Blog

Image

Pakaian Olahraga Ketat vs Longgar: Manakah yang Terbaik?

January 5th, 2021

sfidnfits.com - Salah satu aspek yang membuat olahraga terasa lebih nyaman adalah pakaian olahraga. Mulai dari jenis bahan hingga kualitas bahan seringkali menjadi pertimbangan Anda untuk membeli pakaian olahraga. Namun, ukuran pakaian ternyata juga tingkat kenyamanan yang paling utama. 

Pakaian olahraga ketat ataupun longgar seringkali memicu perdebatan. Informasi yang masih belum jelas membuat para pemula olahraga bingung saat memilih ukuran pakaian olahraga. Sebagian menyarankan untuk mengenakan pakaian olahraga ketat, sedangkan sebagian lagi menyarankan menggunakan pakaian olahraga longgar. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut informasi yang telah SFIDN FITS rangkum. 


Jenis Pakaian Olahraga Ketat vs Longgar


Pakaian olahraga dapat mempengaruhi tingkat keaktifan aktivitas dan mempengaruhi kesehatan Anda. Beberapa jenis pakaian dapat menyebabkan atau memperburuk berbagai kondisi kesehatan. Pakaian ketat, khususnya dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda. Sebagian besar pakaian olahraga modern dibuat dengan berbagai kain yang elastis dan memberikan lebih banyak kemudahan bergerak dibandingkan pakaian nonolahraga. 

Pakaian olahraga ketat umumnya digunakan untuk olahraga yoga. Namun, jika pakaian olahraga terlalu ketat akan membahayakan tubuh Anda. Celana olahraga ketat untuk lari atau yoga dapat menyebabkan masalah di area tubuh tertentu, misalnya pada sendi, pinggul, dan berdampak negatif pada tulang belakang. Saat berolahraga, ada kondisi yang disebut dengan meralgia paresthetica, saraf Lateral Femoral Cutaneous (LFCN) tertekan oleh jaringan di sekitarnya. Oleh karena itu, pakaian olahraga ketat di atas sendi dapat menyebabkan rasa sakit dan kesemutan. Hal tersebut dapat diperburuk dengan tekanan yang disebabkan oleh berdiri dalam waktu lama, latihan kaki yang intensif, dan permasalahan pada sendi dan pinggul. 



Pakaian yang terlalu ketat di pinggang dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menurun dan mengganggu aliran cairan limfatik. Tak hanya itu, celana olahraga yang ketat juga dapat menyebabkan kompresi saraf di punggung sehingga menyebabkan kram, mati rasa, bahkan kesemutan. Penyakit refluks asam juga bisa terjadi akibat mengenakan pakaian olahraga yang terlalu ketat di bagian pinggang. 

Celana olahraga yang ketat di bagian paha dapat menyebabkan infeksi jamur pada wanita dan menurunkan kesuburan pada pria. Hal tersebut membuat Anda harus memastikan dan membatasi waktu untuk mengenakan pakain yang ketat di area paha. Pastikan Anda segera mandi setelah berolahraga untuk mencegah kelembapan yang berlebihan. 

Meskipun demikian, pakaian olahraga yang longgar juga cenderung dapat menyebabkan cedera fisik. Celana olahraga longgar akan lebih mudah tersangkut oleh benda-benda di sekitar atau bahkan oleh kaki sendiri. Selain celana atau baju olahraga longgar, tali celana olahraga yang longgar juga dapat membahayakan diri Anda karena dapat menyebabkan cedera. 

Jadi, pakaian olahraga ketat dan pakaian olahraga longgar dapat berbahaya bagi tubuh Anda. Pilihlah pakaian yang nyaman untuk Anda. Sangat bijaksana untuk menghindari penggunaan pakaian olahraga yang ketat saat berolahraga. Tekanan yang meningkat, terutama di area seperti perut, dapat menyebabkan masalah seperti peradangan, jamur, dan bahkan berkontribusi pada penyakit kandung kemih. Tekanan pada tulang rusuk juga bisa menjadi masalah, mencegah diafragma Anda. Dengan demikian, pastikan pakaian yang Anda pilih untuk berolahraga tidak terlalu ketat hingga melekat ke tubuh dan tidak terlalu longgar hingga kain menjuntai hingga berpotensi menyebabkan Anda terjatuh. 

Salah satu brand sportswear lokal terbaik adalah SFIDN FITS. Dengan bahan dan kualitas terbaik, produk lokal ini menawarkan pakaian olahraga yang diproduksi dengan teknik produksi dan jenis bahan berkualitas. Berikut beberapa jenis pakaian olahraga terbaik yang bisa Anda pilih. 


FITS Threadcomfort Trizone

Pakaian olahraga pria ini terbuat dari jenis kain cotton berkualitas lembut sehingga menimbulkan kesan nyaman saat dipakai. Jenis baju olahraga ini didesain dengan sirkulasi udara yang baik sehingga dapat menjaga tubuh tetap kering dan sejuk. Pakaian olahraga ini hadir dengan warna hitam dan putih berukuran S, M, L, dan XL. 




FITS Threadarmor Basic Jogger

Celana olahraga ini terbuat dari bahan dasar kain poliester yang dapat membuat kulit bebas lembap, mudah kering, dan lembut saat disentuh. Tak hanya itu, bahan polyester juga dapat membuat kulit mudah bernapas. Dengan teknologi dry-fit, FITS Threadarmor Basic Jogger membantu tubuh Anda tetap kering saat berolahraga. 


FITS Cassie Set



Satu set pakaian olahraga wanita ini sangat ideal untuk latihan Anda. Kain anti keringat yang menjadi bahan dasarnya membuat tubuh Anda tetap kering. Diproduksi dengan teknologi anti-bau, FITS Cassie Set dapat mencegah pertumbuhan mikroba pada pakaian olahraga.