Blog

Image

Mengenal Kain Microfiber: Karakteristik, Jenis, Penggunaan dan Kelebihannya

September 17th, 2021

sfidnfits.com – Mendengar kata ‘Microfiber’ pasti sudah tidak asing lagi ditelinga Anda. Entah sudah berapa kali Anda mendengarnya karena yang pasti kain ini memiliki banyak kelebihan dan banyak digunakan untuk berbagai macam item.

Kain microfiber dibuat dengan campuran bahan polyester dan poliamida. Proses pencampuran ini menjadikannya bahan yang mahal untuk digunakan dalam skala besar. Tidak mengherankan bila setiap produk yang dihasilkan cenderung lebih mahal. Kemungkinan besar Anda akan melihat serat microfiber digunakan dalam produksi pakaian olahraga, handuk, dan beberapa peralatan olahraga karena bahannya sangat menyerap dan tidak bersifat abrasif.


Mengenal Kain Microfiber: Karakteristik, Jenis, Penggunaan dan Kelebihannya


Apa itu kain microfiber?


Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Membahas sedikit di awal kalimat tadi sepertinya tidak terlalu jelas mendeskripsikan tentang kain microfiber ini. Kain microfiber adalah serat sintetis yang terdiri dari poliester dan poliamida. Poliester pada dasarnya adalah sejenis plastik, dan poliamida adalah nama yang bagus untuk nilon. Serat telah dipecah menjadi untaian yang sangat halus yang berpori dan cepat kering. Polyester menyediakan struktur handuk, sedangkan poliamida menambah kepadatan dan penyerapan.

Kain microfiber adalah bahan yang tahan lama, lembut, dan menyerap sehingga cocok untuk berbagai penggunaan. Kain microfiber sangat baik untuk membersihkan, pakaian, furnitur, dan bahkan perlengkapan olahraga.


Karakteristik kain microfiber


Sumber gambar : Amazon.com

Kain microfiber pada awalnya dipopulerkan oleh penggunaannya dalam produk pembersih, serat microfiber memiliki kelembutan yang tidak tertandingi. Dari kelembutan inilah akhirnya banyak pakaian dan aksesoris lainnya yang mulai menggunakan kain ini.

Kain microfiber memiliki karakteristik sebagai kain yang awet dan tahan lama, cukup menyerap dan anti air. Karena kualitas elektrostatiknya yang mengesankan, serat microfiber juga unggul sebagai mekanisme filtrasi yang kemudian menyebabkan lonjakan minat baru-baru ini untuk menggunakan kain ini sebagai bahan pelindung wajah.


Jenis kain microfiber

Ada beberapa jenis serat microfiber yang berbeda. Berikut adalah beberapa bentuk yang paling populer dari kain unik ini:

1. Flat-weave microfibre

Sumber gambar : makersclean.com

Flat-weave microfibre adalah salah satu bentuk tekstil yang paling tahan lama, tetapi tidak menyerap seperti split-weave microfibre. Sebagian besar pakaian dan aksesori serat microfiber menampilkan bentuk tenunan datar dari kain ini.

2. Split-weave microfibre

Sumber gambar : amazon.com

Split-weave microfibre menampilkan serat yang terbelah selama produksi, menghasilkan pembentukan loop kecil yang tidak terhitung jumlahnya di permukaan kain. Sementara Flat-weave microfibre lembut dan halus, split-weave microfibreh menempel pada kulit Anda saat Anda menyentuhnya.

3. Micromodal

Sumber gambar : fabrics4fashion.com

Secara teknis merupakan jenis serat mikro karena diameter seratnya yang kecil. Micromodal adalah kain 100% poliamida yang berfungsi sebagai alternatif yang lebih lembut dan halus dari kain modal konvensional. Dibandingkan dengan kain serat mikro poliester-poliamida, micromodal lebih elastis dan kurang tahan lama.

4. Ultrasuede

Sumber gambar : en.wikipedia.org

Sebagai salah satu produk microfiber pertama yang dikembangkan, ultrasuede merupakan pesaing dari kulit suede asli. Serat ultrasuede umumnya agak lebih lebar daripada serat yang digunakan pada kain serat microfiber lainnya, tetapi karena diameternya di bawah 1 denier, ultrasuede dianggap sebagai jenis serat microfiber.

5. Prolen

Sumber gambar : Indonesian.alibaba.com

Prolen adalah kain microfiber bermerek dagang yang hanya terdiri dari polypropylene. Tekstil ini dapat memiliki elastisitas tinggi atau rendah, dan agak lebih lembut daripada kain serat mikro poliester-poliamida.

