Blog

Image

Fungsi dan Manfaat Melakukan Jump Skipping

November 12th, 2020

Sfidnfits.com - Dalam masa pandemi seperti sekarang ini banyak dari kita yang ingin melakukan olahraga ringan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak berbagai macam pilihan olahraga yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti sekarang ini seperti melakukan jump skkiping. Jump Skipping  adalah salah satu hal yang bisa dilakukan karena banyak sekali manfaat dalam melakukan jump skipping seperti meninggikan badan. Namun tahukah anda banyak sekali fungsi dan manfaat melakukan jump skipping selain untuk meninggikan badan? Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat melakukan jump skipping :


Fungsi Jump Skipping


Fungsi dalam melakukan jump skipping bagi tubuh kita yaitu untuk kebugaran tubuh karena jenis olahraga yang satu ini menggerakan keseluruhan anggota tubuh sehingga kita merasakan  keseimbangan antara otak dan tubuh.

Manfaat Jump Skipping :


1. Meningkatkan Efektifitasan Pernapasan

Dalam melakukan jump skipping yang benar, kita wajib mengatur dan mengelola pernapasan agar dapat

meningkatkan tingkat efektifitas dalam bernafas yang tujuanya adalah memberikan kesehatan pada tubuh kita terutama di bagian pernapasan sehingga meminimalisir kita dari derita penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti asma dan sesak nafas lainnya.


2. Meningkatkan Kinerja Otak

Jump skipping dapat membantu kita dalam meningkatkan kinerja otak karena dalam melakukan gerakan jump skipping kita wajib berkonsentrasi dan fokus dalam gerakan mengayuh tangan untuk menggerakan tali jump skipping dan melompat dibagian kaki pada saat tali jump skipping berada dibawah. Dalam hal ini otak kita berkerja agar kita tidak tersandung oleh tali jump skipping.


3. Meningkatkan Fokus

Melakukan jump skipping membantu kita dalam meningkatkan fokus. Karena otak dan tubuh berkerja bersama-sama dalam melakukan jump skipping, otak dituntut untuk berpikir untuk melakukan gerakan yang tepat dan tubuh bergerak mengikuti pikiran agar terjadi keseimbangan.


4. Membakar Kalori

Karena jump skipping termasuk dalam olahraga kardio, dimana olahraga kardio dapat membantu kita untuk membakar kalori dengan cukup banyak, menurut science daily melakukan jump skipping dapat membakar kalori 1300 / jam.



5. Meningkatkan Stamina

Olahraga jump skipping dapat menambah dan meningkatkan stamina karena dalam olahraga jump skipping seluruh anggota tubuh kita bergerak untuk melakukan olahraga ini, sehingga kita dapat merasakan manfaat dari jump skipping ini dalam tubuh kita terutama untuk meningkatkan stamina.


Dari penjelasan tentang fungsi dan manfaat dari jump skipping diatas kami juga akan memberikan informasi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan jump skipping, berikut ini adalah apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan jump skipping :

1. Pemanasan ringan agar terhindar dari cedera

2. Mengatur pernafasan

3. Memakai sepatu agar terhindar dari luka lecet akibat melompat

4. Mempersiapkan sarung tangan agar tangan tidak licin saat memegang gagang jump skipping

5. Mempersiapkan alat jump skipping

Dari point nomer 5 yaitu alat jump skipping hal ini adalah yang utama saat anda ingin melakukan jump skipping, kami juga mempunyai rekomendasi tentang alat jump skipping mana yang terbaik untuk menemani anda berolahraga. Simak informasi berikut ini :


FITS JUMP SKIPPING ROPE 


Deskripsi : 

-  Bebas kusut 

- Tali pada jump skipping dilapisi dengan PVC kuat, tahan lama dan halus, meminimalisir  dari retakan atau putus. Panjang pendek yang dapat diatur. 

- Dapat diatur dari 300cm ke panjang atau pendek yang anda mau dalam beberapa menit, anda dapat memangkas kelebihan atau kekurangan sesuai dengan ketinggian anda.

- Membantu anda untuk melompat sesuai ketinggian dan keterampilan anda karena ukuran tali yang dapat disesuaikan, membantu anda melatih kekuatan pergelangan tangan dan kekuatan kaki dan juga membentuk otot otot tubuh anda. 

Informasi Tambahan Tentang Pengunaan Jump Skipping Fits

Jangan gunakan jump skipping ini pada permukaan dasar yang kasar seperti aspal atau semen karena dapat merusak lapisan pada kabel, gunakan lah pada permukaan dasar yang halus seperti di dasar lantai permukaan gym yang halus.


Cek mengenai detail produk jump skipping dari Fits disini : Fits Jump Skipping Rope dan produk lainya disini : Sfidnfits


Referensi :

- https://doktersehat.com/manfaat-skipping