Blog

Image

Hati-Hati! Hindari 4 Kebiasaan Buruk ini Selama #dirumahaja

May 13th, 2020

sfidnfits.com – Dewasa ini, berbagai negara di dunia rata-rata lantang menyuarakan untuk #dirumahaja, termasuk Indonesia. Selain itu, beberapa daerah lainnya yang memiliki pasien positif COVID-19 banyak diharuskan untuk menerapakan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dengan adanya peraturan jam malam dan pembatasan segala bentuk kegiatan di luar rumah. Masyarakat pun mau tak mau harus patuh agar bisa memutus rantai penyebaran COVID-19 ini.

 

Berdiam diri di rumah dalam waktu yang lama tentunya akan membuat kita menjadi bosan karena harus melakukan kegiatan yang sama secara terus-menerus. Namun, bukan berarti kita harus melakukan apa saja demi mengusir rasa bosan tersebut, karena jika dilakukan hanya akan berefek buruk pada tubuh dan kesehatan. Lantas apa saja kegiatan yang harusnya di hindari selama #dirumahaja? Berikut ini adalah ulasannya.

 

1. Rebahan dalam Waktu yang Lama

 

Menarapkan anjuran untuk #dirumahaja tentu akan membuat kita menjadi bosan, yang akhirnya membuat kita untuk rebahan dalam waktu yang lama di rumah. Saat Anda harus rebahan secara terus menerus, maka kegiatan itu hanya akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh Anda. Kenapa? Karena Anda akan merasakan pegal di beberapa area tubuh, seperti punggung, bahu, leher, pinggang, serta daerah tubuh lainnya. Oleh karena itu, hindari lah untuk berlama-lama berada dalam posisi rebahan. Carilah kegiatan lain yang lebih bermanfaat untuk tubuh dan lingkungan rumah Anda.

 

2. Malas Membersihkan Rumah, Terutama Kamar Pribadi

 

Kegiatan malas membersihkan rumah, terlebih lagi kamar pribadi merupakan kegiatan lain yang sebaiknya Anda hindari. Kenapa? Karena setiap hari produksi debu, kotoran, bakteri dan virus akan terus tumbuh jika Anda tidak membersihkan rumah Anda. Sehingga, tubuh Andapun akan lebih rentan terserang penyakit, seperti penyakit kulit, flu, dll. Kondisi ini tentu tidak diinginkan oleh semua orang, termasuk Anda bukan?

 

3. Terlalu Banyak Membaca Berita COVID-19

 

Jika Anda memiliki terlalu banyak waktu luang saat #dirumahaja dan Anda hanya memainkan smartphone Anda untuk bersosial media dan mencari tahu berita terkini tentang COVID-19, maka ada baiknya kegiatan tersebut Anda tinggalkan mulai saat ini. Kenapa? Karena mengonsumsi berita COVID-19 yang terlalu sering, baik melalui media manapun yang belum terbukti kebenarannya, bisa membuat Anda rentan terkena penyakit dan membuat Anda menjadi semakin paranoid dari hari ke hari. Jika Anda ingin mengetahui informasi tentang COVID-19, carilah melalui jurnal ilmiah internasional yang sudah terbukti kredibilitasnya dan cukup seminggu atau dua minggu sekali saja mencari tahu tentang berita COVID-19. Selebihnya, gunakanlah waktu luang Anda untuk melakukan kegiatan lain secara normal tanpa harus ketakutan atau paranoid.

 



4. Malas Berolahraga

 

Jika Anda mengikuti anjuran untuk #dirumahaja, maka kegiatan berolahraga sebaiknya terus Anda lakukan secara rutin. Anda bisa melakukan alternatif olahraga lain yang bisa dilakukan di dalam rumah, seperti bodyweight workout, yoga, pilates, dll. Bahkan, ada beberapa aktivitas olahraga lain yang bisa Anda lakukan walau di atas kasur. Dengan tetap berolahraga walau #dirumahaja, maka kebugaran dan kesehatan tubuh akat terap terjaga, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

 

Itulah ke-4 kebiasaan buruk yang sebaiknya Anda hindari saat harus #dirumahaja. Masih ada kegiatan lainnya yang lebih bermanfaat dan positif untuk Anda lakukan, seperti yang sudah pernah kami bagikan pada halaman blog ini. Selain itu, selalu penuhi pikirian Anda dengan energi positif, dan jaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi tinggi, serta berolahraga. Semoga berguna, and stay healthy!