Blog

Info
Image

Menikmati Akhir Pekan di Destinasi Wisata Terbaik Dekat Jakarta

October 17th, 2019

sfidnfits.com – Lelah dengan hiruk-pikuk kota Jakarta? Wajar. Jakarta memang begitu padat akan kendaraan dan aktivitas harian. Terlebih saat akhir pekan, dimana kemacetan dapat dengan mudah ditemukan. Warga Jakarta akhirnya banyak mencari alternatif wisata. Tentu yang tidak terlalu jauh dari Jakarta. Beberapa wisata di bawah ini ternyata berada tidak jauh dari Jakarta dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat melepas penat di akhir pekan.

Kebun Raya Bogor


Kebun Raya Bogor mungkin sudah tidak terdengar asing di kalangan masyarakat Jabodetabek. Pasalnya, Kebun Raya Bogor merupakan salah satu kawasan wisata yang menyajikan keindahan sekaligus sisi historis kota Bogor. Kebun Raya Bogor memang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia, dimana terdapat banyak peninggalan sejarah, monumen, dan museum. Bangunan-bangunan bersejarah itu bahkan dimanfaatkan sebagai spot fotografi. Begitu pun dengan keindahan dan keanekaragaman floranya.

Pulau Macan, Kepulauan Seribu


Pulau Macan adalah salah satu pulau yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Kepulauan Seribu. Mengusung konsep eco resort, Pulau Macan menghadirkan nuansa liburan yang menyatu dengan alam. Alam bawah lautnya dihiasi oleh aneka terumbu karang dan ikan-ikan kecil sehingga cocok bagi kamu penggemar snorkeling. Begitu pun kamu yang ingin bersantai di atas kursi-kursi kayu sembari menikmati hamparan pasir putih yang menyatu dengan birunya laut.

Teluk Kiluan, Lampung


Menyebrang ke pulau Sumatera, kamu bisa coba menghabiskan akhir pekanmu di Teluk Kiluan, Lampung. Teluk Kiluan berjarak sekitar 80 km dari kota Bandar Lampung yang bisa ditempuh selama 3-4 jam dengan perjalanan darat. Perjalanan ke Tiluk Kiluan mungkin seperti menghabiskan banyak waktu dan energi. Tapi, begitu sampai di lokasi, lelah dan waktumu akan terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan. Perairannya sangat jernih dan memiliki gradasi warna toska. Dari atas permukaan airnya, kamu bisa melihat aneka terumbu karang dan ikan-ikan kecil. Bahkan, kamu bisa melihat lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba paruh panjang yang berenang dan muncul di permukaan air secara beriringan. Waktu terbaik untuk menyaksikan lumba-lumba ini adalah saat musim kemarau yang dimulai dari bulan April sampai September. Bagi kamu yang gemar memancing pun ada Laguna Gayau yang merupakan laguna air asin.

Ranca Upas, Bandung


Bandung menjadi kota wisata yang sangat populer di kalangan traveller dan backpacker. Pasalnya, Bandung memiliki banyak kawasan wisata, baik dengan konsep alam maupun perkotaan. Salah satu kawasan wisata yang begitu memikat hati sehingga perlu untuk dikunjungi ialah Ranca Upas yang terletak di Jalan Raya Ciwidey. Di kawasan wisata ini, kamu dapat menikmati segudang kegiatan outdoor bersama teman atau keluarga. Ada juga pemandian air panas yang sangat cocok di tengah udara sejuk Ciwidey. Namun, satu hal wajib yang perlu kamu lakukan ketika berkunjung ialah bermain dan memberi makan rusa-rusa yang ada di sana.

Geopark Ciletuh, Sukabumi


Sukabumi ternyata memiliki ikon wisata baru yang telah diakui dunia, Geopark Ciletuh. Geopark yang memiliki area seluas 126.100 hektar ini menawarkan keindahan alam yang menyegarkan mata dan raga, seperti wisata air terjun, bukit, pantai, hingga ladang. Geopark Ciletuh membentang di delapan kecamatan, mulai dari Cisolok (Pantai Cimaja) hingga Ujunggenteng (Ciemas), dimana Ciemas juga menjadi salah satu pintu favorit bagi wisatawan. Dari Jakarta, kamu dapat naik transportasi umum, seperti kereta atau bus, yang memakan waktu sekitar 4-6 jam.

Kamojang Ecopark, Garut


Kamojang Ecopark adalah kawasan wisata yang terletak di hutan pinus Kamojang di perbatasan Garut dan Bandung. Kamojang Ecopark memiliki area yang luas dan menawarkan sejumlah fasilitas serta permainan seperti all-terrain vehicles (ATVs) dan flying fox. Sebenarnya, daya tarik utama destinasi wisata ini ialah kawasan hutan pinusnya yang masih sangat asri dan adanya area tebing yang biasa dijadikan sebagai tempat berfoto.

Gunung Padang, Cianjur


Gunung Padang sangatlah cocok bagi kamu yang menyukai peninggalan kuno. Gunung Padang terkenal akan situs megalitiknya yang diperkirakan oleh para arkeolog dibangun sekitar 8000 SM, yang artinya jauh lebih tua daripada Piramida Mesir. Situs peninggalan ini bahkan diperkirakan 9 kali lebih besar daripada Candi Borobudur. Meski kental akan sejarah, kamu tetap bisa menikmati keindahan alamnya yang begitu menawan, terutama saat matahari terbenam.

Jadi, sudah tau mau pergi ke mana akhir pekan ini? Jika sudah, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya ialah mempersiapkan fisik dan perlengkapan. Untuk apa? Tentu untuk memperlancar kegiatanmu. Fisik yang baik dibutuhkan agar tidak cepat lelah. Begitu pun dengan perlengkapan yang berguna untuk menunjang kegiatan. Oleh karena itu, jaga selalu kesehatan fisik dan jangan lupa siapkan FITS Foldable Bag yang mampu bawa semua perlengkapanmu.