merata sehingga meminimalkan saat kamu berlari.

 

2. Cari running belt yang memiliki fitur untuk menyimpan air minum

Tetap terhidrasi saat kamu berlari atau berlatih untuk balapan besar itu sangat penting. Ini membantu mengurangi kemungkinan kelelahan, sengatan panas, dan dehidrasi. Dan, itu tergantung pada kebutuhan hidrasimu dan berapa lama kamu berencana untuk berlari.

Di sinilah, pentingnya kamu memeprtimbangkan ruang penyimpanan dalam running belt, apakah memerlukan yang luas atau yang kecil? Pilihlah running belt yang bisa menyimpan minuman, atau setidaknya menyimpan botol air minum kecil. Biasanya di pasaran ada running belt yang dilengkapi kantong untuk botol minum dan ada juga fitur untuk mencantolkan minumanmu.

 

3. Perhatikan ukuran kantong

Tidak ada lari yang lengkap tanpa smartphone di tangan untuk aplikasi musik dan kebugaran. Dan, jika kamu hanya ingin membawa sedikit lebih banyak, kamu mungkin juga ingin kantong yang lebih besar untuk menampung bahan bakar tambahan, seperti protein bar, kartu, dan uang tunai. Intinya, pastikan bahwa ukuran kantong running belt sesuai dengan fitur yang kamu inginkan untuk menyimpan barang bawaanmu.

 

4. Perhatikan jenis bahan

Penting untuk memeriksa bahan apa yang digunakan untuk running belt karena beberapa lebih efektif dalam mengatur panas dan mencegah keringat merembes.

Cari tahu bahan apa yang bagus dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Pastikan bahwa running belt yang akan kamu beli juga tahan air untuk melindungi barang berharga yang kamu bawa.

Itulah pembahasan lengkap tentang running belt. Pastikan kamu memilih yang tepat, nyaman dipakai dan tidak mengganggumu saat kamu berlari. Terkait memilih running belt berkualitas, kamu bisa melihat koleksi produk kami. Detail lengkapnya bisa kamu lihat di sini!

 

Referensi:

Outdoorfitlab. Tips on How to Wear a Running Belt.

Outdoorfitlab. 11 Benefits of a Running Belt.

Fitletic. 5 Top Tips For Choosing a Running Belt.

Truismfitness, (2021). 6 Benefits of a Running Belt and How to Use Them.

Swimoutlet. Understanding Running Belts and Pouches.