Blog

Image

Resistance Band 101: Manfaat dan Cara Penggunaan

July 1st, 2021

sfidnfits.com Pada dasarnya, melakukan olahraga bertujuan untuk membuat tubuh menjadi sehat, fit dan tidak mudah lelah. Namun, semakin berkembangnya zaman olahraga tidak hanya dilakukan untuk membuat tubuh menjadi sehat saja, tapi juga untuk membentuk otot tubuh dan dijadikan sebagai gaya hidup masyarakat modern.

Berolahraga untuk membentuk otot tubuh, tentunya tidak dilakukan dengan asal-asalan saja, perlu adanya usaha, intensitas olahraga yang tinggi dan perlengkapan untuk membentuk otot. Salah satu perlengkapan olahraga  yang bisa membentuk otot tubuh adalah resistance band. Banyak kalangan atlet dan olahragawan yang melakukan olahraga dengan bantuan resistance band ini.

Lantas, apa sih resistance band? Anda bisa mengetahuinya melalui pembahasan di bawah ini. Let's cek it out!


Resistance Band 101 : Manfaat dan Cara Penggunaan


Pengertian resistance band


Resistance band adalah adalah pita elastis elastis ringan yang digunakan untuk penguatan dan mobilisasi otot. Resistance band ini telah ada sejak dulu, mungkin sejak awal abad ke-20 dan seharusnya tidak asing bagi kebanyakan dari kita.

Ukuran, warna, dan tingkat ketahanan yang berbeda dari pita ini menawarkan berbagai variasi latihan. Ini akan membantu menargetkan semua jenis kelompok otot untuk mendapatkan keterlibatan otot penuh untuk memastikan latihan yang efektif.


Jenis resistance band

Resistance band tidak hanya tersedia dalam satu macam saja, tapi ada beberapa jenisnya dan bisa divariasikan dengan segala bentuk latihan. Anda bisa mengetahuinya jenis resistance band berikut ini.

1. Flat bands


Sumber gambar flat tubes ; setforset.com

Flat bands adalah salah satu jenis resistance band yang paling banyak digunakan, murah dan bentuknya seperti karet gelang yang datar. Flat bands tidak memiliki pegangan, tetapi memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Semua tingkat ketahanan pada flats band ini biasanya diberi kode warna, tetapi Anda dapat mengetahui mana yang akan memberikan lebih banyak atau lebih sedikit hambatan dari lebar masing-masing pita. Flat bands umumnya dikenal dengan nama therapy flat resistance band.

2. Pull up bands


Sumber gambar pull up bands ; setforset.com

Sesuai dengan namanya, resistance band dengan jenis pull up bands adalah resistance yang biasanya digunakan untuk melakukan pull up saat berolahraga. Anda yang sering pergi ke tempat gym, pull up bands mungkin menjadi resistance band yang sering Anda lihat. Bahkan, pull up band ini sering digunakan oleh mereka yang suka berolahraga. Pull-up bands memiliki keunggulan dibandingkan flat band.

Pull up band memiliki lebih banyak potensi dalam membangun otot dan melakukan lebih banyak variasi gerakan karena pull up band menambahkan lebih banyak resistensi pada latihan dengan ketebalannya.

3. Resistance tube


Sumber gambar resistance tube ; setforset.com

Resistance tube memiliki tampilan berbeda, yakni resistance jenis ini memiliki pegangan pada sisinya, atau yang biasa disebut tube. Dalam hal latihan, pegangan pada resistance tube memberikan keuntungan karena dapat ditempatkan di mana saja dan membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan latihan.

4. Figure 8 bands


Sumber gambar figure 8 bands ; setforset.com

Figure 8 bands adalah salah satu dari berbagai jenis pita resistensi yang mudah digunakan tanpa peralatan yang menyertainya. Seperti namanya, bentuk resistance ini menyerupai angka 8 dan terdapat built-in grip yang akan memudahkan saat latihan. Jenis ini juga mudah digunakan secara umum dan merupakan pilihan yang sangat baik bagi pemula. Panjangnya yang pendek memungkinkan kontrol yang lebih besar sehingga pemula biasanya melihat hasil lebih cepat dengan menggunakan resistance band jenis figure 8 bands ini.

5. Lateral resistance band


Sumber gambar lateral resistance band ; amazon.in

Yang satu ini memiliki penampilan yang unik dan terlihat sedikit lebih keras saat melihatnya pertama kali. Namun, jangan khawatir, teksturnya yang mewah hanyalah selongsong pelindung untuk tube di dalamnya.

