Blog

Image

Perlukah Menggunakan Sabuk Fitness saat Latihan?

November 25th, 2020

sfidnfits.com - Saat melakukan latihan angkat beban, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Mulai dari fisik hingga perlengkapan latihan. Salah satu perlengkapan latihan yang sering digunakan oleh para bodybuilder adalah sabuk fitness. Hal yang masih sering menjadi pertanyaan adalah apakah sabuk fitness benar-benar diperlukan saat latihan angkat beban. 

Untuk menjawab persoalan tersebut, berikut beberapa informasi tentang sabuk fitness atau power belt yang harus Anda ketahui. 


Manfaat Menggunakan Sabuk Fitness 


Sabuk angkat besi atau weightlifting belt mempunya dua manfaat utama. Pertama, mengurangi tekanan pada punggung bagian bawah saat mengangkat beban dan mencegah hiperekstensi atau cedera saat mengangkat beban di atas kepala. Berdasarkan penelitian Wearing an abdominal belt increases diastolic blood pressure (1996), sabuk mengurangi stres punggung bawah dengan menekan isi rongga perut. Hal ini dapat meningkatkan tekanan intra-abdominal dan memberikan dukungan di tulang punggung bawah.

Otot erektor tulang belakang, yang biasanya memberikan dukungan ke punggung bawah, dapat menghasilkan lebih sedikit tenaga selama pengangkatan. Tekanan pada intra-abdominal juga dapat mengurangi jumlah kompresi punggung bawah yang dialami selama latihan beban.

Mengenakan sabuk fitness juga menyebabkan olahragawan lebih waspada dengan posisi punggungnya. Sabuk yang menempel di kulit mendorong pengangkat beban mempertimbangkan posisi punggung dan otot yang harus diaktifkan untuk mempertahankan postur yang baik. Sabuk fitness juga dapat mencegah hiperekstensi punggung dengan menghubungkan tulang rusuk ke pinggul. Hal ini juga mencegah tekukan dan cedera punggung. 


Perlukan Menggunakan Sabuk Fitness saat Latihan?


Sabuk fitness digunakan oleh atlet angkat berat dan angkat besi untuk menghindari cedera pinggang. Sabuk fitness ditujukan bagi orang yang memiliki kapasitas beban lebih berat dan dapat melindungi risiko cedera. Bagi para bodybuilder pemula, tak ada larangan dalam penggunaan sabuk fitness, namun hal ini akan membuat otot inti menjadi lebih manja dan membuat otot perut tidak bekerja maksimal. 

Jadi, sabuk fitness perlu digunakan saat latihan, namun hanya diperuntukkan bagi orang yang telah mencapai tingkat lanjut, misalnya binaragawan, atlet angkat besi, dan angkat beban. Untuk para pemula, sabuk fitness belum diperlukan karena Anda harus melatih otot perut. 


Jenis Sabuk Fitness 


Ada berbagai jenis sabuk angkat besi yang tersedia di pasaran. Namun, sabuk fitness yang paling umum adalah powerlifting belts. Untuk latihan ketahanan, sabuk velcro lebih mudah dipasang dan dilepas daripada sabuk kulit dan sabuk yang lebih tebal bisa lebih mendukung tulang belakang saat melakukan latihan angkat beban. Sabuk powerlifting dengan lebar yang ideal dapat mencegah hiperekstensi dan cedera punggung. Salah satu sabuk fitness yang bisa Anda gunakan adalah FITS Powerbelt Endurance. 



FITS Powerbelt Endurance

Sabuk angkat besi ini memiliki panjang dan lebar 130 cmx10 cm dengan lebar 20 cm di bagian belakang. Fitness belt ini menggunakan sistem tali velcro yang dapat di set supaya pas di tubuh dan dilengkapi dengan gesper logam untuk memberikan dukungan perut yang kencang.