Blog

Info
Image

Ini Dia Beberapa Manfaat Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

July 23rd, 2019

sfidnfits.com – Disaat sebagian orang lebih bisa berkonsentrasi saat berada pada kondisi yang sepi sunyi melakukan dan menyelesaikan tasklist pekerjaannya, sebagian orang lainnya merasa lebih nyaman mendengarkan musik saat bekerja. 

Beberapa Manfaat Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Cornell University, menghasilkan fakta jika mendengarkan musik saat bekerja bisa mengatasi rasa bosan dan memperbaiki mood. Selain itu, mendengarkan musik juga bisa tingkatkan produktivitas kerja secara signifikan ( meningkatkan konsentrasi dan kreativitas), dan juga berpengaruh dalam meningkatkan semangat dan motivasi saat bekerja.

Dibawah ini adalah penjelasan lengkap dari ke empat manfaat bekerja sambil mendengarkan musik :

1. Memperbaiki mood



Berdasarkan studi, mendengarkan lagu santai bisa tingkatkan kadar hormone serotonin dan dopamine. Dua hormone ini dipercaya sebagai hormone kebahagiaan dan kenikmatan to otakmu. Beberapa orang mungkin berangkat kerja dengan hati yang bahagia, tapi beberapa orang lainnya mungkin berbeda. Dengan mendengarkan musik, mood bisa diperbaiki dengan cara mendengarkan musik favoritmu. Pastikan kamu memilih lagu dengan tempo yang riang & ceria. Hindari memilih lagu yang sedih karena justru akan membuatmu semakin sedih dan berpengaruh ke performa pekerjaanmu.


2. Meningkatkan konsentrasi dan kreativitas



Did you know? Dengan mendengarkan musik genre classic selama 7 menit akan meningkatkan kecerdasan otakmu? Musik klasik sangat baik untuk kamu yang membutuhkan fokus dalam melakukan pekerjaan. Dengan adanya musik saat bekerja, otak akan lebih rileks, sehingga secara langsung akan muncul banyak ide yang bisa diimplementasikan di pekerjaanmu.


3. Mengurangi Stress



Dengan mendengarkan lagu favorit, kamu bisa lebih rileks dan stress akan berkurang. Saat pikiran kita stabil dan bebas dari stress, sistem tubuhmu juga akan lebih stabil. Sehingga menimbulkan impact langsung kamu akan lebih produktif dalam bekerja nantinya.


4. Meningkatkan semangat dan motivasi



Untuk mereka yang sudah terbiasa mendengarkan lagu ketika bekerja akan merasakan hal ini. Tentu saja pilihan genre musik juga menjadi salah satu pertimbangan penting karena tidak semua musik memberikan manfaat saat didengarkan saat bekerja. Hindarilah musik dengan lirik karena bisa memecah konsentrasimu. Pilihlah genre musik yang tepat untuk bekerja seperti musik klasik atau musik bergenre instrumental. 


Pastikan jika kantormu memperbolehkan memutar musik menggunakan speaker kantor, rekan kerja tidak terganggu dengan musikmu karena preferensi musik setiap orang berbeda-beda. Jika rekan kerjamu memilih untuk tidak mendengarkan musik, kamu bisa gunakan headset atau earphone FITS Wireless agar tidak mengganggu lingkungan kerjamu sehingga rekan yang lain tetap bisa bekerja dengan optimal.