Blog

Image

FITS Premium Resistance Tube (Ulasan Lengkap)

August 19th, 2021

sfidnfits.com – Resistance tube adalah alat olahraga yang berbentuk tali tabung elastis dengan pegangan di kedua sisinya. Alat ini digunakan untuk melatih kekuatan dan mobilisasi otot. Anda perlu tahu kalau resistance tube ini juga merupakan salah satu dari beberapa jenis resistance band yang sering digunakan dalam dunia kebugaran.

Jika Anda ingin mengetahui secara detail tentang FITS Premium Resistance Tube dari segi bahan, fungsi, ukuran, fitur dan cara menggunakannya, maka simak artikel ini sampai tuntas.


FITS Premium Resistance Tube (Ulasan Lengkap)


Bahan FITS Premium Resistance Tube


FITS Premium Resistance Tube dibuat dengan bahan berkualitas yang membuatnya awet dan nyaman digunakan. FITS Premium Resistance Tube terbagi menjadi dua jenis bahan, yakni TPE dan 100% premium natural lateks.

· Natural lateks adalah lateks alam yang dibuat secara eksklusif dari getah pohon karet. Hal ini menunjukkan kalau natural lateks tidak mengandung bahan pengisi luar seperti tanah liat atau pasir yang dapat mengurangi umurnya secara keseluruhan.  Dengan kata lain natural lateks memiliki kualitas yang sangat baik. Keunggulan dari bahan ini adalah ramah lingkungan, nyaman, kuat dan tahan lama.

· Elastomer termoplastik (TPE) adalah alat yang sangat diperlukan yang digunakan oleh prosesor, pengembang produk, dan desainer. Mereka menggabungkan sifat pemrosesan dinamis dari plastik termoplastik dengan kelembutan dan fleksibilitas elastomer. Bahan ini memiliki keunggulan elastisitas yang baik dan tahan terhadap kondisi atmosfer. Selain itu, TPE memiliki ketahanan yang baik terhadap suhu, kekuatan dan bentuknya yang mirip dengan bahan karet.


Fungsi FITS Premium Resistance Tube


Pada dasarnya, resistance tube biasa digunakan untuk latihan kekuatan, atau terapi fisik. Alat ini dapat membantu mengaktifkan dan mengencangkan otot, serta membangun kekuatan untuk seluruh tubuh. Seperti alat olahraga lainnya, resistance tube menawarkan cara sederhana, tapi efektif untuk mendapatkan latihan kekuatan menyeluruh.

Selain fungsinya yang cukup beragam, resistance tube juga memiliki banyak manfaat untuk latihan dan tubuh Anda. Berikut daftar manfaat yang bisa Anda ketahui :

· Melatih dan menguatkan lebih banyak otot untuk mengurangi cedera

· Meningkatkan stabilitas tubuh

· Meningkatkan kekuatan dan kinerja atletis

· Opsi latihan beragam

· Resistance tube merupakan alat olahraga yang murah

· Ideal untuk orang yang sedang menjalani rehabilitasi

· Sangat bagus untuk peregangan

· Mudah dibawa dan digunakan dimana saja

 

Spesifikasi ukuran FITS Premium Resistance Tube


FITS Premium Resistance Tube memiliki dimensi ukuran sebagai berikut :

· Panjang tali : 120 cm

· Pegangan dengan velcro : 35 cm

· Panjang pegangan tangan dengan busa : 25 cm

· Panjang busa : 10 cm

· Panjang pengait ke tembok dengan busa : 20 cm

· Panjang busa : 4 cm

FITS Premium Resistance Tube tersedia dalam lima warna yang kelimanya memiliki tingkat ketahanan yang berbeda. Anda bisa mengetahui warna dan tingkat ketahanannya dari daftar berikut :

· Yellow 10 lbs (5 kg)

· Red 15 lbs (7.5 kg)

· Blue 20 lbs (10 kg)

· Green 25 lbs (12.5 kg)

· Black 30 lbs (15 kg)


Fitur FITS Premium Resistance Tube


FITS Premium Resistance Tube memiliki banyak keunggulan. Anda dapat mengetahui keunggulan tersebut dari fitur-fitur berikut :

· FITS Premium Resistance Tube memiliki dua jenis bahan yang berbeda, yakni TPE dan natural lateks. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat Anda alergi terhadap lateks.

· FITS Premium Resistance Tube tersedia dalam lima warna berbeda, yang setiap warnanya memiliki tingkat ketahanan berbeda, yaitu yellow 10 lbs, green 25 lbs, red 15 lbs, blue 20 lbs dan black 30 lbs. Semuanya bisa digunakan satu persatu maupun ditumpuk untuk mendapatkan level resistansi optimal hingga 145 lbs.

· Handle FITS Premium Resistance Tube bisa dikombinasikan sampai dengan 5 resistance tubes secara bersamaan.

· Desain lock tubes membuat FITS Premium Resistance Tube tidak mudah rusak dan memiliki kualitas yang sangat baik.

· Memiliki berat yang ringan, membuat FITS Premium Resistance Tube mudah dibawa dan bisa digunakan dimanapun Anda berada.

· FITS Premium Resistance Tube dapat digunakan untuk melakukan latihan dada, trisep, bisep, punggung, bahu, pantat, dan otot perut Anda.

• 11 in 1. Satu set FITS Premium Resistance Tube berisi 1 Yellow Tube 10LBS, 1 Red Tube 15LBS, 1 Blue Tube 20LBS, 1 Green Band 25LBS, 1 Black Band 30LBS, 2 Foam Handle, 2 Ankle Straps  1 Door Anchor dan 1 Nylon Bag.

