Blog

Info
Image

Keren! Inilah 4 Stadion Badminton Terbaik di Dunia

December 9th, 2019

sfidn.com - Badminton adalah salah satu cabang olahrga yang banyak diminati. Selain Indonesia, negara lainnya yang meminati cabang olahraga ini adalah, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, Denmark, Swiss, dll. Oleh karena itulah berbagai turnamen badminton internasional sering diadakan setiap tahun. Berbagai turnamen tersebut diadakan pada berbagai negara dengan stadion yang unik dan mampu memfasilitasi para penontonnya.

 

Pada dasarnya, stadion lapangan khusus badminton memang tidak ada. Namun, tempat penyelenggarannya tentu ada, seperti bangungan, kapasitas tempat duduk penonton, dan berbagai sarana-prasarana lainnya. Selanjutnya, tinggal bagaimana tuan rumah penyelenggara badminton membuat stadion badminton yang ramah untuk bermain dan bertanding saja. Tentu saja hal itu dikarenakan tidak adanya stadion khusus cabang olahraga badminton. Nah, pada artikel kali ini kami akan menginformasikan 4 stadion badminton terbaik didunia berdasarkan tampilan fisik, kapasitas penonton, serta fasilitasnya.

 

1. Barclaycard Arena


Barclaycard Arena adalah stadion badminton yang paling bergengsi, kenapa? karena tempat ini adalah tempat diselenggarakannya turnamen badminton tertua di dunia, yaitu All England, dengan berbagai fasilitasnya yang mumpuni. Barclaycard Arena juga merupakan suatu area indoor untuk berbagai kegiatan olahraga dan hiburan lainnya. Stadion yang dibuka pada tanggal 4 Oktober 1991 ini merupakan salah satu bagian bisnis keluarga NEC grup. Berdasarkan kapasitasnya, Arena ini memiliki kapasitas penonton hingga 15 ribu orang, lengkap dengan berbagai fasilitas ekslusifnya.

 

Stadion ini juga memiliki gaya arsitektur modern yang sangat megah dengan pintu masuk dan fasad stadion yang terbuat dari kaca menghadap kanal dengan tiga pancang lampu. Stadion ini juga sering digunakan sebagai arena cabang olahraga lainnya, seperti tenis, netball, judo, atletik, dan lainnya. Barclaycard Arena sering disebut sebagai rumahnya All England. Jadi, pada dasarnya stadion Barclaycard Arena sudah memiliki keistimewaannya sendiri.

 

2. Singapore Indoor Stadium


Stadion yang satu ini adalah stadion olahraga dan hiburan terbesar yang dimiliki negeri Singapura. Stadion ini juga merupakan bagian dari kompleks Singapore Sports Hub. Turnamen badminton yang diadakan di sini adalah Singapore Open. Stadion yang dibangun pada tanggal 1 Januari 1985 ini memilki desain yang menarik, dimana atap bangunan ini berbentuk kerucut tanpa adanya pilar mapupun tiang.

 

Singapore Indoor Stadium juga mempunyai susunan arena yang bisa disesuaikan dan diatur, baik untuk event olahraga maupun event hiburan. Secara keseluruhan, stadion ini mampu menampung penonton hingga 12.000 orang. Pada bagian belakang pun para penonton akan dimanjakan dengan pemandangan tepi sungai atau kanal yang dinamai Stadium Waterfront, yang di dalamnya mereka bisa menikmati aneka kuliner maupun berbelanja.

 



3. Taipei Arena


Taipei Arena adalah tempat diselenggarakannya Chinese Taipei Open GPG. Stadion ini juga merupakan tempatnya berbagai event akbar diselenggarakan, seperti event olahraga, hiburan, bisnis, dll. Pada mulanya, Stadion ini bernama Taipei Municipal Baseball Stadium lalu kemudian diubah menjadi Taipei Arena. Total area stadion ini memiliki luas 90.900 meter persegi, dengan daya tampung sebanyak 15.000 orang.

 

Pada aula pertamanya, stadion ini memiliki dua tingkat bawah tanah dan lima tingkat beton bertulang di atas lantai utama. Di sana juga disediakan fasilitas lift atau elevator untuk mencapai tingkat yang tinggi. Di aula utama juga terdapat ruang lounge, make up, dan kantor bagi para artis, atlet, maupun tim resmi. Selain itu, ada juga sejumlah toko baju, tempat makan, pusat fitnes, hiburan keluarga, dll. yang sangat memanjakan para pengunjung.

 

4. Istora Senayan


Walau stadion badminton ini lebih kecil dibanding 3 stadion di atas, namun Istora Senayan pernah menjadi tuan rumah bagi cabang olahraga badminton internasional, yaitu Asean Games 2018. Stadion Istora Senayan saat ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 7.000 pasca direnovasi pada tahun 2016 lalu. Pencahayaan didalamnya juga menggunakan lampu berkulalitas terbaik yang mampu menerangi stadion tanpa membuat para atlet nya kepanasan.

 

Itulah ke-4 stadion badminton terbaik di dunia yang cukup keren dan bergengsi. Kitapun patut bangga karena salah satu dari ke-4 stadion tersebut dimiliki Indonesia, yaitu Stadion Istora Senayan. Bagaimana, apakah Anda pernah bermain badminton di Istora Senayan?