Blog

Image

Fakta tentang Gula dan Jumlah Asupan Harian yang Dibutuhkan Tubuh

April 7th, 2021

sfidnfits.com - Mengonsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi dapat menimbulkan risiko terinfeksi penyakit diabetes tipe 2. Pada dasarnya, mengonsumsi gula alami dengan batasan tertentu diperlukan oleh tubuh. Namun, yang perlu dibatasi adalah konsumsi gula yang berasal dari minuman soda, kue, bahkan makanan siap saji lainnya. 

Beberapa gula nonalamiah tersebut dapat meningkatkan kalori tubuh lebih dari 200 kalori. Menurut American Heart Association, wanita setidaknya harus memenuhi sekitar 100 kalori sehari atau sekitar 6 sendok teh dari gula tambahan. Sementara itu, pria harus menargetkan tidak lebih dari 150 kalori atau sekitar 9 sendok teh. 

Untuk mengetahui lebih dalam tentang kebutuhan harian asupan gula dalam tubuh manusia, berikut ini beberapa mitos yang perlu Anda ketahui. 


Fakta-fakta tentang Gula dalam Tubuh Manusia


1. Gula diperlukan sebagai energi


Setiap sel dalam tubuh Anda membutuhkan gula (glukosa) untuk energi. Glukosa tersebut akan dialirkan ke setiap sel dalam tubuh untuk meningkatkan fungsi otak. Gula merupakan salah satu sumber energi terbesar yang dibutuhkan manusia. Namun, jika berlebihan, gula dapat menyebabkan Anda rentan mengalami gangguan kesehatan. Pasalnya, kelebihan asupan gula per hari tidak hanya memicu peningkatan berat badan secara cepat, tapi juga bisa menyebabkan menimbulkan penyakit kronis lainnya. 


2. Kandungan gula dalam jus lebih baik dibandingkan soda


Jus buah mengandung gula yang lebih alami dibandingkan soda. Namun, para ahli mengungkapkan bahwa jus hanya dapat dikonsumsi sebanyak 8 on setiap hari. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam JAMA Network Open, jus buah juga dapat menimbulkan risiko penyakit seperti diabetes jika dikonsumsi berlebihan. 


3. Mengonsumsi makanan manis dalam jumlah besar akan membahayakan tubuh


Mengonsumsi gula dengan takaran yang cukup dapat meningkatkan energi dalam tubuh Anda. Namun sebaliknya, berdasarkan penelitian tahun 2019 yang dilakukan di Universitas Humboldt, Jerman, ditemukan bahwa mengonsumsi gula dalam jumlah yang besar dapat membuat orang lebih lesu dan kurang fokus setelah mengonsumsinya. Pada sebagian anak-anak hiperaktif, gula juga sangat berbahaya. 


4. Mengonsumsi gula berlebih menyebabkan diabetes


Gula dapat berpengaruh terhadap pengelolaan diabetes tipe 1 dan 2, namun tak secara langsung menyebabkan kedua penyakit tersebut. Para peneliti mengungkapkan bahwa penambahan berat badan yang diiringi dengan peningkatan kalori secara langsung dapat menyebabkan disfungsi metabolik dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi jumlah asupan kalori harian. 

Itulah beberapa fakta tentang gula. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membatasi asupan gula per hari. Batas konsumsi gula yang diasarankan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sedok teh per hari. Selain itu, imbangi konsumsi asupan gula dengan olahraga.