Blog

Image

Label Baju Olahraga: Definisi, Fungsi, dan Jenis

November 1st, 2020

sfidnfits.com - Label pakaian biasanya memberikan informasi produk kepada konsumen. Melalui label, konsumen akan mengetahui kualitas dan fitur produk yang ditawarkan sebelum membeli. Standar dan grade produk pun akan terlihat dari label yang digunakan. Umumnya, label baju menyediakan informasi harga, kuantitas, cara menggunakan, cara mencuci, dan sebagainya. 


Apa Itu Label Baju?

Label baju adalah objek yang ditujukan untuk memberikan informasi tentang produk tersebut. Dalam industri garmen, label pakaian biasanya digunakan untuk mencantumkan logo, informasi ukuran pakaian, bahan yang digunakan, dan cara perawatan pakaian. 

Label perawatan dan cara mencuci pakaian biasanya mengikuti standar yang telah ditentukan. Label cara mencuci baju yang diberikan pada produk umumnya mengikuti standar yang dikembangkan American Society for Testing and Material (ASTM). Aturan pelabelan berisi satu tahap metode pencucian yang dikembangkan oleh Federal Trade Commission (FTC) tahun 1972 untuk label Paxar. 

Ada beragam fungsi dan jenis label baju, terutama label baju olahraga. Berikut beberapa label yang telah SFIDN FITS rangkum. 


Fungsi dan Jenis Label Baju


1. Label Baju Permanen 



Label baju permanen biasanya dijahit menyatu dengan sebuah produk, misalnya pakaian. Umumnya, label permanen dibuat dari bahan nilon, satin, maupun woven. Contoh label baju permanen adalah label brand dan wash care. 


Label brand berisi informasi tentang nama produk. Tujuan diciptakannya label brand adalah untuk identifikasi produk, mencegah peniruan produk, dan mempermudah konsumen saat pencarian produk. Sementara itu, label wash care berisi tata cara pencucian atau perawatan produk. Biasanya dalam wash care terdiri atas lima simbol informasi. Berikut lima simbol tersebut. 


Simbol washing (perawatan pencucian)

sumber: kaospabrik.com


Umumnya simbol ini bergambar wadah yang berisi air dan dilengkapi titik, garis, silang, dan gambar tangan. Selain itu, bisa pula dilengkapi dengan keterangan suhu. 


Simbol bleaching (perawatan dengan pemutih) 



sumber: blackxperience.com



Biasanya simbol perawatan pemutih berbentuk segitiga dan dilengkapi simbol garis dan silang. Garis dan silang pada simbol menandakan informasi yang berbeda. Jangan sampai salah saat membaca petunjuk pencucian. 


Simbol proses pengeringan


sumber: arielarabia.com


Proses pengeringan terdiri atas dua simbol, yaitu kotak artinya pengering tanpa mesin cuci dan simbol kotak dengan lingkaran di dalamnya berarti pengeringan dengan mesin cuci. 


Simbol ironing (proses penyetrikaan)



sumber: blackxperience.com


Simbol ini dibuat dengan bentuk tanda titik, silang, dan dua garis dengan silang di bagian bawah. 


Simbol perawatan dengan dry cleaning 


sumber: lifesentenceindustry.com


Biasanya ditandai dengan bentuk dasar lingkaran atau bulat. Ada pula simbol pelengkap lainnya berupa huruf, yaitu a, p, f, w, dan tanda silang. 


2. Label Baju Temporer


sumber: jualtagpin.com


Label baju jenis ini biasanya digunakan sebagai pelengkap label permanen. Biasanya, label ini berisi informasi pelengkap yang tidak dapat dimuat dalam label permanen. Contoh label baju temporer adalah hang tag dan stiker. 


Label hang tag terbuat dari bahan kertas, mika, atau acrylic. Umumnya yang dimuat dalam hang tag adalah nama brand, barcode, dan price tag. Cara penggunaan label ini terbilang mudah, cukup digantungkan menggunakan tali atau benang ke pengait loop in. Lain halnya dengan hang tag, label stiker biasanya digunakan untuk informasi ukuran atau size baju maupun sepatu.