Blog

Image

Ini Dia Manfaat Catatan Harian Diet dan Cara Membuatnya

March 17th, 2021

sfidnfits.com - Diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal memang tidak mudah. Berdasarkan penelitian dari Fred Hutchinson Cancer Research Center, terdapat beberapa hal yang menentukan keberhasilan program diet. Dua di antaranya adalah membuat catatan harian dan disiplin terhadap pola makan.

Membuat catatan harian selama program diet dapat membantu Anda menurunkan berat badan sekitar 2,7 kg lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak mencatat progress diet. Tak hanya dapat membuat penurunan berat badan lebih cepat, catatan harian diet juga memiliki beragam manfaat lainnya. 

Berikut manfaat dan cara membuat catatan harian diet yang telah SFIDN FITS rangkum. 


3 Manfaat Catatan Harian Diet untuk Bentuk Tubuh Lebih Ideal 




1. Diet konsisten 


Membuat catatan harian saat menjalankan program diet akan membantu Anda lebih konsisten. Anda dapat mengetahui waktu makan dan durasi waktu makan sehingga berat badan lebih mudah turun. Catat makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya, catatan dibawa ke mana pun. Jika merasa kesulitan membawa catatan, kini telah tersedia beberapa aplikasi yang mendukung Anda mencatat total asupan yang dikonsumsi selama diet. 


2. Total kalori yang dikonsumsi lebih akurat 


Dengan membuat catatan harian diet, Anda bisa mengetahui porsi makanan yang disantap. Anda juga dapat mencatat jumlah kalori yang terdapat dalam bungkus kemasan makanan. Hal itu bertujuan untuk mengontrol total kalori yang dikonsumsi. 


3. Menjadi motivasi diet


Jika Anda mencatat berat badan awal, proses penurunan berat badan, dan jumlah kalori yang dikonsumsi, catatan tersebut dapat menjadi motivasi untuk Anda. Hal itu membuat Anda lebih menghargai proses penurunan berat badan. 


Cara Membuat Catatan Harian Diet




1. Timbang berat badan 


Membuat catatan harian saat program diet dapat dimulai dari menimbang berat badan Anda. Mencatat berat badan yang hilang atau diperoleh selama jangka waktu tertentu adalah metode yang baik ketika diet. Anda juga bisa membuat grafik timbangan berat badan selama program diet. 


2. Mengukur tubuh dalam satuan inci 


Jika Anda ingin mengurangi berat badan, namun merasa kurang percaya diri ketika menimbang berat badan, Anda bisa mengukur bentuk tubuh dengan satuan inci. Selama proses diet, Anda bisa melihat perubahan di sekitar dada, pinggang, pinggul, lengan, dan ukuran tubuh. Catatlah jumlah ukuran, baik sebelum, selama, hingga proses diet berakhir. Angka-angka tersebut akan membuat Anda dapat membandingkan bentuk tubuh.


3. Perhatikan jurnal-jurnal diet 


Sebagai referensi jenis diet atau aturan diet yang baik dan benar, sebaiknya Anda memperbanyak pengetahuan dari jurnal-jurnal penelitian atau tulisan ilmiah yang telah terpercaya. Hindari tulisan-tulisan tentang diet yang sumbernya masih diperdebatkan. Anda bisa mengakses jurnal-jurnal yang memuat nutrisi atau kalori makanan. Tak hanya itu, belakangan ini, beberapa website juga telah menyediakan fitur analisis body mass index atau indeks massa tubuh. Berdasarkan website-website yang terpercaya, Anda bisa memilih jenis diet dan mengatur ulang tujuan diet Anda. 


4. Catat jumlah kalori yang dikonsumsi 


Setelah memperhatikan jenis diet yang cocok untuk tubuh, kini saatnya Anda mencatat jumlah kalori harian yang dikonsumsi. Nutrisi dan kalori yang Anda makan dapat dilihat dari bungkus makanan atau Anda dapat mengaksesnya secara online di Public Health Nutrition. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa bantuan aplikasi diet di smartphone Anda. 


5. Perhatikan jadwal minum air mineral


Minum air mineral dapat membuat sistem pencernaan lebih efisien dan lancar sehingga terhindar dari sembelit. Cairan dalam tubuh juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dan membantu pembakaran lemak. Anda bisa mencatat jadwal minum air putih dan total jumlah konsumsi. Berdasarkan sebuah studi, mencukupi kebutuhan cairan sekitar 8 gelas air mineral atau sekitar 2 liter air bisa membantu membakar 100 kalori per hari. 

Itulah manfaat dan cara membuat catatan harian diet. Selain membuat catatan harian diet, Anda juga dapat mengimbangi program penurunan berat badan dengan olahraga rutin.