Blog

Image

FITS Premium Long Resistance Band (Ulasan Lengkap)

August 18th, 2021

sfidnfits.com - Resistance band adalah adalah pita elastis ringan yang digunakan untuk penguatan dan mobilisasi otot. Resistance band ini telah ada sejak dulu dan bukan merupakan peralatan baru dalam dunia olahraga.

Ukuran, warna, dan tingkat ketahanan yang berbeda dari pita ini menawarkan berbagai variasi latihan. Ini akan membantu menargetkan semua jenis kelompok otot untuk mendapatkan keterlibatan otot secara penuh untuk memastikan latihan yang efektif.

Untuk mengetahui secara lengkap tentang FITS Premium Long Resistance Band dari segi bahan, fungsi, spesifikasi ukuran, fitur dan cara pakainya, Anda bisa simak secara tuntas di artikel ini.


FITS Premium Long Resistance Band (Ulasan Lengkap)


Bahan FITS Premium Long Resistance Band


FITS Premium Long Resistance Band dibuat dengan menggunakan bahan 100% lateks yang membuat alat ini memiliki tingkat elastisitas yang baik. Lateks adalah karet. Biasanya lateks terdiri dari sekitar 55% air dan sekitar 45 % bahan karet.

Lateks dikenal karena kemampuan elastis yang sangat baik, tahan sobek dan tahan terhadap abrasi. Lateks tahan terhadap perubahan suhu, tetapi suhu tinggi dapat menimbulkan masalah. Di atas 82 derajat, lateks dapat mulai menimbulkan korosi. Anda dapat menambahkan bahan kimia perawatan untuk melindungi lateks dari korosi akibat panas, sinar matahari, dan oksigen.


Fungsi FITS Premium Long Resistance Band


Pada dasarnya, long resistance band biasa digunakan untuk latihan kekuatan, atau terapi fisik. Alat ini dapat membantu mengaktifkan dan mengencangkan otot, serta membangun kekuatan untuk seluruh tubuh. Seperti alat olahraga lainnya, resistance band menawarkan cara sederhana, tapi efektif untuk mendapatkan latihan kekuatan menyeluruh.

Selain fungsinya yang cukup beragam, long resistance band juga memiliki banyak manfaat untuk latihan dan tubuh Anda. Berikut daftar manfaat yang bisa Anda ketahui :

1. Beradaptasi dengan mudah untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Resistance band tersedia dalam beberapa level resistensi dari yang paling ringan sampai yang berat. Anda dapat menyesuaikan semua level kekuatan resistensi selama latihan hanya dengan mengendurkan dan memperkuatnya pada band, serta dapat menggabungkan beberapa resistensi band untuk meningkatkan tantangan.

2. Latihan bisa dimodifikasi dengan mudah

Berolahraga dengan menggunakan resistance band bisa memudahkan latihan yang Anda lakukan. Anda bisa memvariasikan gaya sesuai dengan keinginan Anda.

3. Melatih seluruh tubuh

Banyaknya jenis resistance band membuat Anda bisa melakukan semua bentuk latihan. Tidak hanya fokus pada lengan dan kaki saja. Banyak jenis resistance band yang digunakan untuk melatih otot seluruh tubuh. Jika semua otot dalam tubuh Anda latih, maka bukan hal yang mustahil bila akhirnya nanti Anda memiliki tubuh yang atletis.

4. Hemat ruang penyimpanan

Bila Anda tidak memiliki banyak ruang untuk gym di rumah, resistance band adalah pilihan bagus yang disimpan di ruang yang sangat kecil. Anda dapat menggantungnya di pengait dinding setelah berolahraga, atau menggulungnya untuk disimpan di dalam kotak atau laci.

5. Olahraga aman yang dilakukan seorang diri

Resistance band menawarkan latihan kekuatan tanpa risiko menjatuhkan beban berat di kaki atau jari Anda yang membuatnya terjepit di antara pelat beban. Itu membuat resistance band ideal digunakan untuk berolahraga saat Anda tidak memiliki pelatih pribadi.

6. Resistance band bisa digunakan dengan alat olahraga lainnya

Sementara resistance band bekerja baik dengan sendirinya, alat ini juga dapat dikombinasikan dengan peralatan olahraga lainnya. Melakukan bicep curl dengan resistance band dan dumbbell akan memberi Anda manfaat gabungan dari setiap jenis peralatan.




Spesifikasi ukuran FITS Premium Long Resistance Band


FITS Premium Long Resistance Band memiliki dimensi ukuran sebagai berikut :

· Panjang : 110 cm

· Ketebalan : 3.5 mm

Selain ukuran di atas, FITS Premium Long Resistance Band tersedia dalam tujuh ukuran dengan tingkat ketahanan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan ketahanan ini sangat cocok untuk berbagai level latihan dan Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri. Dianjurkan untuk berolahraga dari level terkecil. Simak daftar tingkat ketahanannya berikut ini :

· Xtra Xtra Small/Kuning (5 lb-15 lb) or (2.5 kg- 7,5 kg)

· Xtra Small/Merah (15 lb-35 lb) or (7.5 kg- 17,5 kg)

· Small/Hitam (35 lb-70 lb) or (17.5 kg- 35 kg)

· Medium/Ungu (45 lb-100 lb) or (22.5 kg- 50 kg)

· Large/Hijau (50 lb-125 lb) or (25 kg- 62,5 kg)

· Xtra Large/Biru (65 lb-175 lb) or (32.5 kg- 87,5 kg)

· Xtra Xtra Large/Orange (85 lb-230 lb) or (42.5 kg- 115 kg)

 

Fitur FITS Premium Long Resistance Band


FITS Premium Long Resistance Band hadir dengan fitur-fitur yang akan membuat Anda nyaman saat menggunakan dan awet dalam pemakaian. Berikut fitur Premium Long Resistance Band beserta dengan keunggulannya :

· FITS Premium Long Resistance Band terbuat dari bahan 100% lateks yang membuat alat ini memiliki tingkat elastisitas yang baik, sangat ramah lingkungan, tahan sobek, tahan abrasi dan lebih kokoh dari resistance band lainnya.