6. Terry microfibre

Sumber gambar : autofiber.com

Terry adalah salah satu jenis tenun yang paling umum untuk handuk, dan banyak handuk microfiber memiliki tenunan terry. Jenis kain microfiber ini kurang umum digunakan dalam aplikasi non-handuk.

7. Waffle weave microfibre

Sumber gambar : microfiberwholesale.com

Dinamakan waffle karena polanya yang seperti kisi-kisi, waffle weave microfibre secara unik cocok untuk pembersihan kaca. Jenis pola waffle weave microfibre ini mengurangi kontak permukaannya, memberikan peningkatan luncuran dan pengurangan gesekan.

8. Chenille microfibre

Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Chenille microfibre memiliki tonjolan serat tebal seperti jari yang disatukan oleh kain dasar tipis. Biasanya digunakan untuk membuat spons dan sarung tangan cuci mobil. Chenille microfibre digunakan hampir secara eksklusif untuk aplikasi pembersihan.

9. Microsuede

Sumber gambar : indonesian.alibaba.com

Dirancang agar lembut seperti suede, kain microfiber jenis ini memiliki tumpukan yang sangat rendah. Ini sangat ideal untuk membersihkan lensa kacamata, dan banyak jenis pakaian, aksesoris, dan fitur pelapis serat micro suede.




Penggunaan kain microfiber


Kain microfiber bisa digunakan dalam beberapa bidang, termasuk di bawah ini :

1. Atlet

Pakaian kompresi terbuat dari serat mikro yang menyerap kelembaban, bersama dengan sepatu lari dan peralatan olahraga lainnya. Microfiber menyerap keringat dan membuat atlet tetap sejuk dan proses pengeringan yang lebih cepat.  

2. Golfers

Perlengkapan golf harganya cukup mahal, itulah sebabnya pegolf menggunakan kain microfiber untuk membersihkan tongkat golf, kacamata, dan tas golf mereka sehingga mereka tidak perlu khawatir dengan goresan atau kerusakan. Banyak perusahaan golf bahkan memiliki kain microfiber bermerek dengan logo bisnis mereka.

3. Perusahaan detailing mobil

Daya serap microfiber yang sangat baik menjadikannya kain yang ideal untuk digunakan saat membersihkan jendela karena tidak akan meninggalkan goresan. Microfiber juga bagus dalam menahan poles dan wax sehingga lebih sedikit produk yang dibutuhkan.

4. Perusahaan teknologi

Teknologi, termasuk laptop dan smartphone, bisa menjadi kotor karena penggunaan terus-menerus. Banyak perusahaan teknologi dan toko ponsel menyimpan kain microfiber untuk membersihkan dan membersihkan smart device.


Kelebihan kain microfiber


Sumber gambar : Indonesian.alibaba.com

Kain microfiber memiliki banyak kelebihan sehingga banyak digunakan di berbagai bidang industri. Ketahui kelebihan kain ini dari daftar berikut :

· Kain terasa sangat lembut.

· Memiliki daya pembersihan yang kuat.

· Dapat menyerap kotoran dan debu hingga tingkat tinggi.

· Ringan dan mudah dalam penyimpanan.

· Kain microfiber dapat dibuat untuk tahan air.

· Kain yang cepat kering sehingga tetap sejuk digunakan.


Kekurangan kain microfiber


Sumber gambar : Indonesian.alibaba.com

Selain kelebihan yang ditonjolkan oleh kain ini, kain microfiber juga memiliki kekurangannya. Ketahui kekurangan dari kain ini melalui daftar berikut :

· Kain microfiber tidak dapat menyerap cairan, atau kelembaban dalam jumlah besar.

· Tidak boleh disetrika di atas suhu panas 60 derajat.

· Permukaan kain microfiber terbatas dan hanya dapat menyerap kotoran dalam waktu singkat.

· Tidak semua permukaan cocok untuk kain microfiber. Ada pakaian yang memiliki permukaan halus, tetapi ada juga pakaian berstruktur kasar yang tidak cocok untuk permukaan halus.

Nah, itulah tadi pembahasan lengkap tentang kain microfiber dari mulai pengertian, karakteristik, jenis, penggunaan, dan kelebihan serta kekurangannya. Semoga artikel ini membantu pengetahuan Anda tentang berbagai macam bahan yang sering digunakan dalam dunia industri.


Referensi :

Midwestworld, (2020). What Fabric is Best for Sportswear – A Simple Guide.

Qualitylogoproducts, (2021). What is Microfiber and Why is It Useful?

Sewport, (2021). What is Microfibre Fabric: Properties, How its Made and Where.

Indeedkevin, (2020). Use, care, advantages, disadvantages of microfiber cloths.

Wxxymicrofibercloth, (2018). Advantages and Disadvantages of Microfiber Fabrics.

Picture image original by xinhua888.en.made-in-china.com