Perbedaan utama antara lateral resistance band dan pull-up bands atau flat adalah bahwa mereka memiliki tali, dan dirancang untuk menargetkan tubuh bagian bawah.

Tali pada pita lateral dirancang agar sesuai dengan pergelangan kaki dan latihan tubuh bagian bawah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan stabilitas di bagian samping tubuh bagian bawah.


Cara menggunakan resistance band

Resistance band bisa digunakan untuk berbagai macam latihan. Anda bisa mencobanya dengan melakukan beberapa latihan di bawah ini :

1. Ankle jumping jacks


Sumber gambar ankle jumping jacks : usa.inquirer.net

Cara melakukannya :

·  Pasang resistance band di sekitar pergelangan kaki

·  Berdiri dalam posisi seperempat jongkok, kaki selebar pinggul, tangan di dada

·  Lompatkan kaki Anda keluar & masuk. Lakukan sebanyak 20 kali dan ulangi lagi.

2. Supinated clamshell


Sumber gambar supinated clamshell : usa.inquirer.net

Cara melakukannya :

·  Lingkarkan resistance band di sekitar kaki di atas lutut

·  Berbaring telentang, sementara pinggul dan lutut menekuk hingga 90 derajat

·  Tarik lutut terpisah sambil mengkontraksikan glutes selama 2 detik

·  Kembali ke posisi awal dan ulangi lagi

3. Fire hydrants


Sumber gambar fire hydrants : usa.inquirer.net

Cara melakukannya :

· Tempatkan resistance band tepat di atas lutut. Mulailah dengan posisi merangkak dengan tangan di bawah bahu & lutut di bawah pinggul

· Tanpa menggeser pinggul, angkat lutut kiri ke samping

· Perlahan kembali ke posisi awal untuk 1 repetisi

· Beralih sisi dan ulangi lagi, begitupun seterusnya.

4. Upper back firmers


Sumber gambar upper back firmers : usa.inquirer.net

Cara melakukannya :

· Pegang resistance band dengan kedua tangan, posisi harus lurus di depan dada Anda

· Kemudian tarik resistance band secara merata, sampai kedua lengan Anda keluar dari sisi tubuh Anda, seperti salib

· Tahan posisi ini selama beberapa detik, lalu perlahan-lahan lepaskan

· Ulangi beberapa kali sesuai yang Anda inginkan

5. Resistance Band Bent-Over Row


Sumber gambar resistance band bent-over row : usa.inquirer.net

Cara melakukan :

·  Berdiri di atas resistance band, tetapi kaki harus selebar pinggul. Pegang satu ujung di masing-masing tangan secara berdampingan, telapak tangan Anda harus menghadap satu sama lain. Lutut perlu ditekuk sedikit saja. Bagian belakang harus rata dengan lengan lurus, dan tangan di bawah bahu

·  Tekuk siku untuk menarik resistance band ke dada, jaga siku tetap dekat dengan tubuh

·    Perlahan luruskan lengan Anda dan turunkan tangan Anda ke posisi awal

Semua cara di atas bisa Anda pakai untuk menggunakan resistance band saat latihan.




Manfaat resistance band


Aksesoris resistance band adalah pilihan yang nyaman bagi semua orang dengan segala usia dengan tingkat kebugaran yang berbeda-beda. Latihan menggunakan resistance band sangatlah efektif dan memberikan banyak manfaat. Anda bisa mengetahui banyaknya manfaat resistance band di bawah ini.

1. Beradaptasi dengan mudah untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Resistance band tersedia dalam beberapa level resistensi dari yang paling ringan sampai yang berat. Anda dapat menyesuaikan semua level kekuatan resistensi selama latihan hanya dengan mengendurkan dan memperkuatnya pada band, serta dapat menggabungkan beberapa band resistensi untuk meningkatkan tantangan.

2. Latihan bisa dimodifikasi dengan mudah

Berolahraga dengan menggunakan resistance band bisa memudahkan latihan yang Anda lakukan. Anda bisa memvariasikan gaya sesuai dengan keinginan Anda.

3. Melatih seluruh tubuh

Banyaknya jenis resistance band membuat Anda bisa melakukan semua bentuk latihan. Tidak hanya fokus pada lengan dan kaki saja. Banyak jenis resistance band yang digunakan untuk melatih otot seluruh tubuh. Jika semua otot dalam tubuh Anda latih, maka bukan hal yang mustahil bila akhirnya nanti Anda memiliki tubuh yang atletis.

