Blog

Image

Pengertian, Manfaat dan Jenis Sneakers yang Wajib Anda Ketahui!

June 10th, 2021

sfidnfits.com - Berbicara tentang fashion, pasti gak akan ada habisnya. Setiap tahun, bahkan setiap bulan dan minggunya selalu ada item terbaru yang dikeluarkan oleh banyak designer fashion dan mencuri perhatian dari banyak orang, gak terkecuali sepatu. Mulai dari high heels, flatshoes, wedges sampai sneakers selalu diburu oleh pecinta fashion.

Pengertian, Manfaat dan Jenis Sneakers yang Wajib Anda Ketahui!

Untuk Anda pecinta sepatu, khususnya sneakers, ada banyak yang harus Anda ketahui dari sepatu jenis ini. Pasalnya, gak hanya para pria saja yang menyukai model sepatu sneakers, tapi para wanita pun menyukainya dan sneakers pun kini hadir dengan berbagai macam gaya yang bisa menunjang penampilan. Biar Anda tahu lebih detail tentang sneakers, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

 

Pengertian Sneakers

Sepatu sneakers adalah sepatu yang sebenarnya dirancang untuk olahraga atau bentuk latihan fisik. Seiring berkembangnya zaman, kini sneakers bukan hanya digunakan untuk olahraga atau untuk latihan fisik saja, tapi juga sebagai sepatu yang bisa digunakan sehari-hari dan menunjang penampilan demi mendapatkan fashion yang berkelas.

Sneakers mulai dikenal sejak akhir abad ke-18. Ketika itu orang-orang memakai sepatu bersol karet yang disebut Plimsolls, tetapi sepatu ini dirasakan sangat kasar untuk digunakan sebagai alas kaki.  Kemudian sekitar tahun 1892, U.S. Rubber Company datang dengan sepatu karet yang lebih nyaman dengan atasan kanvas, yang kemudian disebut Sneakers. Di tahun 1917, sepatu Sneakers ini mulai diproduksi secara masal dan terus berkembang hingga saat ini.

 

Manfaat Memakai Sneakers

Banyak tujuan yang dimiliki seseorang saat membeli sneakers dari sebuah toko. Ada yang membelinya karena kebutuhan, kenyamanan sampai demi kepentingan fashion. Gak ada yang salah dari tujuan yang dimiliki itu. Namun, Anda perlu tahu kalau ternyata memakai sneakers itu memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya? Let’s cek it out!

1.      Mendukung kebutuhan tubuh anda

Manfaat yang paling pertama yang akan dirasakan saat memakai sneakers adalah sepatu ini mampu mendukung kebutuhan yang kaki Anda miliki. Sneakers mampu menjadi alas kaki yang nyaman saat digunakan untuk berlari dan memiliki bahan material yang kuat sehingga saat Anda memakainya, khususnya untuk melakukan aktivitas fisik, kaki Anda akan terhindar dari cedera. Membeli dan memiliki sneakers bisa digunakan untuk jangka panjang karena sneakers dinilai awet dan gak mudah rusak. Tentunya, hal semacam ini gak merugikan Anda saat Anda membelinya dengan harga yang cukup mahal.

2.      Membiarkan kaki tetap bernafas

Setelah melakukan aktivitas olahraga, ataupun aktivitas lainnya, kulit kaki biasanya mengeluarkan keringat yang dapat membuat kaki jadi basah dan pertumbuhan bakteri serta jamur pun bisa lebih cepat berkembang sehingga dapat menyebabkan berbagai macam masalah pada kaki. Namun, saat Anda menggunakan sneakers, masalah tersebut bisa diatasi. Sneakers memiliki lubang udara pada kedua sisi bagian dalam kaki yang berfungsi untuk membuat kaki menjadi lebih kering. Keringat yang dihasilkan oleh kulit kaki bisa diatasi dengan baik oleh fungsi lubang udara dari sneakers ini sendiri.

3.      Serba guna

Karakteristik dari sneakers ini sangat serba guna. Sneakers bukan hanya digunakan untuk aktivitas olahraga maupun aktivitas fisik saja, tapi juga bisa menunjang penampilan Anda sehingga saat Anda membeli dan memakai sneakers, Anda gak akan rugi atas uang yang Anda keluarkan. Selain itu, sneakers pun menjadi sepatu yang nyaman digunakan dalam segala jenis acara.

 

Jenis-jenis Sneakers


1.      Plimsoll Sneakers

Jenis sneakers pertama adalah plimsoll sneakers. Sneakers jenis ini sangatlah populer dan menjadi jenis sneakers yang paling umum tersedia di setiap toko sepatu. Memiliki gaya yang unik, plimsoll sneakers cocok dipadukan dengan kaos kaki pendek dan celana jeans skinny atau jeans yang bagian bawahnya digulung agar bagian pergelangan kaki serta sepatu bisa lebih jelas terlihat.

