Blog

Image

FITS Belt Fitness Standard Leather (Ulasan Lengkap)

August 27th, 2021

sfidnfits.com - FITS Belt Fitness Standard Leather adalah sabuk angkat beban yang terbuat dari bahan synthetic leather (kulit sintetis). Ini merupakan salah satu aksesoris fitness yang cukup penting di sebagian besar pusat kebugaran dan pusat pelatihan.

Tidak sedikit tempat gym atau fitness menyediakan peralatan yang diperlukan ini untuk pelatih maupun atlet profesional. Karena popularitasnya yang semakin meningkat, sebagian besar peserta pelatihan pun turut menggunakan sabuk angkat beban ini.

FITS Belt Fitness Standard Leather adalah sabuk tebal yang banyak diminati di kalangan atlet angkat beban. Seperti apa keunggulannya? Bagaimana pula cara menggunakannya? Semua akan dibahas melalui artikel berikut ini! 

Ulasan lengkap tentang FITS Belt Fitness Standard Leather

Bahan


FITS Belt Fitness Standard Leather terbuat dari bahan synthetic leather atau dikenal juga sebagai kulit sintetis, kulit imitasi, atau kulit PU. Ini adalah bahan sintetis yang mempertahankan penampilan kulit, tetapi tidak terbuat dari kulit binatang asli.  

Bahan sintetis terdiri dari serat alam dan/atau serat sintetis, yang dilapisi dengan polimer plastik atau sejenisnya. Biasanya, bahan sintetis terbuat dari polyurethane (PU) dan polyvinyl chloride  (PVC) atau disebut juga dengan vinyl.

Bahan synthetic leather memiliki keunggulan, di antaranya:

  1. Sangat serbaguna dan dapat dipoles untuk mendapatkan hasil akhir yang glossy atau matt sesuai kebutuhan.
  2. Hanya membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dibandingkan dengan kulit asli.
  3. Kuat, tidak mudah retak, dan tahan lama.
  4. Anti-noda.
  5. Tidak mudah pudar.
  6. Tahan dari paparan sinar UV.
  7. Mudah digunakan dalam proses pembuatan produk dan dapat dijahit dengan mulus.


Fungsi FITS Belt Fitness Standard Leather

FITS Belt Fitness Standard Leather berfungsi untuk memberikan dukungan tambahan pada tubuh, terutama tulang belakang, punggung, pinggang, dan otot perut saat latihan lifting.

Sabuk angkat beban yang terbuat dari kulit sintetis ini dapat memberikan stabilitas melingkar untuk tulang belakang dan otot inti Anda saat mengangkat beban yang berat. 

Menambahkannya ke dalam sesi latihan dapat membantu Anda mengangkat beban yang sangat berat yang mungkin tidak bisa Anda lakukan tanpanya.

Berikut manfaat yang diperoleh dengan menggunakan FITS Belt Fitness Standard Leather:

  1. Mengurangi tingkat stres pada punggung bawah saat mengangkat beban. 
  2. Menekan kemungkinan hiperekstensi (sendi bergerak menjauh dari posisi normalnya) saat melakukan pengangkatan di atas kepala.
  3. Melindungi diri dari cedera atau kerusakan akibat beban yang sangat berat, misalnya cedera punggung, pinggang, hernia, turun kemih, dan lainnya.


Spesifikasi

FITS Belt Fitness Standard Leather tersedia dalam 5 ukuran (lebar x panjang), yaitu: 

  1. S = 66 x 87 cm.
  2. M = 76 x 97 cm.
  3. L = 80 x 100 cm.
  4. XL = 81 x 102 cm.
  5. XXL = 84 x 108 cm.


Berikut detail lainnya yang juga perlu Anda ketahui adalah:

  1. Total lubang = 6 buah.
  2. Jarak antar lubang = 5 cm.
  3. Lebar bagian belakang = 10 cm. 
  4. Warna = hitam.


Fitur FITS Belt Fitness Standard Leather


Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh FITS Belt Fitness Standard Leather adalah:  

1. Tali sabuk dapat disesuaikan

FITS Belt Fitness Standard Leather dirancang dengan tali sabuk yang memiliki lubang pengait dengan jarak antar lubangnya 5 cm, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkar pinggang Anda. Selain itu, tali sabuk ini juga kuat dan kokoh, sehingga tidak akan geser selama Anda berlatih menggunakannya.

