Blog

Image

Manfaat Shoulder Support untuk Pemulihan Pasca Cedera Bahu

October 24th, 2023

sfidnfits.com – Shoulder support menjadi alat pendukung yang sangat berguna untuk membantu pemulihan pasca cedera bahu. Manfaat selengkapnya temukan di artikel berikut ini.


Manfaat Shoulder Support untuk Pemulihan Pasca Cedera Bahu


Cedera bahu bukan masalah yang sepele karena selain menimbulkan ketidaknyamanan, kondisi ini juga membuat penderitanya merasakan nyeri atau sakit luar biasa hingga fungsi, kekuatan, dan stabilitasnya menurun.

Kalau sudah begitu, rentang gerak akan terbatas dan Anda akan sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik seperti sebelumnya.

Ketika Anda mengalami cedera bahu maka salah satu cara untuk meminimalkan gejalanya adalah dengan menggunakan shoulder support.

Shoulder support adalah alat penyangga yang dirancang untuk memberikan stabilitas, kompresi, dan dukungan pada sendi bahu. Alat ini memiliki peran kunci dalam merehabilitasi dan memanajemen bahu yang cedera sehingga pemulihannya bisa lebih cepat dan optimal.


Siapa Saja yang Berisiko Mengalami Cedera Bahu? 

Pada dasarnya, semua orang memiliki peluang untuk mengalami cedera bahu namun profil risikonya bisa berbeda antara seorang atlet dengan orang biasa yang tidak melakukan aktivitas fisik yang intens.

Seorang atlet, pekerja yang melakukan gerakan bahu berulang kali, dan orang yang mengalami kejadian traumatis secara fisik memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami cedera bahu. 

Selain memerlukan perawatan medis, penggunaan shoulder support akan memberikan dukungan maksimal bagi pemulihan cedera.


Jenis-Jenis Cedera Bahu yang Paling Umum

Bahu adalah sendi yang terbilang kompleks karena anatominya terdiri dari humerus (tulang lengan atas), scapula (tulang belikat), dan klavikula (tulang selangka). 

Hal inilah menyebabkan bahu memiliki rentang gerak yang luas sehingga rentan mengalami berbagai cedera.

Ada berbagai jenis cedera bahu, seperti:

  • Cedera rotator cuff
  • Dislokasi bahu 
  • Robekan tendon
  • Patah tulang
  • Frozen shoulder
  • Tendinitis
  • Bursitis
  • Dll


Manfaat Shoulder Support


Apabila Anda mengalami kondisi medis seperti yang sudah disebutkan sebelumnya maka penggunaan shoulder support akan memberikan Anda beberapa manfaat, seperti:


1. Imobilisasi dan Dukungan Cedera Bahu

Saat mengalami cedera apalagi jika tingkatannya cukup parah maka menjaga pergerakan bahu sangat penting dilakukan demi mengurangi risiko kerusakan yang lebih lanjut.

Penyangga bahu seperti shoulder support dapat membantu imobilisasi sehingga pergerakan tulang dan sendi menjadi terbatas. 

Imobilisasi ini penting untuk penyembuhan dan pemulihan tulang maupun jaringan lunak yang ada di bahu Anda.


2. Peredam Nyeri

Manfaat shoulder support yang berikutnya adalah sebagai peredam nyeri. Kompresi dan dukungan yang diberikan oleh penyangga bahu dapat meredakan nyeri dengan mengurangi beban pada struktur yang cedera atau pun meradang. 

Dengan membatasi gerakan melalui penggunaan shoulder support, ini akan mengurangi spasme otot (kontraksi otot yang kuat dan tiba-tiba) serta rasa tidak nyaman.


3. Rehabilitasi Pasca Operasi

Setelah operasi bahu, khususnya operasi pada sendi atau jaringan lunak akan membuat bahu cenderung menjadi lebih rentan terhadap pergerakan yang berlebihan. 

Shoulder support akan membantu menjaga stabilitas sendi dan mencegah pergerakan yang dapat merusak area yang baru dioperasi. Ini adalah langkah penting untuk mendukung penyembuhan yang tepat.


4. Meningkatkan Postur Tubuh

Beberapa shoulder support dirancang untuk meningkatkan postur dengan menarik bahu ke posisi yang benar agar tubuh tidak bungkuk. 

Hal ini tidak hanya membantu meredakan nyeri tetapi juga mengurangi risiko cedera bahu di masa depan akibat postur tubuh yang buruk.


5. Shoulder Support dapat Mencegah Cedera

Selain membantu pemulihan pasca cedera bahu, shoulder support juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya cedera.

Ini dikarenakan Anda memiliki dukungan ekstra agar tidak mengalami cedera akibat gerakan yang tiba-tiba atau beban berlebih pada sendi bahu.


Rekomendasi Shoulder Support Terbaik


Jika Anda tertarik untuk membeli dan menggunakan shoulder support, kami merekomendasikan alat penyangga terbaik, yakni Shoulder Support Sleeve dari SFIDN FITS. Ini adalah produk terbaru yang sudah teruji manfaat dan kualitasnya.

SFIDN Shoulder Support Sleeve terbuah dari Neoprene dan Spandex yang mana perpaduan kedua bahan ini menciptakan alat penyangga bahu yang breathable sehingga nyaman dan sejuk saat digunakan serta tahan lama meski digunakan secara jangka panjang. 

Anda bisa mendapatkan Shoulder Support Sleeve dari SFIDN FITS melalui website resmi dan e-commerce favorit Anda. Coba sekarang juga. 


Jangan ragu untuk menggunakan shoulder support apabila Anda sedang dalam masa pemulihan akibat cedera bahu agar kondisi tubuh Anda kembali fit seperti semula.