Blog

Image

FITS Sit Up Stand Holder (Ulasan Lengkap)

August 2nd, 2021

sfidnfits.com - FITS Sit Up Stand Holder adalah alat olahraga yang dapat membantu Anda melakukan berbagai variasi gerakan sit up secara maksimal. Alat ini mampu menahan kaki Anda dengan kuat, sehingga Anda dapat mengangkat tubuh dengan nyaman selama latihan. Selain itu, FITS Sit Up Stand Holder juga menawarkan banyak kelebihan untuk menunjang kesehatan dan kebugaran Anda.

Anda akan menemui alat ini dalam 2 varian, yaitu FITS Sit Up Stand Holder Standar dan Premium. Berikut ulasan lengkapnya yang perlu Anda ketahui. 

Bahan

FITS Sit Up Stand Holder terbuat dari bahan-bahan berkualitas, kuat, kokoh, dan nyaman untuk digunakan sebagai pijakan sekaligus penahan kaki Anda. Alhasil, menggunakannya tidak membuat kaki Anda sakit, mengurangi risiko cedera, dan lebih kuat mengangkat badan saat latihan sit up.


FITS Sit Up Stand Holder terbuat dari bahan utama, berupa:

  1. Besi yang kuat dan kokoh, mampu menahan kaki Anda dengan maksimal.
  2. Busa yang lembut, sehingga kaki Anda merasa nyaman dan terhindar dari cedera.
  3. Karet TPU, dapat merekat dan menyedot dengan kuat di permukaan datar dan halus, seperti ubin, beton, marmer, lantai kayu, dan sejenisnya. 


Fungsi FITS Sit Up Stand Holder

Fungsi utama FITS Sit Up Stand Holder adalah sebagai penahan, penopang, ataupun pijakan kaki Anda untuk melakukan berbagai macam gerakan sit-up secara maksimal, di antaranya:


1. Sit up tradisional


Ini adalah salah satu jenis latihan sit up yang umum dan bisa menjadi tambahan rutinitas Anda yang bagus dan mudah dilakukan. Caranya adalah:

  1. Ambil posisi berbaring telentang dengan lutut ditekuk.
  2. Selipkan kaki Anda ke FITS Sit Up Stand Holder yang sudah terpasang di atas lantai.
  3. Rapatkan dagu ke dada Anda, sehingga bagian belakang leher Anda memanjang.
  4. Posisikan jari-jari tangan Anda ke belakang kepala, atau silangkan tangan Anda di bahu yang berlawanan, atau letakkan telapak tangan Anda di samping tubuh Anda.
  5. Hembuskan napas Anda saat mengangkat tubuh ke arah paha.
  6. Kemudian, tarik napas secara perlahan sambil menurunkan tubuh kembali ke lantai.


2. V-ups

Latihan sit up ini dapat membantu mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan koordinasi Anda. Gerakan v-ups sangat cocok untuk Anda yang menginginkan lebih banyak tantangan dalam latihan. Cara melakukannya adalah:

  1. Ambil posisi berbaring telentang dengan lengan lurus di atas kepala.
  2. Kemudian, letakkan kaki Anda di atas FITS Sit Up Stand Holder agar lebih kuat dalam melakukan gerakan.
  3. Angkat kaki dan tangan Anda hingga berdekatan secara bersamaan.
  4. Tahan posisi sekitar 5 detik.
  5. Lalu, turunkan kembali ke posisi awal secara perlahan.


3. Bridge


Pose sit up yang menyerupai jembatan ini adalah latihan inti klasik yang juga melatih otot glutes, erector spinae, dan paha belakang Anda. Cara melakukannya adalah:

  1. Ambil posisi berbaring telentang dengan lutut ditekuk.
  2. Letakkan kaki Anda di atas FITS Sit Up Stand Holder agar lebih kuat dalam melakukan gerakan.
  3. Istirahatkan lengan Anda di samping tubuh Anda dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  4. Pertahankan punggung Anda tetap netral, pastikan melibatkan otot perut, dan angkat pinggul Anda setinggi mungkin.
  5. Tahan posisi tersebut sekitar 1 menit.
  6. Lalu, turunkan punggung ke lantai secara perlahan.
  7. Ulangi pose ini 1-2 kali.