· FITS Premium Long Resistance Band memiliki 7 varian warna berdasarkan tingkat ketahanannya sehingga sangat cocok untuk berbagai level latihan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Dianjurkan untuk berolahraga dari level terkecil.

· FITS Premium Long Resistance Band bisa dipakai untuk melatih otot tubuh bagian atas dan bawah, termasuk bisep, pull up, betis, paha depan, paha belakang dan pantat.

· FITS Premium Long Resistance Band merupakan alat olahraga yang ringan dan sangat serbaguna karena Anda dapat membawanya kemanapun Anda pergi dan berolahraga dari mana saja, baik saat bepergian ataupun dalam rumah.


Cara pakai FITS Premium Long Resistance Band

Cara pakai FITS Premium Long Resistance Band cukup sederhana dan mudah. Anda yang baru pertama kali menggunakannya dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

· Berdirilah tegak dengan kaki selebar bahu.

· Rentangkan long resistance band di bawah telapak kaki pas satu sisinya.

· Tarik long resistance band ke atas dan kebawah dengan tangan Anda sembari menarik dan menghembuskan nafas.

· Ulangi beberapa kali.

Selain itu, Anda juga dapat memvariasikan gerakan Anda menggunakan long resistance band dengan beberapa gerakan di bawah ini agar tidak membosankan :

1. One-arm biceps curl

Sumber gambar : coachmag.co.uk

Cara melakukannya :

· Berdiri dengan kaki selebar bahu dengan kedua kaki di resistance band.

· Pegang pita dengan satu tangan dan pegang dengan lengan ke bawah di sisi tubuh, telapak tangan menghadap ke depan.

· Tekuk siku dan angkat lengan ke arah bahu sampai Anda mendapatkan kontraksi bisep yang baik.

· Kemudian turunkan perlahan kembali ke awal. Lakukan semua repetisi Anda dengan satu tangan, lalu ganti.

· Ulangi 12-15 kali repetisi dengan 3-4 set setiap latihan.

 

2. Flye

Sumber gambar : coachmag.co.uk

Cara melakukannya :

· Pegang band resistensi di kedua tangan, lengan terentang lurus ke samping setinggi dada, dengan band di belakang punggung Anda.

· Tekan pita lurus di depan Anda, rapatkan kedua tangan dengan lengan terentang penuh, pertahankan siku ke atas dan regangkan otot dada saat Anda menekan.

· Perlahan kembali ke posisi awal.

· Ulangi 12-15 kali repetisi dengan 3-4 set setiap latihan.

 

3. Splitter

Sumber gambar : coachmag.co.uk

Cara melakukannya :

· Berdiri dengan lutut sedikit ditekuk dan kaki dibuka selebar bahu.

· Pegang bagian resistance band  selebar bahu dengan kedua tangan di depan Anda setinggi bahu.

· Jaga agar lengan Anda tetap lurus, tarik pita ke luar dan ke belakang sampai tulang belikat Anda berkontraksi. Perlahan kembali ke posisi awal.

· Ulangi 12-15 kali repetisi dengan 3-4 set setiap latihan.

 

4. Press-up

Sumber gambar : coachmag.co.uk

Cara melakukannya :

· Ambil posisi plank, sampirkan resistance band di punggung atas Anda dan pegang ujungnya di bawah tangan Anda.

· Jatuhkan dada Anda ke bawah ke lantai, lalu kontraksikan pantat dan abs Anda, lalu dorong lurus ke atas sampai lengan Anda terentang sepenuhnya.

· Ulangi 5-15 kali repetisi dengan 3-4 set setiap latihan.

 

5. Squat to overhead press

Sumber gambar : coachmag.co.uk

Cara melakukannya :

· Berdirilah di resistance band dengan kaki selebar bahu.

· Posisikan tangan Anda setinggi bahu dengan telapak tangan menghadap ke atas, pegang resistance band.

· Turun ke jongkok, lalu dorong kembali dan rentangkan tangan Anda sepenuhnya sehingga Anda tidak sengaja mengangkat band resistensi. Kemudian turunkan perlahan ke jongkok lain.

· Ulangi 8-10 kali repetisi dengan 3-4 set setiap latihan.

Itulah tadi pembahasan lengkap tentang FITS Premium Long Resistance Band. Dengan FITS Premium Long Resistance Band Anda bisa mengaktifkan dan mengencangkan otot serta membuat otot seluruh tubuh menjadi lebih kuat. Jika Anda ingin memiliki alat ini, Anda bisa memesan dan membelinya langsung dari website SFIDN FITS, atau marketplace.

 

Referensi :

Decathlon. ALL YOU NEED TO KNOW ABOUT RESISTANCE BANDS.

Aceprodcon. The Making of Latex.

Origym, (2019). Benefits of Resistance Bands: Ultimate Guide.

Coachmag, (2020). Blast Your Whole Body With This Resistance Band Workout.