Blog

Image

Mengenal Kain Dri-Fit: Kelebihan, Kekurangan dan Cara Perawatannya

June 29th, 2020

sfidnfits.com - Bahan Dri-Fit tentunya sudah bukan suatu hal baru untuk Anda yang hobi berolahraga. Bahan yang pertama kali dikeluarkan oleh brand ternama Nike ini di buat khusus untuk para atlet. Bahan Dri-Fit pada dasarnya adalah jenis bahan yang kerap kali dugunakan untuk membuat jersey olahraga, seperti jersey tenis, bola, basket, bahkan voli. Bahan Dri-Fit juga memiliki karakter utama yang lentur dan padat karena dibuat dengan campuran Mikrofiber dan Polyester.

 

Lantas, Apa Karakteristik dari Bahan Dri-Fit?


Bahan Dri-Fit memiliki karakter bahan yang cepat kering saat terkena cairan keringat, oleh karena itulah bahan ini dilabeli dengan Dri-Fit atau dryfit. Hal tersebut terjadi karena kain bahan ini memiliki pori yang menyababkannya menjadi lebih mudah menyerap keringat. Kandungan bahan polyester di dalamnya bervariasi tergantung kebutuhan dan kualitas, namun umumnya berada sekitar 35%-40%.

 

Penerapan Pada Jersey


Bahan Dri-Fit seringkali digunakan sebagai bahan pembuat jersey, dari baseball hingga sepak bola. Teknik penyablonannya pun sangat beragam, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta teknik yang disediakan oleh para produsen jersey. Cara penyablonan yang digunakan pada bahan ini umumnya menggunakan sablon polyflex karena bisa lebih rapih dan tergolong mudah. Selain itu, bahan ini memerlukan perhatian khusus dalam perawatannya, salah satunya adalah bahan ini tidak bisa di setrika dengan suhu yang terlalu panas, karena bisa merusak pori-pori pada bahan.

 

Kelebihan Kain Bahan Dri-Fit


Diklaim sebagai bahan jersey terbaik, kain bahan Dri-Fit mempunyai beberapa kelebihan yang berbeda dengan bahan lain. Selain cepat kering dan juga sejuk saat digunakan, bahan ini juga memiliki bobot yang ringan, lembut, dan mudah di cuci. Bahan Dri-Fit sangat ampuh dalam menyerap keringat dan menguapkannya karena memiliki pori-pori yang besar. Bahan Dri-Fit juga memiliki sifat anti bakteri yang mampu menjaga bau badan selama berolahraga. Oleh karena itu, suhu tubuh Anda bisa terkontrol dengan baik saat menggunakan jersey jenis Dri-Fit.

 

Selain itu, Bahan Dri-Fit pun sangat nyaman digunakan untuk Anda yang aktif bergerak. Walupun tekstur dari bahan ini kuat, tebal dan tahan gesekan, namun pakaian ini sangatlah lentur jika digunakan. Karena alasan inilah banyak produsen apparel olahraga yang menggunakan bahan Dri-Fit dalam pembuatan pakaian olahraganya.

 


 

Kekurangan Dari Bahan Dri-Fit


Tidak lengkap jika kita hanya membahas kelebihan dari bahan Dri-Fit, karena bahan ini juga memiliki kekurangan, yaitu sulit disablon karena bersifat tebal dan padat. Oleh karena itu, banyak produsen apparel olahraga yang membordir atau mengkombinasikan warna jersey berbahan Dri-Fit nya.

 

Cara Perawatan Dri-Fit


Agar pakaian berbahan dasar Dri-Fit Anda tetap awet dan tahan lama, maka Anda harus tepat dalam merawat pakaian ini. Beberapa cara tepat dan sederhana dalam merawat bahan ini adalah:

    1. Segera cuci pakaian setelah selesai digunakan dengan menggunakan detergen cair, lalu keringkan pakaian.
    2. Tidak disarankan untuk menggunakan cairan pemutih atau pencucian dengan teknik dry cleaning agar warna dan bahan pakaian tidak mudah rusak.
    3. Cucilah pakaian Dri-Fit dengan tangan dan tidak langsung dijemur di bawah sinar matahari, karena kain Dri-Fit yang padat dan berpori-pori besar tidak cocok dibersihkan dengan mesin cuci.
    4. Setrikalah pakaian dengan menggunakan suhu yang sedang, kenapa? karena kain Dri-Fit memiliki kelembaban tertentu yang khas dan mampu menyesuaikan suhu tubuh penggunanya.

 

Itulah informasi penting tentang kain Dri-Fit, kelebihan, kekurangan, dan cara perawatannya. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang bahan Dri-Fit. Semoga Berguna.

 

Referensi:

  1. https://www.justrunlah.com/2016/10/30/what-exactly-is-Dri-Fit-what-fabric-suits-you/
  2. https://www.complex.com/sneakers/2013/08/know-your-tech-nike-Dri-Fit
  3. https://www.sportsrec.com/drifit-shirts-8734381.html
  4. https://www.sportsrec.com/drifit-shirts-8734381.html