4. Plank


Alternatif lain latihan sit up adalah plank. Latihan ini  dapat mengurangi ketegangan dan tekanan pada tulang belakang, membantu memperkuat bahu, glutes, dan paha belakang, serta meningkatkan keseimbangan dan postur Anda. 

Ada banyak variasi gerakan plank yang bisa Anda coba dengan menggunakan FITS Sit Up Stand Holder. Berikut ini salah satunya:

  1. Ambil posisi merangkak, lalu tekan tangan Anda ke lantai untuk mengangkat pinggul dan kaki Anda sambil meluruskan tulang belakang.
  2. Letakkan kaki Anda di atas FITS Sit Up Stand Holder.
  3. Pertahankan panggul Anda dalam posisi netral.
  4. Tekuk dagu Anda sedikit ke dalam untuk memanjangkan bagian belakang leher saat Anda melihat ke bawah.
  5. Lalu, tarik bahu Anda ke atas dan ke belakang.
  6. Tahan posisi tersebut hingga 1 menit.
  7. Ulangi gerakan plank ini 1-3 kali atau dengan variasi yang berbeda.


Masih banyak variasi gerakan sit up lainnya yang bisa Anda coba menggunakan FITS Sit Up Stand Holder, seperti bicycle crunch, Russian twist, raise leg crunch, dan lainnya.


Manfaat FITS Sit Up Stand Holder


Dengan menggunakan FITS Sit Up Stand Holder, Anda bisa melakukan berbagai variasi gerakan sit up dengan nyaman dan maksimal yang sangat bermanfaat untuk:


1. Melatih otot inti

Dengan memperkuat dan mengencangkan otot inti Anda, Anda dapat mengurangi risiko cedera dan sakit punggung. Anda juga bisa bergerak lebih mudah saat melakukan aktivitas sehari-hari maupun aktivitas olahraga lainnya.


2. Membangun kekuatan otot perut dan pinggul 

Melakukan sit up secara maksimal dapat membangun kekuatan otot perut dan pinggul. Bahkan, sebuah penelitian tahun 2016 menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua yang melakukan sit up berisiko lebih kecil mengalami sarcopenia, yaitu suatu kondisi kehilangan massa otot secara alami akibat proses penuaan.


3. Meningkatkan performa atletik

FITS Sit Up Stand Holder membantu Anda melatih otot inti yang kuat. Inti yang kuat akan memberikan Anda postur, stabilitas, dan bentuk tubuh yang tepat, sehingga memungkinkan Anda tampil di level yang lebih tinggi selama olahraga atau aktivitas fisik apa pun. Plus, tubuh Anda juga tidak cepat lelah.


4. Keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik

Otot inti yang kuat juga membantu menjaga tubuh Anda tetap seimbang dan stabil saat bergerak sepanjang hari. Ini karena bagian panggul, punggung bawah, dan otot pinggul Anda bekerja sama dengan otot perut Anda, sehingga berisiko rendah untuk jatuh dan melukai diri sendiri.


5. Meningkatkan fleksibilitas

Latihan sit up secara maksimal membuat pinggul dan punggung Anda jadi lebih fleksibel. Ini dapat meningkatkan mobilitas Anda dan mengurangi ketegangan di area tersebut. Peningkatan fleksibilitas ini juga dapat meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi, serta mengurangi tingkat stres.


6. Postur tubuh yang lebih baik

Menggunakan FITS Sit Up Stand Holder saat latihan sit up dapat memudahkan Anda menjaga pinggul, tulang belakang, dan bahu dalam posisi sejajar, yang pada gilirannya membantu memperbaiki postur tubuh Anda. 


7. Mengurangi risiko cedera dan sakit punggung 

Melakukan sit up secara tepat dan maksimal dapat membangun kekuatan di bagian punggung bawah, pinggul, dan panggul. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit punggung Anda dan risiko cedera. Namun ingat, Anda tetap harus berhati-hati saat melakukannya, terlebih jika Anda sedang sakit punggung.


8. Menguatkan otot diafragma

Sit up adalah cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Ini karena latihan sit up dapat menyebabkan kompresi perut, yang berefek positif pada otot diafragma Anda. Jika otot diafragma Anda kuat dan sehat, maka dapat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan atletik Anda. 



