Blog

Image

Ini Dia Penyebab Wajah Merah setelah Olahraga

January 25th, 2021

sfidnfits.com - Wajah merah setelah olahraga adalah permasalahan yang umum terjadi, terutama pada perempuan yang memiliki kulit sensitif. Ketika Anda olahraga lari, tubuh menghasilkan panas. Keringat membantu Anda menurunkan suhu tubuh. 

Saat lari, tubuh Anda juga meningkatkan suplai darah ke kulit untuk mengatur suhu tubuh. Pembuluh darah kapiler pada tubuh Anda membesar sehingga darah lebih banyak mengalir melaluinya dan memancarkan suhu panas keluar melalui kulit. 

sumber: seputarilmu.com


Kapiler adalah pembuluh darah kecil yang dilapisi dinding tipis yang menghubungkan arteriol dengan venula. Kapiler disebut juga dengan pembuluh pertukaran. Jenis pembuluh darah ini adalah tempat pertukaran darah bersih yang membawa oksigen. 

Diameter pembuluh darah kapiler di pipi lebih lebar dan lebih dekat dengan permukaan dibandingkan di tempat lain. Jadi, ketika pembuluh darah membesar, darah merah lebih banyak mendekati permukaan kulit sehingga memberikan efek kemerahan pada wajah. 

Berikut ini beberapa penyebab wajah merah setelah olahraga yang harus Anda ketahui.


Penyebab Wajah Merah setelah Olahraga


1. Respon alami tubuh



Pada saat berolahraga, tubuh menghasilkan suhu panas. Saat tubuh memanas, suhu inti dan suhu kulit mengalami peningkatan. Untuk menstabilkan suhu tubuh, pembuluh kapiler di seluruh tubuh, terutama di wajah akan melebar dan membesar. 

Pelebaran ini disebut dengan vasodilatasi yang akan membuat kulit menjadi kemerahan. Warna merah pada kulit disebabkan pembuluh kapiler lebih banyak membawah darah ke bawah kulit. Kulit wajah yang cenderung tipis membuat bagian wajah tampak lebih merah dibandingkan bagian tubuh lainnya. 



2. Olahraga saat cuaca panas



Kulit wajah akan lebih merah jika Anda melakukan olahraga intens di tengah cuaca panas dan lembap. Saat cuaca panas, sebaiknya Anda berolahraga di pagi atau sore hari. Selain itu, pastikan Anda tetap terhidrasi selama berolahraga. 

Jika wajah masih memerah setelah beberapa menit latihan, cobalah membasuh air ke bagian wajah Anda. Apabila Anda mengalami wajah merah diiringi dengan mual dan pusing, kemungkinan Anda menderita penyakit yang berkaitan dengan suhu panas, misalnya dehidrasi. 


3. Gejala heat stroke 



Wajah merah setelah olahraga memanglah hal yang normal. Namun, jika wajah merah disertai dengan keringat berlebih dan demam di atas 40 derajat Celcius, sebaiknya Anda segera beristirahat. Hal itu bisa kemungkinan adalah gejala heat stroke. 

Heat stroke adalah kondisi saat suhu tubuh meningkat drastis dalam waktu cepat sehingga tubuh tidak mampu atau tidak memiliki cukup waktu untuk mendinginkan tubuh. Hal itu membuat Anda tidak merasakan kepanasan hebat. Heat stroke terjadi saat tubuh kena paparan suhu panas di luar batas toleransi tubuh. Tak hanya itu, kondisi ini juga dapat dipicu dengan lelahnya aktivitas fisik dengan intensitas tinggi yang dapat menaikkan suhu tubuh, seperti olahraga di siang hari. 

Itulah beberapa penyebab wajah merah setelah olahraga. Pastikan tubuh Anda terhidrasi sebelum, selama, dan setelah olahraga untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.