Blog

Tips & Trick
Image

Ingin Nyaman Naik MRT? Ikuti 7 Tips ini!

December 31st, 2019

sfidnfits.com – MRT atau Mass Rapid Transit Jakarta sudah resmi dibuka untuk umum beberapa bulan yang lalu. Transportasi kereta bawah tanah ini sudah siap melayani masyarakat dari stasiun lemak bulus, hingga Bundaran Hotel Indonesia. Banyak sekali masyarakat yang menyambut antusias transportasi ini. MRT mampu menghemat waktu hingga 30 menit saja dari Lebak Bulus–Bundaran HI dengan mengeluarkan duit minimal Rp 3000 saja. Kereta ini memiliki panjang 20 meter dengan rangkaian rolliing stock asal Jepang. Harapannya, kereta ini mampu mengangkut hingga 174 ribu orang setiap hari.

 

MRT juga mampu menawarkan banyak fasilitas yang lengkap pada setiap gerbongnya. Mulai dari penyejuk ruangan, cctv, hand straps, kursi prioritas, hingga tempat khusus untuk kursi roda. Tempat duduk yang ada pada gerbong nya saja terbuat dari fiber reinforced plastic dengan lebar 43 cm dan kedalaman 42 cm yang tahan api. Untuk Anda yang memang penasaran dengan MRT, berikut ini kami berikan 7 tips naik MRT yang lebih nyaman.

 

1. Patuhi Peraturan


Saat Anda pertama kali tiba di MRT, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membaca papan peraturannya. Papan peraturan tersebut berada di sudut stasiun, total ada 42 peraturan yang wajib di patuhi para penumpang, mulai dari dilarang makan dan minum di peron, hingga bersandar di bagian pintunya.

 

2. Mengisi Saldo


Anda diwajibkan untuk mempunyai kartu trip saat ingin menikmari MRT. Para pengelola menyediakan dua jenis kartu, yaitu single trip dan multi trip yan bisa dibeli lewat vending machine. Anda juga bisa menggunakan e-money untuk bisa naik transportasi ini, seperti BRI, BCA, Mandiri, BNI, dll. Namun, jangan lupa isi saldonya terlebih dahulu.

 

3. Maksimalkan Fasilitas


Sambil menunggu kereta MRT tiba, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas penunjang di stasiun MRT, seperti toilet modern. Jadi, Anda bisa buang air terlebih dahulu sebelum naik kereta agar lebih nyaman. Untuk para ibu menyusui, terdapat juga ruang laktasi untuk mereka. Ada juga mushola yang mampu memberikan rasa nyaman dalam beribadah untuk penumpang muslim yang ingin beribadah.

 

4. Nikmati Perjalanan Sambil Baca Buku


Dari lebak bulus – HI atau sebaliknya, Anda akan melewati 2-3 stasiun, selama waktu tersebut Anda bisa melakukan banyak hal, baca buku adalah salah satunya. Dengan ruangan yang nyaman, Anda bisa sangat konsentrasi baca buku sambil mendengarkan musik.

 

5. Utamakan Penumpang yang Keluar


Sesuai peraturan, utamakanlah penumpang yang ingin keluar terlebih dahulu, agar ketertiban naik-turun MRT bisa terjaga. Garis kuning yang ada di kanan dan kiri stasiun bisa Anda gunakan untuk menunggu kereta. Jika ketertiban bisa dijaga, maka ketepatan waktu dan keselamatan penumpang pun akan terasa.

 

6. Jangan Bawa Banyak Barang


Kenyamanan antar penumpang wajiblah dijaga, karena menggunakan transportasi umum, bukan transportasi pribadi. Salah satu cara dalam menjaga kenyamanan adalah dengan tidak terlalu membawa banyak barang bawaan. Jika terpaksa, silahkan Anda jinjing agar penumpang yang lain bisa lebih leluasa. Untuk Anda yang tidak membawa banyak barang, pastikan barang bawaan Anda tersimpan dengan rapih, agar tidak mengganggu orang sekitar. Cara ampuhnya adalah dengan memasukan barang bawaan Anda yang sedikit tersebut ke dalam tas sling bag atau tas selempang seperti Fits Lockdown Slingbag. Tas ini sangat cocok untuk perlengkapan masa kini Anda seperti dompet, smartphone, charger, powerbank, rokok, dan lainnya. Terbuat dari kain oxford, Fits Lockdown Slingbag adalah tas yang tahan air, Tahan lama, dibuat dengan baik, kompak dan luas, dengan penampilan yang indah dan mampu mendongkrak penampilan Anda.



 

7. Fasilitas Prioritas Dan Reguler Harus Anda Bedakan


Terdapat fasilitas reguler dan prioritas pada setiap rangkaian gerbong. Fasilitas prioritas ditujukan untuk ibu hamil, ibu pembawa anak, lansia, dan penyandang disabilitas. Tempat duduk kosong berwarna biru dan handle atau pegangan berwarna kuning adalah tempat khusus yang disediakan pengelola untuk mereka. Jadi, jangan ambil hak mereka yah.

 

Itulah ke 7 tips agar perjalanan naik MRT Anda menjadi lebih nyaman dan aman. Jadi, sudah siap mencoba MRT hari ini?