2. Dilengkapi dengan buckle besi kuat dan anti-karat

Sabuk angkat beban FITS juga dilengkapi dengan buckle dari besi yang kuat dan anti-karat sebagai tempat pengait talinya saat digunakan. Jadi, bayangkan saja saat Anda memasang ikat pinggang biasa, begitu pula dengan sabuk lifting ini. 

3. Bagian dalam dilapisi dengan softbound

Jika Anda masih meragukan tingkat kenyamanannya, maka FITS Belt Fitness Standard Leather hadir dengan lapisan softbound di bagian dalamnya. Fitur ini akan terasa lembut saat digunakan, sehingga Anda tidak akan kesakitan dan merasa nyaman selama berlatih. Plus, memberikan rasa hangat di bagian otot-otot Anda yang terlibat juga, lho!

4. Desain mengerucut di bagian depan 

Desain sabuk lifting FITS yang semakin mengerucut di bagian depannya bertujuan untuk menstabilkan otot perut bagian bawah dan punggung Anda selama latihan.

5. Kuat dan tahan lama

Karena terbuat dari bahan synthetic leather berkualitas, tingkat kekuatan dan ketahanannya tidak perlu diragukan lagi. Anda akan merasa aman dan nyaman tanpa perlu khawatir otot-otot yang terlibat mengalami cedera. 

6. Mudah disimpan di dalam tas olahraga

Khawatir alat ini tidak bisa masuk ke dalam tas olahraga Anda saat ingin ke gym? Tenang! Karena dirancang dengan ukuran yang sedang, tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar, sabuk angkat beban berwarna hitam ini bisa dimasukkan ke dalam tas olahraga Anda. Jadi, aman jika ingin membawanya untuk latihan di gym ataupun fitness center.

Cara menggunakan

Sumber: Men's Health

Berikut cara menggunakan FITS Belt Fitness Standard Leather: 

  1. Siapkan FITS Belt Fitness Standard Leather di sekitar pinggang Anda. Idealnya, tepat di atas tulang pinggul, sehingga memiliki kontak penuh dengan bagian belakang, samping, dan depan tubuh Anda.
  2. Tarik napas sedikit dan kencangkan belt fitness Anda. Namun ingat, jangan sampai Anda merasa sesak atau seperti akan meledak. Berikan ruang yang cukup untuk perut Anda mengembang, sehingga tercipta ketegangan dan penyangga yang baik.
  3. Kemudian, tarik napas dalam-dalam ke perut, serta lenturkan perut dan punggung bagian bawah Anda. Tahan posisi ini selama lifting.


FITS Belt Fitness Standard Leather hadir dengan fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Hal yang terpenting adalah sabuk angkat beban ini dapat meningkatkan performa dan melindungi Anda dari cedera selama latihan, sehingga tujuan kesehatan dan kebugaran Anda tercapai secara optimal. 

Segera dapatkan FITS Belt Fitness Standard Leather melalui website resmi SFIDN FITS dan E-commerce favorit Anda sekarang juga! 


Referensi:

AQF Sports (2020). The Definitive Weightlifting Belts Guide (2020).
Bar Bend (2021). How To Wear A Weightlifting Belt To Lift More Weight Safely.
Gunsmith Fitness. Why Weightlifting Belts are Absolutely Necessary & When to Use Them.
Leathercult (2020). What is Faux Leather?
Leather Sustainability. Correct Labelling of Leather.
Liberty Leather Goods. Synthetic Leather – What Can Make it a Great Choice for You.
Very Well Fit (2020). How To Wear A Weightlifting Belt To Lift More Weight Safely.
Wikipedia. Artificial leather.