Blog

Image

Macam-Macam Alat Angkat Beban untuk Olahraga dan Apa Perbedaannya

December 26th, 2023

sfidnfits.com – Olahraga menggunakan alat angkat beban menjadi salah satu jenis latihan fisik yang fokus pada penggunaan resistensi untuk membangun kekuatan, massa otot, dan daya tahan. 

Penggunaan alat angkat beban sangat penting untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tersedia berbagai macam alat dengan bentuk dan fungsi yang berbeda. Masing-masing menargetkan bagian tubuh tertentu dan memberikan variasi latihan yang penting untuk pengembangan otot. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alat angkat beban yang umum digunakan dalam olahraga serta apa perbedaan utama di antara mereka. Berikut informasi selengkapnya.


8 Macam Alat Angkat Beban dan Perbedaannya

Anda mungkin familiar dengan barbel tetapi sebenarnya ada banyak alat latihan angkat beban yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga. 

Ada sekitar delapan macam alat angkat beban yang paling umum digunakan, yakni Barbel, Dumbbell, Kettlebell, Resistance Band, Weight Plates, Ez Curl Bar, Weighted Bar, dan Weight Lifting Machine. Mari kita bahas kedelapan alat tersebut satu per satu di bawah ini.


1. Barbel


Nama alat untuk angkat beban yang pertama adalah Barbel. Barbel merupakan salah satu alat angkat beban paling umum yang terdiri dari sebuah batang logam yang dilengkapi dengan piringan-piringan beban di kedua ujungnya.

Kelebihan utama dari Barbel, yakni kemampuannya untuk menambah beban secara progresif sehingga memungkinkan peningkatan secara bertahap sesuai dengan kemampuan dan kekuatan pengguna. 

Anda dapat berlatih dengan Barbel untuk melakukan berbagai gerakan, seperti bench press, squat, deadlift, dan overhead press. 

Perbedaan utama Barbel terletak pada variasi beban dan kemampuannya untuk melibatkan banyak otot sekaligus serta melatih sebagian besar otot utama dalam satu gerakan saja.


2. Dumbbell


Dumbbell memang mirip dengan Barbel tetapi berbeda dalam hal ukuran serta penggunaannya. Dumbbell memiliki ukuran yang jauh lebih kecil sehingga biasanya hanya dapat dipegang menggunakan satu tangan saja.

Dikarenakan ukurannya yang lebih kecil, Dumbbell memungkinkan Anda melakukan gerakan yang lebih bebas dan latihan yang lebih spesifik terhadap otot tertentu.

Anda bisa melakukan latihan, seperti bicep curls, shoulder press, dan lunges dengan menggunakan Dumbbell.


3. Kettlebell


Kettlebell termasuk alat angkat beban yang terdiri dari bola logam dengan pegangan di bagian atasnya. Alat ini menawarkan latihan yang berfokus pada gerakan fungsi tubuh, seperti swing, snatch, dan turkish get-up yang tidak hanya memperkuat otot tetapi juga memperbaiki keseimbangan, fleksibilitas, dan koordinasi.

Perbedaan mencolok dari Kettlebell dibandingkan alat lainnya, yakni memiliki pusat massa di dekat pegangan. Kondisi ini memberikan tantangan yang lebih besar dalam menjaga keseimbangan dan stabilitas selama latihan. 

Salah perhitungan sedikit saja, bisa-bisa bola besi tersebut memukul tubuh Anda atau pun terlempar ke tempat yang tidak seharusnya sehingga menyebabkan kerusakan.


4. Resistance Band


Resistance band adalah pita elastis yang memberikan resistensi saat ditarik. Alat ini sering digunakan untuk latihan peregangan dan kekuatan hingga pemulihan cedera. 

Kekuatan resistensi dapat dengan mudah Anda sesuaikan dengan cara memvariasikan panjang atau menggulungnya untuk meningkatkan maupun mengurangi resistensi.

Resistance band bisa menjadi pilihan yang terbaik jika Anda ingin memiliki alat yang ringan, portabilitas, mudah disimpan, risiko cedera rendah, serta mampu memberikan variasi latihan yang luas.

Dengan menggunakan resistance band, Anda dapat melakukan berbagai macam latihan, misalnya saja: Squat, Chest Press, Lat Pull Down, Shoulder Press, dan lain-lain.


