Blog

Image

Fungsi Hand Grip Fitness dan Tips Memilihnya dengan Tepat

July 30th, 2021

sfidnfits.com - Otot lengan yang kuat adalah dambaan bagi para olahragawan. Dengan otot tersebut akan mempermudahkan Anda untuk melakukan berbagai macam latihan dan penampilan pun akan terlihat semakin ideal.

Membentuk otot lengan tentu saja harus dilakukan dengan bantuan alat fitness, salah satunya adalah hand grip. Hand grip adalah alat fitness portable yang bisa digunakan untuk membangun kekuatan otot lengan bawah.

Handgrip memiliki banyak fungsi. Anda bisa menyimak ulasan fungsi hand grip secara lengkap berikut ini.


Fungsi Hand Grip Fitness dan Tips Memilihnya dengan Tepat


Fungsi hand grip


Sumber gambar handgrip : wallmart.com

Hand grip memiliki kemampuan untuk mendorong otot tangan Anda untuk melampaui kekuatan yang Anda miliki. Selain itu, penggunaan hand grip untuk latihan juga dapat melatih otot pergelangan tangan dan lengan bawah Anda. Semua yang Anda butuhkan untuk memperkuat otot lengan bisa dibantu dengan hand grip ini.

Bukan hanya genggaman tangan Anda saja yang lebih kuati, gerakan yang dilakukan dengan hand grip selama berlatih juga dapat membantu mengembangkan ketangkasan jari sehingga Anda dapat efektif menggunakannya dengan berbagai macam manfaat yang didapat.

Semakin Anda sering berlatih dengan menggunakan hand grip ini, maka semakin Anda dapat mengembangkan cengkraman tangan yang kuat, kemampuan untuk mengatasi gerakan mengangkat yang sulit dan banyak lagi.

Satu set latihan menggunakan hand grip memberikan Anda manfaat, seperti berikut :

· Meningkatkan kekuatan di masing-masing jari Anda dan ketangkasan dari waktu ke waktu.

· Menggunakan hand grip setiap hari untuk latihan akan meningkatkan kekuatan tangan, kekuatan jari, kinerja pergelangan tangan dan kekuatan lengan bawah Anda.

· Daya tahan tangan Anda meningkat dan memungkinkan Anda untuk melakukan sesuatu lebih lama, seperti mengangkat beban yang lebih berat.

· Meningkatkan kekuatan otot Anda secara keseluruhan.




Tips memilih hand grip yang tepat untuk latihan


Sumber gambar handgrip : aliexpress.com

Memilih hand grip untuk latihan kekuatan lengan membutuhkan pengetahuan. Praktisnya, ada yang harus Anda ketahui sebelum membelinya agar tidak salah. Anda bisa tepat memilihnya dengan memahami tipsnya di bawah ini terlebih dahulu.

1. Mengetahui manfaat hand grip

Penguat tangan berguna untuk meningkatkan kekuatan lengan bawah dan sering digunakan sebagai alat rehab. Ingatlah bahwa lengan bawah terlibat dalam banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tidak heran bila otot bagian lengan bawah harus kuat. Memilih hand grip yang terbaik perlu dilakukan untuk meningkatkan intensitas latihan Anda.

2. Fitur penting hand grip

Keamanan adalah fitur Nomor 1 yang harus dicari semua orang. Hand gripper dengan kualitas yang baik dapat bertahan lebih lama dan yang terpenting adalah anti pecah, atau patah. Selain itu, material juga penting dalam pembuatan hand grip. Hand grip yang dibuat dari baja jauh lebih tahan lama daripada plastik.

Fitur terpenting kedua adalah jenis pelatihan apa yang sedang Anda lakukan. Jika Anda adalah seseorang yang sedang pulih dari cedera, maka Anda harus memilih hand grip yang ringan, sedangkan jika Anda seorang atlet terlatih, Anda harus memilih yang lebih berat dan kuat.

Penyesuaian juga merupakan fitur yang sangat penting karena memungkinkan Anda menghemat uang dalam jangka panjang. Perlu diingat bahwa gripper tangan yang dapat disesuaikan biasanya tidak bertahan lama karena mereka biasanya menggunakan bahan plastik untuk dapat bergerak.

3. Perhatikan keamanan saat latihan

Menggunakan hand grip saat olahraga bukanlah masalah besar karena tidak ada banyak risiko yang diakibatkannya. Hal yang harus Anda perhatikan adalah pola latihan yang tepat. Anda tidak boleh menggunakan hand grip yang terlalu berat, atau melatih lengan secara berlebihan jika Anda tidak terbiasa. Faktanya, ini dapat menyebabkan cedera serius pada lengan dan jari Anda jika dipaksakan.

4. Pengaturan dan penggunaan dasar

Menggunakan hand grip cukup mudah dan pengaturannya tergantung pada bagaimana produk dibuat. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan tangan Anda cukup nyaman saat mengangkat hand grip sebagai latihan. Jika tidak, Anda harus menyesuaikan alat atau mendapatkan yang baru, sesederhana itu!

Itulah tadi penjelasan fungsi hand grip fitness dan tips memilihnya dengan tepat. Tetap lakukan latihan sesuai dengan kemampuan Anda untuk menghindari cedera. Semoga bermanfaat!


Referensi :

Blitzdmagazine. Do hand grips work? The benefits of hand grips.

Lydiascapes, (2021). Top 9 Best Hand Strengthener For Beginners.

Vivehealth, (2019). Choosing the Best Grip Strengtheners.