4. Hemat ruang penyimpanan

Bila Anda tidak memiliki banyak ruang untuk gym di rumah, resistance band adalah pilihan bagus yang disimpan di ruang yang sangat kecil. Anda dapat menggantungnya di pengait dinding setelah berolahraga, atau menggulungnya untuk disimpan di dalam kotak atau laci.

5. Olahraga aman yang dilakukan seorang diri

Resistance band menawarkan latihan kekuatan tanpa risiko menjatuhkan beban berat di kaki atau jari Anda yang membuatnya terjepit di antara pelat beban. Itu membuat resistance band ideal digunakan untuk berolahraga ketika Anda tidak memiliki pelatih pribadi.

6. Resistance band bisa digunakan dengan alat olahraga lainnya

Sementara resistance band bekerja baik dengan sendirinya, alat ini juga dapat dikombinasikan dengan peralatan olahraga lainnya. Melakukan bicep curl dengan resistance band dan dumbbell akan memberi Anda manfaat gabungan dari setiap jenis peralatan.


Rekomendasi resistance band terbaik

Anda sudah mengetahui resistance band dari mulai pengertian, jenis-jenisnya, cara menggunakan resistance band sampai manfaat menggunakan resistance band saat olahraga. Sekarang, ada beberapa rekomendasi resistance band yang bisa Anda miliki untuk dijadikan koleksi di rumah dan digunakan saat Anda akan melakukan olahraga. Berikut daftarnya yang bisa Anda simak baik-baik.

1. Pull Up Chest Expanders Jelly Silicone Fitness Yoga


sumber gambar resistance band ; tokopedia.com

Jika Anda ingin melatih otot tubuh sekaligus melakukan relaksasi akibat otot yang kaku, maka pull up chest expanders jelly silicone fitness yoga sangat direkomendasikan untuk Anda. Resistance band ini terbuat dari silikon yang mudah digunakan dan lipat untuk Anda bawa kemanapun Anda inginkan. Sangat baik digunakan untuk membentuk otot dada, lengan dan kaki.

2. 3 in 1 Lower Body Resistance Band


sumber gambar resistance band ; tokopedia.com

Tiga resistansi berbeda dalam satu kemasan ini bisa Anda gunakan untuk melatih lower body. Tiga produk ini memiliki resistensi tarikan yang ringan, sedang dan berat. Anda bisa mengkombinasikannya sesuai yang Anda ingin dan butuhkan. Menggunakan 3 in 1 lower body resistance band akan membuat tubuh Anda terlatih untuk melakukan keseimbangan dan pembentukan otot.

3. Polylatex Resistance Band Premium


sumber gambar resistance band ; blibli.com

Mengalami cedera saat latihan adalah hal yang tidak mengenakan. Anda butuh waktu untuk melakukan pemulihannya. Namun, itu bukan berarti Anda harus berdiam diri saja. Anda masih bisa tetap melakukan olahraga dengan menggunakan polylatex resistance band premium. Produk ini dinilai mampu mempercepat pemulihan untuk tubuh Anda.

4. 8 Toning Tube Resistance Band


sumber gambar resistance band ; tokopedia.com

Siapa yang tidak ingin memiliki lengan yang kencang? Semua orang pasti menginginkannya. Menggunakan resistance band berbentuk angka 8 ini sangat direkomendasikan. pegangannya yang dilengkapi oleh busa akan memudahkan Anda melakukan latihan untuk membentuk otot lengan.

5. Resistance band pull up value pack weight lifting substitute


sumber gambar resistance band ; tokopedia.com

Jika Anda menyukai latihan pull up dan total body, maka menggunakan Resistance band pull up value pack weight lifting substitute sangat dianjurkan. Produk ini menyediakan powerlifting bands yang berbeda-beda. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda saat melakukan latihan.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang resistance band. Jika Anda tertarik untuk memiliki dan berlatih menggunakan resistance band, maka pilihlah resistance band sesuai dengan kebutuhan Anda.


Referensi : 

https://sportsadvice.decathlon.sg/all-you-need-to-know-about-resistance-bands

https://origympersonaltrainercourses.co.uk/blog/benefits-of-resistance-bands

https://my-best.id/27137

https://www.gaiam.com/blogs/discover/10-benefits-of-using-resistance-bands-during-exercise#

https://aaptiv.com/magazine/resistance-bands-101