Blog

Info
Image

Hal-hal yang Menjadikan Danau Toba Begitu Istimewa

October 16th, 2019

sfidnfits.com – Jika berbicara tentang destinasi wisata yang perlu dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup, Danau Toba bisa jadi salah satunya. Keindahan alam dan arsitektur yang disuguhkannya begitu menyegarkan mata. Begitu pun dengan deretan sejarahnya yang melegenda. Beberapa hal lain juga menjadi faktor tambahan yang membuat Danau Toba begitu istimewa. Apa sajakah hal-hal itu?

Danau Vulkanik Terbesar di Dunia


Danau Toba merupakan danau seluas 1.145 km² yang terbentuk akibat letusan Gunung Toba. Luas wilayah tersebut menjadikan Danau Toba sebagai danau vulkanik terbesar di dunia sekaligus danau terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Bersama dengan luas wilayah tersebut, Danau Toba juga memiliki titik air terdalam sekitar 450 meter. Hal itulah yang membuat Danau Toba menjadi danau terluas dan terdalam di Asia Tenggara.

Panorama yang Menakjubkan


Danau Toba dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi. Tebing tersebut sebenarnya berupa bukit hijau yang dijadikan sebagai lokasi untuk menikmati panorama danau. Di sekitar Danau Toba juga terdapat banyak air terjun seperti Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Efrata, Air Terjun Situmurun, Air Terjun Janji, dan Air Terjun Binangalom yang tak kalah indah dan patut untuk dijelajahi. Keindahannya juga diikuti oleh keunikan-keunikan, dimana terdapat danau di atas danau dan pulau di atas pulau. Seperti Pulau Samosir yang berada di atas Pulau Sumatera dan Danau Sidihoni serta Danau Aek Natonag yang berada di atas Danau Toba.

Sarat akan Peninggalan Sejarah dan Budaya


Hal lain yang menjadikan Danau Toba begitu memesona ialah peninggalan sejarah dan budayanya. Di Pulau Samosir, terdapat Museum Batak, Makam Tua Raja Sidabutar, Museum Huta Bolon Simanindo, serta Huta Siallagan yang begitu sarat akan sejarah. Terlebih pada Huta Siallagan yang menjadi bukti sejarah dari praktek kanibalisme.

Selain itu, atraksi budaya juga bisa disaksikan di kawasan Danau Toba. Seperti atraksi patung menari atau Si Gale-Gale yang terdapat di Desa Tomok, Desa Simanindo, dan Desa Ambarita. Begitu pun dengan tarian Tor-Tor yang bisa diikuti oleh pengunjung dengan iringan musik khas Batak Toba.

Kaya akan Kesenian Khas Batak


Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba sebagian besar diisi oleh etnis Batak Toba. Dimana etnis tersebut mengandalkan tambak ikan, pertanian, dan pariwisata untuk kelanjutan hidupnya. Dari segi pariwisata, hotel-hotel di Pulau Samosir dilengkapi oleh nuansa eco-tourism yang banyak menggunakan arsitektur khas Batak. Begitu pun dengan Desa Adat, seperti Desa Dokan dan Desa Lingga di sisi lain Danau Toba yang diisi dengan Rumah Adat Si Waluh Jabuh. Di Desa Tomok dan Ambarita pun pengunjung bisa menemukan banyak penjual kain Ulos yang merupakan kain khas Batak.

Kaya akan Cerita Legenda


Hal lain yang menjadi daya tarik Danau toba ialah cerita legendanya. Legenda Danau Toba sudah sering terdengar dan muncul di buku cerita rakyat hingga buku pelajaran sekolah. Beberapa legenda yang paling terkenal ialah legenda terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir serta Legenda Batu Gantung. Dengan mengetahui legenda-legenda tersebut, bukan tidak mungkin perjalanan menjelajahi Danau Toba akan terasa lebih menyenangkan dan memberikan kesan berbeda.

Itu dia beberapa hal yang menjadikan Danau Toba begitu istimewa, setidaknya bagi kita masyarakat Indonesia. Jika ingin berkunjung dan menjelajahi setiap sudutnya, kamu memerlukan stamina dan kondisi kesehatan yang baik. Oleh karena itu, pastikan tubuhmu selalu terhidrasi dan jangan lupa membawa FITS Smart Shaker yang bisa menjadi shaker sekaligus botol minum.