2.      High Top Basketball Sneakers

High top basketball sneakers adalah jenis sneakers yang saat ini banyak diminati oleh banyak orang. Alasannya sederhana karena sneakers ini dapat membuat Anda tampil percaya diri dengan kaos kaki panjang dan cocok digunakan bersama dengan celana pendek maupun celana jeans ketat. High top basketball sneakers ini pun sangat cocok sekali digunakan saat Anda bermain basket.

3.      The Athletic Ones

The athletic ones adalah jenis sneakers yang digunakan untuk aktivitas olahraga. Sneakers jenis ini memiliki kombinasi terbaik antara gaya dan fungsional. Ketika Anda memakainya untuk kebutuhan olahraga, maka kaki Anda akan merasa sangat nyaman untuk bergerak secara aktif.

4.      Slip-on Sneakers

Slip on sneakers adalah sneakers yang memiliki desain klasik. Sneakers ini gak memiliki tali sama sekali, jadi Anda bisa memakainya hanya dengan memasukan kaki dan penggunaan slip on sneakers sangat nyaman sekali. Anda bahkan bisa memakai slip on sneakers ini untuk segala macam acara dan ingat, jangan pernah menggunakan kaos kaki panjang jika ingin mendapatkan tampilan yang casual saat memakainya.

5.      Authentic Sneakers

Authentic sneakers biasanya dikenal sebagai sepatu vans. Sneakers jenis ini sangat cocok digunakan dalam acara atau aktifitas apa pun karena modelnya yang trendi. Tentu saja, kaki Anda akan terasa nyaman menggunakan authentic sneakers ini.

6.      Leather Sneakers

Leather sneakers adalah sneakers yang biasanya digunakan untuk acara formal atau bisnis. Bahannya yang terbuat dari kulit dan material yang cukup mahal membuat sneakers jenis ini awet untuk digunakan. Anda bisa memilikinya dalam jangka waktu yang lama sehingga uang yang Anda keluarkan untuk membeli sneakers ini gak terbuang secara percuma saja.




7.      Canvas Sneakers

Canvas sneakers adalah sepatu sneakers konvensional yang sampai saat ini banyak diminati semua kalangan, terutama bagi generasi muda. Desainnya yang simple , sneakers ini cocok dipakai saat acara santai. Anda bisa memadukan celana jeans yang bagian bawahnya digulung jika ingin menggunakan sneakers ini untuk mendapatkan tampilan yang maksimal.

8.      LED Lighted Sneakers

Seperti namanya, LED lighted sneakers adalah sneakers yang memiliki tabung LED dan warna yang menyala pada bagian bawah sepatu. Warna yang digunakan dalam sepatu ini bisa satu, dua, bahkan lebih. Biasanya sneakers jenis ini paling diminati di kalangan generasi muda dan cocok digunakan saat malam hari agar warna LED bisa terlihat jelas.

9.      Textile Blend Sneakers

Textile blend sneakers adalah jenis sneakers yang memiliki bahan campuran yang berbeda dalam satu sepatu, seperti plastik dan kulit, kulit dan textile, serta masih banyak lagi. Anda harus bisa memahami dan mengetahui dengan benar bahan apa yang digunakan pada sneakers yang akan Anda beli demi kenyamanan saat memakainya nanti.

10.  Synthetic Sneakers

Synthetic sneakers adalah sepatu sneakers terburuk yang pernah dibuat, tapi sayangnya sepatu ini masih bisa ditemui di mana pun Anda berada saat sedang berbelanja. Dikatakan sebagai sneakers terburuk karena sepatu ini tidak memiliki lubang udara di dalamnya yang akibatnya ada banyak sekali permasalahan kulit kaki, terutama permasalahan kaki yang mengeluarkan bau tidak sedap.

11.  Velcro Sneakers

Velcro sneakers adalah jenis sneakers yang gak menggunakan tali sama sekali untuk mencengkram kaki Anda, tapi menggunakan strap. Tersedia dengan berbagai macam warna dan gaya, sneakers ini bisa Anda padukan dengan tampilan yang casual, kalem maupun klasik. Bagian terbaik dari sneakers jenis ini adalah harganya yang cukup terjangkau.

12.  Designer Sneakers

Designer sneakers adalah sneakers yang dikeluarkan atau diproduksi oleh sebuah brand designer ternama. Misalnya Balenciaga, Gucci, Marc Jacobs dan merek terkenal lainnya. Designer sneakers biasanya sangat cocok dipakai untuk acara yang formal dengan memperlihatkan bagaimana mewahnya sepatu ini saat dipakai.

 

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Sneakers

https://www.factmonster.com/culture-entertainment/fashion/history-sneakers

https://www.dailymorningcoffee.com/3-advantages-of-wearing-sneakers/

https://threadcurve.com/types-of-sneakers/

https://www.u-lace.com/blogs/news/10-types-of-sneakers-and-how-to-wear-them