Blog

Image

Kain Spandek untuk Baju Olahraga: Kelebihan dan Kekurangannya

November 4th, 2020

sfidnfits.com - Kain elastane atau dikenal juga dengan kain spandek adalah bahan yang dibuat dengan sifat yang elastis. Bahan spandek bisa meregang hingga 58 kali dari ukuran normalnya. Kain ini diciptakan dari bahan sintetis dan berfungsi untuk menggantikan karet. Spandek bukanlah nama merek, istilah ini digunakan untuk merujuk pada kain kopolimer polieter-poliurea yang dibuat dengan berbagai proses produksi. 

Spandek dikenal juga dengan kain lycra atau elastane. Ketiga istilah tersebut sama artinya. Spandek murni biasanya tak digunakan dalam pakaian, mereka hanya menjadi kain tambahan yang ditenun menjadi serat sintetis atau semi sintetis. Hal itu juga terjadi pada baju olahraga. Biasanya, spandek hanya dijadikan bahan tambahan. 

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat spandek adalah poliuretan, yang dikembangkan pada tahun 1937 oleh IG Farben di Jerman. Pada akhir Perang Dunia II, ratusan ilmuwan Jerman memulai karier baru mereka di Amerika Serikat dan banyak ahli tekstil di IG Farben dipindahkan ke DuPont Corporation, yang merupakan pusat pengembangan tekstil sintetis. 

Dengan penelitian poliuretan, DuPont berusaha membuat kain polimer baru dengan elastisitas tinggi. Selama proses pengembangan, para ilmuwan di DuPont menyebut kain ini dengan istilah spandek. Setelah selesai dibuat, kain ini dijual dengan nama lycra, tetapi konsumen lebih suka menyebut bahan ini spandeks. Belakangan, muncul istilah yang lebih populer di industri garmen, yaitu elastane. Umumnya, spandek digunakan sebagai bahan tambahan untuk pakaian-pakaian form-fitting. Misalnya, pakaian dalam dan pakaian olahraga. 

Ada beragam kelebihan dan kekurangan dari tiap bahan yang digunakan pada pakaian, tak terkecuali spandek. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan spandek yang harus Anda ketahui.


Keunggulan Bahan Spandek 


Kain spandek dapat kembali ke ukuran normal 

Bahan ini terkenal dengan karakter elastisnya sehingga akan menciptakan kesan yang nyaman jika digunakan sebagai bahan tambahan pada pakaian olahraga. Kain ini tentunya tidak akan membatasi gerak Anda saat berolahraga. 


Tidak mudah berkerut 

Jika dicuci menggunakan tangan, bahan ini tidak akan mengerut. Bahan ini tidak harus melalui tahap pencucian khusus. Setelah dicuci, jenis bahan spandek ini bisa dikeringkan dan disetrika. 


Terdiri atas beberapa jenis 

Sebelum tercipta menjadi kain, spandek diteliti dan dikombinasikan dengan beberapa bahan kimia lainnya. Hal itu membuat bahan ini terdiri atas beragam jenis. Ada beberapa jenis kain spandek, antara lain nilon spandek, cotton spandek, spandek polyester, spandek korea, spandek jersey, katun spandek, dan spandek denim. 


Kekurangan Kain Spandek untuk Pakaian Olahraga 


Daya serap kurang baik
Spandek memiliki daya serap yang kurang baik, jadi jika Anda ingin menggunakan bahan ini pada pakaian olahraga, pastikan pakaian tersebut tidak mengandung 100% kain spandek. Dengan kata lain, spandek hanya dijadikan bahan tambahan dalam pakaian. 


Kain spandek sensitif terhadap panas
Spandek adalah salah satu kain yang memiliki tingkat sensitif tinggi terhadap panas. Jadi, hindari mencuci kain spandek dengan air panas. Hal itu akan merusak serat kain. Hindari pula menjemur kain dengan paparan sinar matahari langsung. 

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, kain spandek ternyata baik untuk dijadikan bahan tambahan dalam pakaian olahraga. Salah satu brand lokal pakaian olahraga, yaitu SFIDN FITS telah menggunakan kain spandek sebagai bahan tambahan saat proses produksi barang. Persentase kain spandek yang digunakan hanya sekitar 5 hingga 15 persen. Bahan utama yang cenderung digunakan adalah polyester. Berikut beberapa produk terbaik SFIDN FITS yang menggunakan tambahan kain spandek. 


1. Threadcool Laserstripe Sports Shirt

     


Pakaian olahraga ini diproduksi dengan 94% bahan polyester yang dilengkapi dengan 6% bahan spandek. Threadcool Laserstripe Sports Shirt adalah pakaian yang nyaman untuk olahraga karena diproduksi dengan teknolog dri-fit. Model pakaian ini pun tentunya akan membuat Anda tetap stylish saat olahraga. 


2. Threadcool Spotlight Shirt

 


Hadir dengan dua warna, yaitu biru dan abu, Threadcool Spotlight Shirt diproduksi dengan teknologi dri-fit dengan 6% bahan spandek dan bahan utama polyester. Bahan spandek dalam pakaian ini hanya dijadikan kain tambahan untuk menambah pakaian ini tetap stylish dan elastis. 


3. Fits Threadcool Dotmatrix Sports Shirt

            


Kain polyester yang menjadi bahan utama dalam pakaian ini akan membuat Anda terhindar dari kelembapan. 6% bahan spandek pada Fits Threadcool Dotmatrix Sports Shirt digunakan untuk membuat pakaian ini tak mudah mengerut dan elastis sehingga menimbulkan kesan yang nyaman bagi para penggunanya. 

Itulah serba-serbi kain spandek yang harus Anda ketahui. Jadi, kain spandek kurang cocok untuk pakaian olahraga. Namun, kain ini dapat digunakan sebagai bahan tambahan pada pakaian dalam ataupun pakaian olahraga.