Blog

Info
Image

Parkour dan Segudang Manfaat Kesehatannya Untuk Tubuh

August 20th, 2019

sfidnfits.com - Parkour merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan kemampuan motorik tubuh dalam berbagai jenis lingkungan. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut dengan Le traceur (pelacak). Orang-orang tersebut melatih tubuhnya dengan kontrol yang baik dengan menggabunkan aktivitas lari, melompat, memanjat, dan melintasi berbagai rintangan. Aktivitas ini diciptakan oleh warga negara Prancis bernama David Belle. Dia menunjukan kualitas fisik manusia dengan aktivitas parkour dan di ikuti oleh puluhan ribu orang di seluruh dunia. Namun, apakah aktivitas ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubu, mari kita kaji bersama.

Adakah Manfaat Kesehatan dari Parkour?

1. Mampu Melatih dan Membentuk Tubuh


Seperti yang sudah kita tahu, parkour mampu melatih seluruh kebugaran tubuh. Seluruh gerakannya membutuhkan kinerja semua otot tubuh. Oleh karena itu, otot tubuh juga nantinya akan turut terbentuk seiring dengan berjalannya waktu.

2. Mampu Meningkatkan Daya Pikir dan Kreativitas


Aktivitas ini menuntut para pelakunya untuk bisa menghadapi segala rintangan secara cepat. Para pelakuknya juga harus berpikir cepat untuk bagaimana menggunakan kaki yang baik dalam melewati semua rintangan tersebut. Secara tidak langsung, keterampilan naluriah ini akan terasah dan mereka akan menggunakan kemampuan tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Kegiatan ini juga mampu meningkatkan kreativitas mereka karena setiap rintangan yang dilakukan dalam parkour tidak memiliki acuan baku, sehingga mereka harus mengandalkan kreativitasnnya dalam menghadapi rintangan.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung


Kegiatan parkour mengaruskan para pelakunya untuk menjadi sangat aktif. Pergerakan yang konstan dan dengan diiringi  berbagai lompatan akan melatih stamina tubuh. Hal tersebut tentunya akan mampu meningkatkan kesehatan jantungmu dan meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

4. Mengembangkan Keterampilan Tubuh


Kebugaran tentunya berkaitan langsung dengan kekuatan, keseimbangan, kelincahan, reaksi, dan juga keterampilan. Dalam kegiatan ini, para  Le traceur harus menggunakan keterampilan memanjat, menyeimbangkan tubuh dan melompat. Sehingga, hal tersebut sangat bermanfaat dalam memastikan kebugaran fisik.

5. Membangun Kekuatan Otot Inti Tubuh


Inti tubuh adalah pusat tubuh yang bertugas dalam membantu gerakan bungkuk, memutar, penyaluran energi, serta kekuatan. Dengan memperkuat otot inti tubuh melalui parkour, maka bisa mencegah terjadinya cedera punggung bawah.

6. Meningkatkan Kekuatan Tulang


Seperti olahraga pada umumnya, kegiatan parkour juga mampu meningkatkan kekuatan tulang. Karena tubuh akan bergerak dengan memanfaatkan tubuh bagian bawah dan atas yang akan meningkatkan kekuatan tulang.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri


Aktivitas ini  memungkinkan sesorang untuk bisa melakukan berbagai hal yang sebelumnya tidak pernah dicoba, sehingga mampu meningkatkan kepercayaan diri. Misalnya, ketika kamu melihat suatu dinding yang besar dan gak mungkin untuk dilewati, dan setelah berhasil dilewati, ada rasa puas tersendiri dan ingin terus melakukan hal yang baru lainnya.

8. Mengurangi Kecenderungan Antisosial


Menurut penelitian yang dilakukan di Wetminster menunjukan bahwa tingkat kejahatan remaja dengan rentang usia 8-19 tahun mampu berkurang sebanyak 69% setelah mereka melakukan kegiatan parkour. Dengan begitu, kegiatan parkour terbukti mampu mengurangi perilaku antisosial. Parkour juga merupakan cara positif dalam mengisi waktu luang dan memanfaatkan energi dengan melakukan tantangan dan rintangan baru.

9. Bisa Dilakukan oleh Semua Orang


Untuk kamu yang sering melihat video parkour, mungkin kamu akan berpikir bahwa hal tersebut memerlukan latihan yang berat dan sulit untuk dilakukan. Pada kenyataannya, tidak semua gerakan parkour se-ekstrim itu. Sebagian gerakan parkour tersebut berasal dari gerakan sederhana, seperti berlari dan juga melompat. Kamu juga bisa melakukan gerakan ini dimanapun dan kapanpun karena kegiatan parkour tidak memerlukan peralatan khusus.

Itulah beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika melakukan kegiatan olahraga parkour. Bagaimana? Tertarik melakukannya? Kalau tertarik, kamu bisa coba dengan bergabung di komunitas parkour di daerah rumah kamu, nantinya mereka akan memperkenalkan parkour dan memberikan arahan dalam melakukan olahraga ini. Jangan lupa juga untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang cocok yah. Kalau bisa, gunakanlah sepatu yang kece dan memiliki sole empuk dalam berlari seperti Fits Pro. Selain mampu meberikan kenyamanan saat berlari, mengenakan sepatu seperti ini juga akan mendongkrak penampilanmu, lho! Gak percaya? Buktiin aja sendiri!