Blog

Image

Kenali 6 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Terjadi

June 25th, 2021

sfidnfits.com - Sadar atau tidak, setiap orang pasti pernah mengalami masalah pencernaan minimal sekali seumur hidup. Mengalami masalah pencernaan, tentu menjadi hal yang tidak nyaman untuk dirasakan. Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan pun akan membuat aktivitas Anda jadi tidak berjalan optimal.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui masalah pencernaan yang paling sering terjadi agar Anda bisa tahu tentang kondisi tubuh Anda dan cara penanganannya. Berikut beberapa masalah pencernaan yang sering terjadi. 

 

Kenali 6 Masalah Pencernaan yang Paling Sering Terjadi


1.      Diare


Diare adalah kondisi di mana Anda sering buang air besar disertai dengan keluarnya feses yang mengandung banyak air. Mengalami masalah pencernaan ini akan membuat Anda merasakan perut yang sakit dan melilit. Diare biasanya terjadi selama 2-3 hari saja, setelah itu pencernaan Anda akan kembali baik seperti semula.

Banyak penyebab mengapa Anda bisa mengalami diare, seperti kemampuan tubuh tidak bisa menyerap makanan, makanan mengandung gluten, infeksi pada usus dan makanan yang sudah terkontaminasi virus dan bakteri. Namun, meski diare adalah masalah pencernaan yang paling umum terjadi, Anda tidak boleh mengabaikannya, terlebih bila kondisi ini berlangsung hingga 2-4 minggu lamanya.


2.      Sembelit


Kebalikan dari diare, sembelit adalah kondisi di mana Anda sulit buang air besar. Seseorang yang sembelit biasanya buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Sulitnya buang air besar ini akan membuat perut Anda menjadi tidak nyaman.

Penyebab umum yang paling sering terjadi saat mengalami sembelit adalah makanan yang Anda konsumsi tidak cukup serat dan kurang minum air putih. Untuk melancarkannya, Anda bisa mengkonsumsi makanan tinggi serat  dan membeli obat pelancar buang air besar yang terjual bebas di apotik.


3.      GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)


GERD adalah kondisi ketika asam lambung naik ke tenggorokan. Hal inilah yang kemudian membuat Anda merasakan mulas, dada yang terasa nyeri, mual dan kondisi tidak nyaman lainnya. Mengontrol GERD biasanya dimulai dengan perubahan gaya hidup sederhana, termasuk menghindari makanan setidaknya dua jam sebelum tidur, meninggikan kepala tempat tidur, menghindari pakaian ketat dan berhenti merokok. Anda juga bisa membeli obat yang terjual bebas di apotek saat Anda mengalami GERD, terutama untuk mengurangi rasa mulas.




4.      Wasir


Wasir adalah peradangan pada pembuluh darah di ujung saluran pencernaan Anda yang bisa terasa sakit dan gatal. Gejala yang muncul biasanya muncul darah saat Anda buang air besar. Penyebab mengapa kondisi ini bisa terjadi karena sembelit kronis, diare, kebiasaan mengejan saat buang air besar dan kekurangan serat dalam makanan yang Anda konsumsi.

Anda bisa mengatasi wasir dengan cara makan lebih banyak serat, minum lebih banyak air putih, dan berolahraga. Selain itu, Anda bisa membeli obat dan krim yang terjual di apotik untuk meredakan gejala wasir untuk sementara.


5.      Penyakit radang usus


Radang usus adalah penyakit pada sistem pencernaan yang mengalami peradangan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman pada bagian perut. Penyakit ini biasanya dimiliki jangka Panjang. Penyakit radang usus ditandai dengan diare, sakit perut, kehilangan nafsu makan, demam, dan penurunan berat badan.

Untuk meredakannya, Anda bisa membeli obat-obatan yang terjual bebas. Namun, jika tidak kunjung membaik, maka tindakan operasi harus dilakukan.


6.      Batu empedu


Batu empedu adalah endapan keras yang terbentuk di kantong empedu Anda. Kantong kecil berbentuk seperti buah pir ini menyimpan dan mengeluarkan empedu untuk pencernaan. Batu empedu dapat terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol, atau limbah dalam empedu Anda, atau jika kantong empedu Anda tidak bisa mengosongkan dengan benar.

Ketika batu empedu menghalangi saluran yang mengarah dari kantong empedu ke usus Anda, maka itu dapat menyebabkan rasa sakit yang tajam di perut bagian kanan atas Anda. Obat terkadang melarutkan batu empedu, tetapi jika itu tidak berhasil, langkah selanjutnya adalah operasi untuk mengangkat kantong empedu.

Itulah tadi deretan masalah pencernaan yang paling sering terjadi. Setelah Anda mengetahuinya, sekarang Anda harus lebih waspada karena meskipun semua masalah pencernaan itu umum terjadi, tapi jika berlangsung dalam waktu yang lama itu dapat menjadi masalah yang serius dan Anda harus mengkonsultasikannya ke dokter.


Referensi :

https://www.tanner.org/the-scope/6-common-digestive-disorders

https://www.healthgrades.com/right-care/digestive-health/10-common-digestive-disorders

https://www.everydayhealth.com/digestive-health/common-digestive-conditions-from-top-bottom/