Spesifikasi


Berikut spesifikasi dari masing-masing FITS Sit Up Stand Holder standar dan premium:

  1. Tinggi yang dapat disesuaikan, yaitu 15-21 cm.
  2. Diameter busa: 7 cm.
  3. Panjang penahan kaki: 26 cm.
  4. Diameter suction cup: 13,5 cm.
  5. Panjang pijakan kaki bawah: 26 cm (khusus Premium).


Fitur FITS Sit Up Stand Holder


Baik FITS Sit Up Stand Holder standar dan premium, keduanya sama-sama memiliki fitur seperti berikut, hanya saja ada fitur tambahan pada  FITS Sit Up Stand Holder Premium berupa pijakan kaki di bagian bawah yang lembut dan kokoh. 


1. Ringan dan mudah dilepas pasang

FITS Sit Up Stand Holder dirancang ringan dan mudah dilepas pasang, sehingga nyaman digunakan saat latihan di rumah maupun ketika bepergian. Penggunaan alat olahraga ini juga hemat ruang dan mudah untuk disimpan di mana pun.


2. Dilengkapi dengan suction cup dan tombol penguat

Fitur suction cup  pada FITS Sit Up Stand Holder memiliki daya rekat atau sedot yang kuat, serta tombolnya berfungsi untuk memperkuat tekanan suction cup  ke lantai. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kalau tiba-tiba terlepas dari permukaan lantai saat latihan. Hal ini juga mengurangi risiko cedera Anda selama melakukan berbagai variasi gerakan sit up.


3. Memiliki busa tebal dan berkualitas

Busa pada bagian penyangga atau penahan kaki FITS Sit Up Stand Holder lembut, tebal, dan berkualitas, sehingga kaki Anda akan merasa nyaman selama latihan. Kehadiran fitur ini juga penting untuk menghindari kaki lecet, luka, atau cedera lainnya yang tidak diharapkan.


4. Tinggi FITS Sit Up Stand Holder dapat disesuaikan

Fitur ini juga tidak kalah pentingnya, yaitu ketinggian FITS Sit Up Stand Holder yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. 


5. Pijakan kaki busa di bagian bawah


Khusus FITS Sit Up Stand Holder Premium, juga dilengkapi dengan tambahan pijakan kaki di bagian bawahnya yang terbuat dari besi dilapisi dengan busa tebal, sehingga tetap lembut. Plus, lebih kuat dan kokoh untuk menahan berat badan Anda. Fitur tambahan ini tentunya dapat meningkatkan pengalaman, kenyamanan, dan keamanan Anda saat mengeksplor berbagai gerakan sit up. 


Cara menggunakan FITS Sit Up Stand Holder

Berikut ini cara menggunakan FITS Sit Up Stand Holder:

  1. Tekan suction cup ke permukaan lantai yang datar dan pastikan dalam kondisi bersih.
  2. Alihkan tombol berwarna hitamnya ke bagian bawah.
  3. Pastikan tinggi tangkai FITS Sit Up Stand Holder sudah disesuaikan. 
  4. Sesuaikan ketinggian busa dengan tangkai FITS Sit Up Stand Holder.
  5. Kaitkan kaki Anda di bawah penopang yang dilapisi busa. Anda pun siap melakukan sit up.


Inilah informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang FITS Sit Up Stand Holder. Pada intinya, menggunakan alat ini dapat memaksimalkan manfaat yang dapat Anda peroleh dari latihan sit up Anda. Pastikan Anda memilih jenis sit up stand holder yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Jika Anda membutuhkan tambahan pijakan kaki di bagian bawah agar tidak cepat lelah, maka FITS Sit Up Stand Holder Premium adalah pilihan yang lebih baik.


Referensi:

Abe et al. 2016. Associations of sit-up ability with sarcopenia classification measures in Japanese older women. Interventional Medicine and Applied Science. 8 (4): 152-157.

Healthline (2019). 9 Benefits of Sit-Ups and How to Do Them.

Fitness Republic (2017). 10 Effective Sit-Up Variations, One Tough Ab Workout.

Wikipedia. Thermoplastic polyurethane.