 



Cara pakai FITS Premium Resistance Tube

Cara pakai FITS Premium Resistance Tube cukup sederhana. Bagi Anda yang pemula dan baru menggunakan alat ini, Anda dapat menggunakannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

· Ambil resistance tube dan letakkan di antara kedua kaki.

· Posisikan kaki selebar bahu secara merata. Lalu, posisikan tangan Anda ke samping. Libatkan otot inti tubuh, tekuk lutut sedikit, ditekuk siku dan angkat pegangan resistance tube setinggi bahu dengan telapak tangan menghadap ke depan.

· Tekan kedua lengan di atas kepala, buang napas selama fase mengangkat, lalu tarik napas dan turunkan lengan kembali ke posisi awal.

· Ulangi gerakan 8-12 kali dalam 3 set.

Selain cara di atas, Anda juga bisa memvariasikan latihan menggunakan resistance tube dengan beberapa gerakan berikut :

1. Bicep curl

Cara melakukannya :

· Berdiri di tengah resistance tube dengan satu pegangan di masing-masing tangan.

· Pastikan pegangan berada pada ketinggian yang sama di sisi Anda.

· Pertahankan siku di sisi Anda dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tekuk siku dan tekuk tangan ke arah bahu, tekan bisep Anda di bagian atas.

· Perlahan turunkan tabung ke titik awal dengan kontrol.

· Ulangi gerakan 8-12 kali dalam 3 set.

 

2. Bent over row

Cara melakukannya :

· Berdirilah di tengah resistance tube dengan kaki terpisah sejauh bahu dan pegang pegangan hingga tingginya sama di kedua sisi tubuh Anda.

· Atur pita di depan Anda untuk membentuk "U" yang akan membantu menciptakan lebih banyak ketegangan. Telapak tangan harus menghadap ke belakang Anda.

· Tekuk pinggul dan dorong sedikit ke belakang untuk menurunkan tubuh Anda hingga hampir 90 derajat. Pertahankan tekukkan kecil di lutut Anda.

· Jaga agar otot inti tetap aktif untuk melindungi punggung bawah Anda dan jangan biarkan punggung Anda berputar.

· Tarik pita ke atas dan rapatkan tulang belikat Anda, jaga agar lengan tetap tertekuk pada sudut 90 derajat.

· Perlahan kembali ke posisi awal, kendalikan resistance tube saat turun.

· Ulangi gerakan 8-12 kali dalam 3 set.

 

3. Chest press

Cara melakukannya :

· Mulailah dengan satu kaki di tengah resistance tube dan pegang pegangan setinggi bahu.

· Rentangkan kaki lainnya ke belakang sekitar 2-3 kaki. Kedua jari kaki harus mengarah ke depan dengan kaki, lutut dan pinggul sejajar.

· Tekuk lutut dan turunkan ke lantai, berhenti tepat sebelum lutut belakang menyentuh lantai. Kedua kaki harus ditekuk 90 derajat, dan batang tubuh lurus dan tinggi.

· Jangan biarkan kaki depan Anda melampaui jari kaki Anda. Jika ini terjadi, langkahkan kaki belakang Anda lebih jauh di belakang Anda.

· Jeda di bagian bawah selama satu detik, lalu tekan kembali ke posisi awal.

· Beralih sisi setelah menyelesaikan semua repetisi di sisi pertama.

· Ulangi gerakan 8-12 kali dalam 3 set.

 

4. Upright row

Cara melakukannya :

· Berdiri di tengah resistance tube dengan satu pegangan di masing-masing tangan di dekat bahu Anda, telapak tangan menghadap ke depan.

· Tekuk kedua lengan pada sudut 90 derajat dengan siku sejajar dengan bahu.

· Jaga tulang belikat Anda ke bawah dan tekan band lurus ke atas sampai lengan berada di posisi 90 derajat.

· Perlahan turunkan kembali ke titik awal dengan kontrol.

· Ulangi gerakan 8-12 kali dalam 3 set.

 

5. Upper back firmers

Cara melakukannya :

· Amankan jangkar pintu dengan tabung di tengah pintu.

· Pegang pegangan dengan telapak tangan saling berhadapan, lalu mundur sekitar 3-4 kaki.

· Libatkan otot inti dan pertahankan sedikit tekukkan di lutut Anda.

· Tarik pegangan ke belakang sejauh yang Anda bisa sambil mempertahankan punggung lurus. Remas tulang belikat bersama-sama dan pertahankan siku di sisi tubuh Anda. Berhati-hatilah untuk tidak membungkukkan bahu Anda.

· Perlahan kembali ke posisi awal.

· Ulangi gerakan 8-12 kali dalam 3 set.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang FITS Premium Resistance Tube. Dengan FITS Premium Resistance Tube Anda bisa mengaktifkan dan mengencangkan otot serta membuat otot seluruh tubuh menjadi lebih kuat. Jika Anda ingin memiliki alat ini, Anda bisa memesan dan membelinya langsung dari website SFIDN FITS, atau marketplace.

 
Referensi :

Savvyrest, (2018). The Myth of 100% Natural Latex.

Savvyrest. Benefits of Natural Latex.

Kraiburg-tpe. WHAT IS TPE.

Cntconta. What is TPE(Thermoplastic Elastomers) ?

Prosourcefit, (2017). 9 REASONS TO USE RESISTANCE BANDS FOR WORKING OUT.

I1.rozetka.ua. RESISTANCE TUBES Instruction Manual & Exercise Guide.