5. Weight Plates


Weight plates adalah piringan logam yang digunakan sebagai beban tambahan pada berbagai peralatan olahraga demi meningkatkan resistensi yang diperlukan untuk pertumbuhan otot. 

Alat ini tersedia dalam berbagai ukuran, berat, dan jenis untuk memenuhi kebutuhan latihan yang berbeda.

Terdapat dua jenis lubang pada Weight Plates yang digunakan untuk dua kondisi, yakni olimpiade dan latihan standar. 

Weight Plates Plimpiade memiliki lubang yang lebih besar (50 mm atau sekitar 2 inci) karena akan digunakan dengan barbel olimpiade yang ukurannya pun lebih besar. Sementara Weight Plates Standar biasanya memiliki lubang sekitar 25 mm (sekitar 1 inci).

Anda bisa memasang Weight Plates pada barbel, mesin berat, atau pun dipegang begitu saja menggunakan tangan sebagai tambahan resistensi saat melakukan bodyweight.


6. Ez Curl Bar


Ez Curl Bar adalah sebuah alat olahraga angkat beban yang digunakan untuk melakukan latihan kekuatan, terutama untuk membentuk otot biceps dan triceps. 

Alat ini mirip dengan Barbel tapi memiliki desain yang sedikit melengkung di bagian tengahnya sehingga akan memberikan pegangan yang lebih nyaman dan  gerakan yang lebih bervariasi. Latihan yang umum dilakukan menggunakan Ez Curl Bar adalah biceps curl dan triceps extension.

Alat bernama Ez Curl Bar ini biasanya memiliki berat yang bervariasi, mulai dari sekitar 10-25 kilogram. Panjangnya juga berbeda-beda tetapi umumnya lebih pendek dibandingkan dengan barbel biasa.


7. Weighted Bar


Weighted bars adalah alat latihan yang terdiri dari batang logam panjang dengan piring-piring berbobot yang dapat dilepas di kedua ujungnya. Alat ini digunakan untuk latihan kekuatan dan pembentukan tubuh.

Berbeda dengan Barbel standar yang memiliki beban tetap, Weighted Bars memiliki piring-piring yang bisa dilepas dan diganti dengan yang berbeda-beda beratnya. Ini memungkinkan penggunanya untuk menyesuaikan beban sesuai dengan tingkat kekuatan dan kebutuhan latihan.

Latihan dengan Weighted Bars dapat melibatkan berbagai gerakan, seperti squats, deadlifts, lunges, overhead presses, curls, serta latihan-latihan lain yang bertujuan untuk memperkuat berbagai kelompok otot dalam tubuh.


8. Mesin Angkat Beban


Mesin angkat beban atau weight lifting machine adalah peralatan yang dirancang khusus untuk membantu penggunanya melakukan latihan kekuatan dan kebugaran fisik dengan menggunakan beban atau resistensi tertentu. 

Mesin-mesin ini dapat digunakan untuk melatih berbagai otot tubuh, mulai dari otot besar seperti otot punggung, dada, dan kaki hingga otot-otot yang lebih kecil seperti bahu, lengan, dan perut. 

Beberapa mesin angkat beban yang paling umum kita jumpai di pusat kebugaran, di antaranya, leg press machine, barbell machine, lat pulldown machine, pec deck fly, cable crossover machine, dan masih banyak lagi.

Keuntungan mesin angkat beban daripada alat lainnya adalah kemudahan penggunaan dan aspek keamanannya yang lebih tinggi. Anda juga bisa lebih mempertahankan postur tubuh yang benar selama latihan.






Jika Anda sedang mencari perlengkapan olahraga, perlengkapan fitness, perlengkapan yoga, ataupun perlengkapan olahraga yang bisa dipakai dirumah tanpa perlu datang ke gym, FITS adalah solusi terbaik pilihan Anda. FITS menyediakan perlengkapan olahraga terlengkap dengan kualitas original dan harga terbaik.

Anda bisa mendapatkan semua produk FITS di e-commerce favorit Anda secara online maupun langsung belanja di toko offline FITS. Tap atau klik SHOP NOW pada banner dibawah ini dan mulailah pengalaman olahraga lebih baik bersama FITS!





Official E-Commerce

Temukan produk resmi SFIDNFITS di toko online berikut ini