Blog

Image

Penyebab Cedera Pada Pergelangan Tangan Saat Fitness

September 3rd, 2020

sfidnfits.com - Bagi sebagian orang, berolahraga seperti fitness merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan tentu penting untuk kesehatan tubuh, tetapi tahukah anda berbagai macam resiko CEDERA yang bisa terjadi dalam olahraga fitness? Salah satu cedera yang mungkin bisa terjadi pada saat olahraga fitness adalah cedera pergelangan tangan.


Mengapa Sering Terjadi Cedera Pergelangan Tangan Saat Fitness ?


Penyebab Cedera Pada Pergelangan Tangan Saat Fitness

CEDERA PERGELANGAN TANGAN pada saat berolahraga fitness bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti tidak memakai pelindung tangan merupakan penyebab yang sering terjadi pada saat melakukan fitness.Cedera bisa menyebabkan tangan terluka seperti, tergores oleh alat-alat fitness, tangan terkilir, dan bisa menyebabkan kulit pada tangan iritasi.

Gejala Yang Biasa Dialami Saat Cedera Pergelangan Tangan


Biasanya tanda bahwa pergalangan tangan anda mengalami cedera, adalah rasa sakit pada sendi di jari, pembengkakan, dan gerakan jari terasa terbatas. Sakit yang sangat dirasakan pada  pergelangan tangan dapat berupa terkilir seperti tertarik atau sakit yang tajam. Rasa sakit ini bisa dirasakan dalam kurun waktu sementara atau dalam kurun waktu yang panjang. Keparahan nyeri yang dirasakan tiap orang juga berbeda. Ada cedera ringan dan hanya dirasakan saat pergelangan tangan ditekuk dan cedera berat yang terasa sangat nyeri hingga tidak sanggup memegang barang.


Berbagai macam yang menyebabkan, rasa sakit pada pergelangan tangan ini bisa terjadi antara lain adalah :


1. Pegal, kesemutan, atau mati rasa pada pergelangan tangan.

2. Jari-jari tangan membengkak.

3. Pergelangan tangan terasa hangat.

4. Rasa sakit pada pergelangan tangan atau jari-jari.

5. Demam

6. Muncul benjolan pada pergelangan tangan.

7. Pergelangan tangan terasa hangat.

8. Pergelangan tangan terlihat kemerahan, bengkak, atau memar.


Penyebab Nyeri Pergelangan Tangan

Penyebab yang sering terjadi pada pergelangan tangan sakit, diantaranya :

1.Cedera

Cedera yang dirasakan pada pergelangan tangan dapat mengakibatkan rasa sakit dan mengganggu kegiatan sehari-hari. 

2.Benturan tiba-tiba

Pergelangan tangan merasakan sakit, nyeri, dan otot terasa semakin kaku

3.Tekanan berulang

Aktivitas yang membutuhkan pergerakan pergelangan tangan secara berulang dapat menyebabkan pergelangan tangan sakit. Aktivitas itu meliputi bermain tenis, menyetir, atau memainkan alat musik biola.



Cara Mencegah Cedera Pada Pergelangan Tangan Saat Fitness


Cara yang paling mudah dan sederhana adalah dengan mempersiapkan peralatan-peralatan pengaman sebelum memulai aktifitas olahraga fitness, Seperti mempesiapkan sarung tangan fitness karena ini bisa memperkecil dan meringankan dari resiko CEDERA pada pergelangan tangan. Ingin tahu tips memilih sarung tangan apa yang bisa melindungi anda dari resiko CEDERA pergelangan tangan saat fitness? Baca Artikel Selengkapnya disini : Tips Memilih Sarung Tangan Fitness Yang Melindungi Anda Dari Cedera


Kesimpulan 

 

Saat anda berolahraga fitness, berbagai resiko cedera bisa menghampiri anda kapanpun. Sebelum terjadi cedera alangkah baiknya kita meminimalisir resiko cedera dengan cara  mempersiapkan segala peralatan pengaman fitness dengan matang, terutama untuk menghindari cedera yang sering terjadi seperti cedera pergelangan tangan.


Referensi :

https://hellosehat.com/kesehatan/penyakit/jari-keseleo/#gref

https://www.alodokter.com/nyeri-pergelangan-tangan